Memorable Experience : Branding Restoran Masa Kini





Bukan saatnya lagi untuk berpikir membuat masakan terenak di dunia sebagai modal utama bisnis resto. Strategi pemasaran yang harus dipikirkan oleh resto modern adalah bagaimana menciptakan pengalaman luar biasa yang belum pernah diberikan oleh resto-resto yang sudah ada sebelumnya.

Restoran adalah gabungan antara produk (makanan) dan jasa (layanan) yang bercampur dalam pengalaman. Pengelola resto harus memahami manajemen pengalaman konsumen jika ingin sukses di bisnis resto modern.

Restoran masa kini tentu secara jelas berbeda dari resto pinggir jalan yang disebut ‘warteg’ atau warung tegal. Perbedaan antara datang ke warteg dengan datang ke resto modern adalah perbedaan dari segi ekspektasi. Konsumen yang datang ke warteg motivasi utamanya adalah makanan. Sedangkan konsumen yang datang ke resto, untuk merasakan jasa dan pengalaman yang diberikan resto tersebut. Pengalaman ini adalah aspek yang lebih diperhatikan oleh konsumen. Konsumen resto akan kecewa jika pengalaman makan di suatu resto tidak sesuai dengan ekspektasi. Tetapi bukan berarti makanan tidak penting, melainkan suatu keharusan yang dimiliki sebuah resto.

Baca Selengkapnya di Kulinologi Indonesia Edisi 01 Vol VI :

Download di : http://www.pustakapangan.com/store/?category=Kulinologi

Artikel Lainnya

  • Okt 06, 2018

    Tren Specialty Tea Indonesia

    Specialty tea merupakan teh berkualitas tinggi yang dibuat dari pucuk muda tanaman teh....

  • Okt 06, 2018

    Menu Engineering dalam Bisnis Waralaba

    Menjalankan waralaba tentu diperlukan beberapa aspek yang menyertai....

  • Okt 04, 2018

    Konsep Baru Industri Horeka Indonesia

    Perkembangan industri jasa boga saat ini semakin intensif di Indonesia....

  • Okt 01, 2018

    Pameran Bisnis Waralaba & Kafe Terbesar di tahun 2018

    Gaya hidup masyarakat Indonesia saat ini dan pertumbuhan ekonomi kelas menengah mendorong kinerja industri pengolahan kopi di dalam negeri hingga mengalami peningkatan yang signifikan. Kopi Indonesia banyak digemari dan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Indonesia. Salah satu cara modern untuk menikmati kopi adalah dengan datang ke kafe. Pertumbuhan konsumsi produk kopi olahan di dalam negeri meningkat rata-rata lebih dari 7% pertahun. Melihat hal tersebut, tidak mengherankan apabila perkembangan bisnis kafe di Indonesia begitu menjanjikan. Kafe kini bukan hanya sebagai tempat untuk menikmati kopi namun telah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat Indonesia. ...

  • Sep 22, 2018

    Sehat Tidak Selalu Tidak Enak

    Paradigma terhadap makanan yang menyehatkan masih erat dengan rasa yang tidak enak dan tidak menarik untuk dikonsumsi. Guna mendobrak paradigma tersebut, diperlukan usaha dari para pelaku kepentingan seperti praktisi kesehatan, pelaku kuliner, dan juga konsumen sebagai target utama mengubah paradigma tersebut. ...