Memorable Experience : Branding Restoran Masa Kini





Bukan saatnya lagi untuk berpikir membuat masakan terenak di dunia sebagai modal utama bisnis resto. Strategi pemasaran yang harus dipikirkan oleh resto modern adalah bagaimana menciptakan pengalaman luar biasa yang belum pernah diberikan oleh resto-resto yang sudah ada sebelumnya.

Restoran adalah gabungan antara produk (makanan) dan jasa (layanan) yang bercampur dalam pengalaman. Pengelola resto harus memahami manajemen pengalaman konsumen jika ingin sukses di bisnis resto modern.

Restoran masa kini tentu secara jelas berbeda dari resto pinggir jalan yang disebut ‘warteg’ atau warung tegal. Perbedaan antara datang ke warteg dengan datang ke resto modern adalah perbedaan dari segi ekspektasi. Konsumen yang datang ke warteg motivasi utamanya adalah makanan. Sedangkan konsumen yang datang ke resto, untuk merasakan jasa dan pengalaman yang diberikan resto tersebut. Pengalaman ini adalah aspek yang lebih diperhatikan oleh konsumen. Konsumen resto akan kecewa jika pengalaman makan di suatu resto tidak sesuai dengan ekspektasi. Tetapi bukan berarti makanan tidak penting, melainkan suatu keharusan yang dimiliki sebuah resto.

Baca Selengkapnya di Kulinologi Indonesia Edisi 01 Vol VI :

Download di : http://www.pustakapangan.com/store/?category=Kulinologi

Artikel Lainnya

  • Apr 13, 2018

    Clean eating pada Menu Balita

    Clean eating pada menu balita dapat menjadi salah satu cara untuk memenuhi asupan gizi balita....

  • Apr 12, 2018

    Hidup Sehat Mencegah Penyakit Degeneratif

    Ada yang bilang, kondisi masa tua merupakan cerminan dari apa yang kita konsumsi di masa muda....

  • Apr 11, 2018

    Menyusun Menu Terpadu

    Dalam menjalankan bisnis restoran, hal-hal kecil yang luput diperhatikan dapat menyebabkan beberapa kendala yang signifikan....

  • Apr 10, 2018

    Tepat Menangani Katering

    Menangani katering berbeda dengan menangani sarapan setiap paginya....

  • Apr 10, 2018

    Fun Kitchen Festival: Sarana Informasi Kuliner Indonesia

    Memadukan cita rasa memang bukan perkara yang mudah tetapi, bukan berarti pula tidak mungkin untuk dilakukan. Dengan teknik, pengolahan, serta pengetahuan terhadap bahan yang tepat sebuah hidangan baru yang merupakan pencampuran dari dua hal yang berbeda. Tidak melulu soal rasa, pencampuran juga terkadang memberikan sentuhan pada penampilan maupun ukuran. Hal tersebutlah yang ingin diusung pada Fun Kitchen Festival yang mengangkat tema “Trend Modern and Traditional Food & Beverages 2018” acara yang diselenggarakan pada 13-18 Maret 2018 lalu di Atrium Tengah Mall Taman Anggrek ini berlangsung sangat meriah dengan dihadiri peserta  dari segala latar belakang. ...