Program Coffee Made Happy untuk Petani Kopi Indonesia





Kopi merupakan salah satu bahan dasar yang banyak dibutuhkan oleh industri pangan di seluruh dunia. Sebagai negara penghasil kopi Indonesia menduduki peringkat keempat dalam produksi kopi, sedangkan untuk produksi jenis kopi robusta menduduki peringkat kedua setelah Vietnam. Melihat keadaan tersebut, Mondelez International meluncurkan program Coffee Made Happy dan membuka Pusat Pelatihan Petani Kopi di Semendo, Lampung, Sumatera Selatan. Mondelez International berkomitmen menginvestasikan  minimum US$ 200 juta untuk memberdayakan satu juta petani kopi di beberapa negara penghasil kopi hingga tahun 2020. Perusahaan ini pun adalah salah satu pembeli biji kopi Indonesia terbesar dan Indonesia menjadi negara yang menjadi fokus dari program Coffee Made Happy.

 

“Program ini menekankan sustainbility, maka usaha yang tidak berkelanjutan akan cepat bangkrut, selain itu program ini juga bertujuan untuk fokus meningkatkan kesejahteraan petani dan kepuasan konsumen,” jelas Simon Talbott, Director Corporate Sustainability Asia Pacific Mondel─ôz International, pada peluncuran program tersebut di Jakarta, Kamis lalu (24/4).

 Geraldine O’Grady, Global Coffee Sustainability Manager Mondelez International, menuturkan, “Coffee Made Happy adalah sebuah program untuk membantu petani kopi meningkatkan kemampuan mereka dalam bertani. Melalui program ini kami ingin membeantu menemukan solusi terhadap berbagai tantangan yang dihadapi oleh para petani demi terciptanya pasokan yang berkelanjutan.”

Pusat pealtihan petani di Semendo ini merupakan hasil kolaborasi antara Mondelez International dengan organisasi swasta di Indonesia. Sebanyak 3.000 petani berskala kecil akan mendapatkan pelatihan mengenai penggunaan peralatan dan perlengkapan, pencatatan transaksi bisnis dan pengaturan anggaran belanja, serta kemampuan untuk membuat rencana bisnis. K-15

Artikel Lainnya

  • Jul 24, 2018

    Tren Keju dalam Produk Pangan Indonesia

    Tren keju seakan tidak pernah ada habisnya. Meskipun bukan produk dan ingridien asli Indonesia, tetapi masyarakat Indonesia sangat akrab dengan cita rasa keju di berbagai produk pangan. Meningkatnya animo pasar dengan keju ini tentu harus disambut dengan inovasi produk pangan yang inovatif.  ...

  • Jul 16, 2018

    Promosi Hotel, Restoran dan Katering Indonesia dengan Kopi

    Keberhasilan Pameran Hotelex yang telah diselenggarakan di sepuluh negara Asia menjadi salah satu alasan kuat PT Pamerindo Indonesia untuk mengadakan Pameran Hotelex Indonesia pada 18-20 Juli 2018 mendatang di Jakarta International Expo. "Pameran ini merupakan pameran business to business. Kami harapkan Pameran Hotelex Indonesia akan dikunjungi oleh lebih dari 12.000 pengunjung yang merupakan para pelaku industri hotel, restoran dan katering," tutur Project Director PT Pamerindo Indonesia, Wiwik Roberto dalam konferensi pers Hotelex Indonesia di Jakarta pada 6 Juli 2018. ...

  • Jun 29, 2018

    Tepat Menggunakan Rempah

    Berbagai rempah memiliki variasi komponen kimiawi yang berperan dalam pembentukan profil flavornya....

  • Jun 28, 2018

    Manfaat Rempah Bagi Kesehatan

    Berbagai rempah dan bumbu dapur yang selama ini dekat dengan...

  • Jun 27, 2018

    Mengenal Kunyit

    Kunyit merupakan salah satu suku tanaman temu-temuan (Zingiberaceae)....