Memacu Kreatifitas Seni Anak Muda





Banyaknya tantangan, menuntut kaum muda saat ini mampu membuktikan diri dengan terus menggali potensi dan mewujudkan minat yang sesuai dengan pilihannya. Dalam proses pengembangan diri ini, penting bagi kaum muda untuk berinteraksi, bertukar pikiran, ide dan saling memberikan dukungan positif. Lebih dari itu, interaksi juga penting untuk meredam individualisme, memperluas jaringan pertemanan sehingga dapat menciptakan peluang baru.

Mengacu pada data yang dikeluarkan oleh BPS pada tahun 2010, Daisy Indira Yasmine, S. Sos., M. Soc. Sci.  Sosiolog FISIP Universitas Indonesia mengatakan jumlah remaja Indonesia mencapai 63,4 juta jiwa atau sekitar 26,7 persen dari total jumlah penduduk Indonesia secara keseluruhan yang saat ini berjumlah 237,6 juta jiwa. "Besarnya presentase generasi muda ini dapat menginisiasi creative class yang akan melahirkan kreativitas serta inovasi-inovasi baru dan pada akhirnya mendorong kemajuan Indonesia," kata Daisy pada peluncuran Genji Shoppe di Jakarta pada 12 April lalu.

Itulah sebabnya, ia melihat generasi muda harus mampu menjadi diri sendiri dengan menggali potensinya kemudian secara tekun terus mengejar dan mewujudkan apa yang menjadi minat dalam hidupnya. Selain akan membentuk jati diri menjadi karakter yang berbeda dan memiliki nilai lebih dari individu lain, nantinya mereka dapat meraih kesejahteraan dan kebahagiaan untuk menghadapi tantangan kehidupan mereka di masa yang akan datang.

Memperhatikan fakta tersebut, Monde Biscuit Indonesia yang merupakan bagian dari Khongguan Group, menangkap peluang itu dengan mengadakan bulan kreasi seni bertema Genji Shoppe. Genji merupakan produk pastry produksi Monde Biskuit sejak lebih dari 40 tahun lalu.

Bulan kreasi tersebut dilakukan dengan berkolaborasi bersama lima seniman muda berbakat yang akan berbagi orisinalitas dan keunikan hasil karya seni visual untuk menginspirasi para generasi muda dalam mengejar dan mewujudkan minatnya. Lima seniman muda yang juga turut mengambil bagian saat mendekorasi Genji Pie tersebut yakni Rukmunal Hakim (illustrator), Lala Bohang (arsitek), Ykha Amlez (illustrator), Muhamad Taufiq (seniman), dan Monica Hapsari (illustrator).

Dengan adanya acara tersebut, “Harapan kami Genji Shoppe menjadi sebuah wadah yang tepat bagi generasi muda Indonesia untuk saling berbagi inspirasi, menjalin koneksi dan menciptakan peluang baru dalam mengejar dan mewujudkan minat dan kreativitas mereka,” tutup General Manager Monde Biskuit Indonesia Kelwin Darmono. K-08

 

Artikel Lainnya

  • Sep 22, 2018

    Sehat Tidak Selalu Tidak Enak

    Paradigma terhadap makanan yang menyehatkan masih erat dengan rasa yang tidak enak dan tidak menarik untuk dikonsumsi. Guna mendobrak paradigma tersebut, diperlukan usaha dari para pelaku kepentingan seperti praktisi kesehatan, pelaku kuliner, dan juga konsumen sebagai target utama mengubah paradigma tersebut. ...

  • Sep 20, 2018

    Keamanan Pengemas Jajanan dan Makanan Cepat Saji

    Penggunaan kemasan adalah salah satu upaya untuk mencegah terjadinya cemaran pada produk olahan pangan. Selain berfungsi sebagai pelindung, kemasan juga berperan sebagai media untuk promosi. Kemasan dapat mempengaruhi berbagai aspek pada pangan seperti nilai jual, estetika, dan keamanan pangan. Makin kompleks suatu kemasan, maka nilai tambah produk pangan juga akan dapat meningkat. Konsumen cenderung memilih kemasan yang menarik dan mampu menunjukkan mutu produk pangan. ...

  • Sep 17, 2018

    Apa itu Gaya Hidup Ketofastosis?

    Diet ketogenik merupakan salah satu tren diet yang cukup populer di Indonesia. Prinsip diet ini ada pada pengaturan pola makanan harian untuk mencapai kondisi ketosis. Diet ini dipandang efektif untuk penurunan berat badan. Saat ini, diet ketogenik dikombinasikan dengan puasa pada kondisi ketosis dengan tujuan mempertahankan metabolisme lemak yang optimal sehingga disebut dengan ketofastosis....

  • Sep 14, 2018

    Kemeriahan Lomba Cipta Menu Berbahan Lokal

    Crafting Special Recipe (CRISPY) Competition merupakan lomba cipta menu dan masak dengan menggunakan bahan pangan lokal. CRISPY tahun 2018 mengangkat tema “Kreasi olahan cemilan sehat untuk keluarga : one bite size” dan menggunakan buah sukun sebagai bahan dasar utama.  Acara yang berlangsung pada 9 September 2018 lalu di Kampus IPB Dramaga tersebut diikuti oleh 24 tim peserta dari masyarakat umum dan berbagai instansi, di antaranya adalah Stikes Mitra Keluarga, UPN Jakarta, Poltekkes Jakarta II, UHAMKA, Bhi, Poltekkes Kemenkes Bandung, Universitas Negeri Jakarta, STP Bogor, Akpar Pertiwi, Universitas Djuanda, Universitas Ibnu Khaldun, Bina Sarana Informatika, Sekolah Vokasi IPB, dan IPB. ...

  • Ags 30, 2018

    Efektifitas Rantai Pasok untuk Peningkatan Kualitas Susu Segar

    Susu merupakan salah satu produk industri peternakan yang potensial di Indonesia. Sebagian besar (98%) susu di Indonesia diproduksi di Pulau Jawa yang berasal dari peternakan rakyat. Terdapat tiga permasalahan utama terkait produksi susu di Indonesia yaitu kurangnya pengetahuan peternak tentang penanganan susu, lahan peternakan dan skala kepemilikan, serta persoalan regenerasi....