Program Coffee Made Happy untuk Petani Kopi Indonesia





Kopi merupakan salah satu bahan dasar yang banyak dibutuhkan oleh industri pangan di seluruh dunia. Sebagai negara penghasil kopi Indonesia menduduki peringkat keempat dalam produksi kopi, sedangkan untuk produksi jenis kopi robusta menduduki peringkat kedua setelah Vietnam. Melihat keadaan tersebut, Mondelez International meluncurkan program Coffee Made Happy dan membuka Pusat Pelatihan Petani Kopi di Semendo, Lampung, Sumatera Selatan. Mondelez International berkomitmen menginvestasikan  minimum US$ 200 juta untuk memberdayakan satu juta petani kopi di beberapa negara penghasil kopi hingga tahun 2020. Perusahaan ini pun adalah salah satu pembeli biji kopi Indonesia terbesar dan Indonesia menjadi negara yang menjadi fokus dari program Coffee Made Happy.

 

“Program ini menekankan sustainbility, maka usaha yang tidak berkelanjutan akan cepat bangkrut, selain itu program ini juga bertujuan untuk fokus meningkatkan kesejahteraan petani dan kepuasan konsumen,” jelas Simon Talbott, Director Corporate Sustainability Asia Pacific Mondel─ôz International, pada peluncuran program tersebut di Jakarta, Kamis lalu (24/4).

 Geraldine O’Grady, Global Coffee Sustainability Manager Mondelez International, menuturkan, “Coffee Made Happy adalah sebuah program untuk membantu petani kopi meningkatkan kemampuan mereka dalam bertani. Melalui program ini kami ingin membeantu menemukan solusi terhadap berbagai tantangan yang dihadapi oleh para petani demi terciptanya pasokan yang berkelanjutan.”

Pusat pealtihan petani di Semendo ini merupakan hasil kolaborasi antara Mondelez International dengan organisasi swasta di Indonesia. Sebanyak 3.000 petani berskala kecil akan mendapatkan pelatihan mengenai penggunaan peralatan dan perlengkapan, pencatatan transaksi bisnis dan pengaturan anggaran belanja, serta kemampuan untuk membuat rencana bisnis. K-15

Artikel Lainnya

  • Okt 06, 2018

    Tren Specialty Tea Indonesia

    Specialty tea merupakan teh berkualitas tinggi yang dibuat dari pucuk muda tanaman teh....

  • Okt 06, 2018

    Menu Engineering dalam Bisnis Waralaba

    Menjalankan waralaba tentu diperlukan beberapa aspek yang menyertai....

  • Okt 04, 2018

    Konsep Baru Industri Horeka Indonesia

    Perkembangan industri jasa boga saat ini semakin intensif di Indonesia....

  • Okt 01, 2018

    Pameran Bisnis Waralaba & Kafe Terbesar di tahun 2018

    Gaya hidup masyarakat Indonesia saat ini dan pertumbuhan ekonomi kelas menengah mendorong kinerja industri pengolahan kopi di dalam negeri hingga mengalami peningkatan yang signifikan. Kopi Indonesia banyak digemari dan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Indonesia. Salah satu cara modern untuk menikmati kopi adalah dengan datang ke kafe. Pertumbuhan konsumsi produk kopi olahan di dalam negeri meningkat rata-rata lebih dari 7% pertahun. Melihat hal tersebut, tidak mengherankan apabila perkembangan bisnis kafe di Indonesia begitu menjanjikan. Kafe kini bukan hanya sebagai tempat untuk menikmati kopi namun telah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat Indonesia. ...

  • Sep 22, 2018

    Sehat Tidak Selalu Tidak Enak

    Paradigma terhadap makanan yang menyehatkan masih erat dengan rasa yang tidak enak dan tidak menarik untuk dikonsumsi. Guna mendobrak paradigma tersebut, diperlukan usaha dari para pelaku kepentingan seperti praktisi kesehatan, pelaku kuliner, dan juga konsumen sebagai target utama mengubah paradigma tersebut. ...