Memorable Experience : Branding Restoran Masa Kini





Bukan saatnya lagi untuk berpikir membuat masakan terenak di dunia sebagai modal utama bisnis resto. Strategi pemasaran yang harus dipikirkan oleh resto modern adalah bagaimana menciptakan pengalaman luar biasa yang belum pernah diberikan oleh resto-resto yang sudah ada sebelumnya.

Restoran adalah gabungan antara produk (makanan) dan jasa (layanan) yang bercampur dalam pengalaman. Pengelola resto harus memahami manajemen pengalaman konsumen jika ingin sukses di bisnis resto modern.

Restoran masa kini tentu secara jelas berbeda dari resto pinggir jalan yang disebut ‘warteg’ atau warung tegal. Perbedaan antara datang ke warteg dengan datang ke resto modern adalah perbedaan dari segi ekspektasi. Konsumen yang datang ke warteg motivasi utamanya adalah makanan. Sedangkan konsumen yang datang ke resto, untuk merasakan jasa dan pengalaman yang diberikan resto tersebut. Pengalaman ini adalah aspek yang lebih diperhatikan oleh konsumen. Konsumen resto akan kecewa jika pengalaman makan di suatu resto tidak sesuai dengan ekspektasi. Tetapi bukan berarti makanan tidak penting, melainkan suatu keharusan yang dimiliki sebuah resto.

Baca Selengkapnya di Kulinologi Indonesia Edisi 01 Vol VI :

Download di : http://www.pustakapangan.com/store/?category=Kulinologi

Artikel Lainnya

  • Jul 24, 2018

    Tren Keju dalam Produk Pangan Indonesia

    Tren keju seakan tidak pernah ada habisnya. Meskipun bukan produk dan ingridien asli Indonesia, tetapi masyarakat Indonesia sangat akrab dengan cita rasa keju di berbagai produk pangan. Meningkatnya animo pasar dengan keju ini tentu harus disambut dengan inovasi produk pangan yang inovatif.  ...

  • Jul 16, 2018

    Promosi Hotel, Restoran dan Katering Indonesia dengan Kopi

    Keberhasilan Pameran Hotelex yang telah diselenggarakan di sepuluh negara Asia menjadi salah satu alasan kuat PT Pamerindo Indonesia untuk mengadakan Pameran Hotelex Indonesia pada 18-20 Juli 2018 mendatang di Jakarta International Expo. "Pameran ini merupakan pameran business to business. Kami harapkan Pameran Hotelex Indonesia akan dikunjungi oleh lebih dari 12.000 pengunjung yang merupakan para pelaku industri hotel, restoran dan katering," tutur Project Director PT Pamerindo Indonesia, Wiwik Roberto dalam konferensi pers Hotelex Indonesia di Jakarta pada 6 Juli 2018. ...

  • Jun 29, 2018

    Tepat Menggunakan Rempah

    Berbagai rempah memiliki variasi komponen kimiawi yang berperan dalam pembentukan profil flavornya....

  • Jun 28, 2018

    Manfaat Rempah Bagi Kesehatan

    Berbagai rempah dan bumbu dapur yang selama ini dekat dengan...

  • Jun 27, 2018

    Mengenal Kunyit

    Kunyit merupakan salah satu suku tanaman temu-temuan (Zingiberaceae)....