Memacu Kreatifitas Seni Anak Muda





Banyaknya tantangan, menuntut kaum muda saat ini mampu membuktikan diri dengan terus menggali potensi dan mewujudkan minat yang sesuai dengan pilihannya. Dalam proses pengembangan diri ini, penting bagi kaum muda untuk berinteraksi, bertukar pikiran, ide dan saling memberikan dukungan positif. Lebih dari itu, interaksi juga penting untuk meredam individualisme, memperluas jaringan pertemanan sehingga dapat menciptakan peluang baru.

Mengacu pada data yang dikeluarkan oleh BPS pada tahun 2010, Daisy Indira Yasmine, S. Sos., M. Soc. Sci.  Sosiolog FISIP Universitas Indonesia mengatakan jumlah remaja Indonesia mencapai 63,4 juta jiwa atau sekitar 26,7 persen dari total jumlah penduduk Indonesia secara keseluruhan yang saat ini berjumlah 237,6 juta jiwa. "Besarnya presentase generasi muda ini dapat menginisiasi creative class yang akan melahirkan kreativitas serta inovasi-inovasi baru dan pada akhirnya mendorong kemajuan Indonesia," kata Daisy pada peluncuran Genji Shoppe di Jakarta pada 12 April lalu.

Itulah sebabnya, ia melihat generasi muda harus mampu menjadi diri sendiri dengan menggali potensinya kemudian secara tekun terus mengejar dan mewujudkan apa yang menjadi minat dalam hidupnya. Selain akan membentuk jati diri menjadi karakter yang berbeda dan memiliki nilai lebih dari individu lain, nantinya mereka dapat meraih kesejahteraan dan kebahagiaan untuk menghadapi tantangan kehidupan mereka di masa yang akan datang.

Memperhatikan fakta tersebut, Monde Biscuit Indonesia yang merupakan bagian dari Khongguan Group, menangkap peluang itu dengan mengadakan bulan kreasi seni bertema Genji Shoppe. Genji merupakan produk pastry produksi Monde Biskuit sejak lebih dari 40 tahun lalu.

Bulan kreasi tersebut dilakukan dengan berkolaborasi bersama lima seniman muda berbakat yang akan berbagi orisinalitas dan keunikan hasil karya seni visual untuk menginspirasi para generasi muda dalam mengejar dan mewujudkan minatnya. Lima seniman muda yang juga turut mengambil bagian saat mendekorasi Genji Pie tersebut yakni Rukmunal Hakim (illustrator), Lala Bohang (arsitek), Ykha Amlez (illustrator), Muhamad Taufiq (seniman), dan Monica Hapsari (illustrator).

Dengan adanya acara tersebut, “Harapan kami Genji Shoppe menjadi sebuah wadah yang tepat bagi generasi muda Indonesia untuk saling berbagi inspirasi, menjalin koneksi dan menciptakan peluang baru dalam mengejar dan mewujudkan minat dan kreativitas mereka,” tutup General Manager Monde Biskuit Indonesia Kelwin Darmono. K-08

 

Artikel Lainnya

  • Jan 24, 2019

    Tips Bertahan dalam Bisnis Kuliner

    Bisnis kuliner memang menjadi bisnis yang menjanjikan, terlebih lagi kuliner dewasa ini sudah menjadi gaya hidup. Meskipun menjadi bisnis yang amat menjanjikan, bukan berarti tidak ada kendala dan tantangan. Bisnis kuliner tak hanya soal membuat pelanggan datang, namun juga membuat pelanggan datang kembali. Selain kenyamanan tempat, makanan dan minuman yang disuguhkan juga harus memuaskan lidah. Hal-hal tersebut adalah sederet tantangan yang harus dihadapi para pelaku bisnis kuliner. ...

  • Jan 23, 2019

    Mikroba Penyebab Kerusakan Jus Buah

    Umur simpan jus buah dipengaruhi oleh banyak faktor, mulai dari pemilihan bahan baku, cara pengolahan, peralatan dan mesin pengolahan, pengemasan, serta kondisi penyimpanan. Akan tetapi faktor utama kerusakan jus buah tak lepas dari adanya mikroba penyebab kerusakan. Kandungan zat gizi pada jus buah merupakan tempat hidup yang sesuai untuk pertumbuhan mikroba, selain itu didukung dengan kadar air yang tinggi dan nilai aktifias air (aw) yang juga tinggi (0,97-1,00). Jenis mikroba umum yang menjadi penyebab kerusakan jus buah yaitu dari golongan bakteri (misalnya E. coli, dan Klebsiella), kapang (misalnya Aspergillus sp.), dan khamir. Bakteri, kapang, dan khamir dapat menimbulkan aroma yang tidak sedap, toksin, gas, alkohol, busa, lendir, cemaran fisik, perubahan rasa, warna, bentuk dan kekentalan.   ...

  • Jan 22, 2019

    Branding Restoran Masa Kini melalui Teknik Memorable Experience

    Membuat masakan yang enak bukan menjadi satu-satunya modal membangun bisnis resto. Menyajikan makanan terenak sekalipun belum tentu dapat mendatangkan pelanggan yang banyak tanpa strategi pemasaran yang bagus. Strategi pemasaran yang harus dipikirkan oleh resto modern adalah bagaimana menciptakan pengalaman luar biasa yang belum pernah diberikan oleh resto-resto yang sudah ada sebelumnya. ...

  • Jan 21, 2019

    Membuat Roti dengan Teknik Sourdough

    Metode sourdough juga dikenal dengan metode biang, merupakan teknik lawas yang digunakan untuk membuat adonan roti jauh sebelum ditemukannya ragi instan pada tahun 1800-an. Prinsip teknik sourdough adalah membuat adonan biang sebagai starter (seperti starter untuk yoghurt) dan menjadikan biang tersebut sebagai leavening agent dalam adonan roti. Adonan biang tersebut mengandung yeast dan bakteri hidup Lactobacillus yang ditangkap secara alami dari udara dan dari dalam terigu, kemudian dibiakkan secara terus menerus. ...

  • Jan 18, 2019

    Jus VS Buah Segar

    Buah adalah salah satu bahan pangan penting untuk mendukung kesehatan tubuh. Di dalam buah terkandung sejumlah zat gizi, serat pangan, dan berbagai komponen bioaktif. Terdapat beberapa cara dalam menikmati buah dan sayur. Salah satunya yang cukup populer adalah mengolahnya menjadi jus. ...