Menanggulangi Hidden Hunger pada Anak dan Remaja





Hidden hunger atau kelaparan tersembunyi terjadi tidak hanya pada anak dan remaja yang kekurangan makanan. Anak yang terlihat sehat atau berat badannya berlebih ternyata belum tentu kecukupan gizinya terpenuhi, sehingga membuatnya ‘lapar’ gizi dan tidak dapat tumbuh kembang dengan sempurna. “Salah satu masalah hidden hunger yang terjadi di Indonesia adalah anak dan remaja yang kekurangan zat besi sehingga menyebabkan anemia,” tutur Emilia Achmadi, MS, RD., dalam  acara Australian Beef Junior Chef Challenge pada 22 Februari 2014 lalu di Jakarta. Anemia tidak hanya menimbulkan gejala pusing atau lemas, namun juga dapat menimbulkan rasa capek berlebih, sakit kepala, detak jantung berlebih, pembengkakkan limfa dan lain sebagainya. “Gejala-gejala tersebut yang saat ini banyak ditemukan pada anak-anak di kota besar”, kata Emilia.

 

Usia remaja lebih rentan mengalami anemia khususnya remaja perempuan lebih cenderung kekurangan zat besi yang disebabkan oleh menstruasi dan faktanya hanya 60% remaja perempuan yang mengonsumsi cukup zat besi dari makanannya .

Emilia pun menuturkan salah satu cara menanggulangi masalah tersebut, yakni dengan mengonsumsi daging merah seperti daging sapi yang diketahui sebagai sumber zat besi terbaik. Selain itu, daging merah juga mengandung vitamin A, vitamnin B2, B6, dan B12. “Zat gizi tersebut yang harus diperhatikan kecukupannya sehingga tidak menyebabkan lapar gizi,” tambahnya. Lebih lanjut Emilia menjelaskan, masalah lain adalah banyak orang tua yang merasa takut memberikan daging merah yang berlebih pada anaknya. Masih banyak orang tua yang beranggapan bahwa daging merah merupakan penyebab kegemukan atau kolesterol, sehingga banyak ibu yang jarang memberikan daging merah pada anaknya.

“Kunci dari sehat optimal adalah makanan seimbang, karena masing-masing bahan makanan memiliki kelebihan dari konten zat besinya,” jelas Emilia. Sebaiknya anak dan remaja mengonsumsi 400 -500 g daging merah setiap minggunya yang diolah dengan berbagai variasi menu. K-15

 

Artikel Lainnya

  • Jul 16, 2018

    Promosi Hotel, Restoran dan Katering Indonesia dengan Kopi

    Keberhasilan Pameran Hotelex yang telah diselenggarakan di sepuluh negara Asia menjadi salah satu alasan kuat PT Pamerindo Indonesia untuk mengadakan Pameran Hotelex Indonesia pada 18-20 Juli 2018 mendatang di Jakarta International Expo. "Pameran ini merupakan pameran business to business. Kami harapkan Pameran Hotelex Indonesia akan dikunjungi oleh lebih dari 12.000 pengunjung yang merupakan para pelaku industri hotel, restoran dan katering," tutur Project Director PT Pamerindo Indonesia, Wiwik Roberto dalam konferensi pers Hotelex Indonesia di Jakarta pada 6 Juli 2018. ...

  • Jun 29, 2018

    Tepat Menggunakan Rempah

    Berbagai rempah memiliki variasi komponen kimiawi yang berperan dalam pembentukan profil flavornya....

  • Jun 28, 2018

    Manfaat Rempah Bagi Kesehatan

    Berbagai rempah dan bumbu dapur yang selama ini dekat dengan...

  • Jun 27, 2018

    Mengenal Kunyit

    Kunyit merupakan salah satu suku tanaman temu-temuan (Zingiberaceae)....

  • Jun 26, 2018

    Rupa dan Jenis Salad

    Salad merupakan makanan pembuka yang bertujuan untuk menambah selera makan yang mengonsumsinya....