Jaga Kesehatan dengan Asupan Makanan





Gaya hidup merupakan faktor pemicu tumbuhnya penyakit degeneratif. Gaya hidup seseorang pun erat kaitannya dengan asupan makanan yang dikonsumsi. Meningkatnya aktivitas membuat seseorang cenderung malas untuk memasak dan memilih untuk mengonsumsi makanan siap saji.

 

Sebanyak 85% kejadian kanker disebabkan oleh faktor dari luar tubuh atau karsinogen (polusi, makanan, minuman, udara atau air), sinar UV, virus, dan juga infeksi dan hanya 15% yang disebabkan oleh faktor dari dalam tubuh. Hal tersebut disampaikan oleh Prof. Dr. Fransisca R. Zakaria pada acara Biofuel Khatulistiwa yang diselenggarakan oleh Fakultas Teknobiologi Universitas Katolik Indonesia Atmajaya pada Rabu (12/2) lalu di Jakarta. Fransisca menjelaskan bahwa saat ini, banyak orang yang berumur pendek dikarenakan penyakit degeneratif. Beberapa penyebabnya adalah jenis makanan yang kurang bervariatif, cenderung menggunakan bahan kimia sintetik dan bahan murni seperti beras putih, tepung terigu, gula pasir, minyak atau margarin, dan garam murni.

“Bahan tambahan pangan sendiri digunakan sebagai teknik menutupi kualitas yang sebenarnya, seperti memberikan pewarna palsu pada sayuran,” kata Fransisca. Hal lain yang perlu kita hindari, yakni makanan yang mengandung asam lemak trans yang terdapat pada margarin, yang menjadi peluang timbulnya penyakit jantung. K-17

Artikel Lainnya