Memorable Experience : Branding Restoran Masa Kini





Bukan saatnya lagi untuk berpikir membuat masakan terenak di dunia sebagai modal utama bisnis resto. Strategi pemasaran yang harus dipikirkan oleh resto modern adalah bagaimana menciptakan pengalaman luar biasa yang belum pernah diberikan oleh resto-resto yang sudah ada sebelumnya.

Restoran adalah gabungan antara produk (makanan) dan jasa (layanan) yang bercampur dalam pengalaman. Pengelola resto harus memahami manajemen pengalaman konsumen jika ingin sukses di bisnis resto modern.

Restoran masa kini tentu secara jelas berbeda dari resto pinggir jalan yang disebut ‘warteg’ atau warung tegal. Perbedaan antara datang ke warteg dengan datang ke resto modern adalah perbedaan dari segi ekspektasi. Konsumen yang datang ke warteg motivasi utamanya adalah makanan. Sedangkan konsumen yang datang ke resto, untuk merasakan jasa dan pengalaman yang diberikan resto tersebut. Pengalaman ini adalah aspek yang lebih diperhatikan oleh konsumen. Konsumen resto akan kecewa jika pengalaman makan di suatu resto tidak sesuai dengan ekspektasi. Tetapi bukan berarti makanan tidak penting, melainkan suatu keharusan yang dimiliki sebuah resto.

Baca Selengkapnya di Kulinologi Indonesia Edisi 01 Vol VI :

Download di : http://www.pustakapangan.com/store/?category=Kulinologi

Artikel Lainnya