Edukasi Keamanan Pangan Melalui Program Chefmanship Academy





Unilever Food Solutions (UFS) bekerjasama dengan Direktorat Jenderal Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan dari Kementerian Kesehatan dan BPOM RI mengadakan program edukasi melalui pelatihan komprehensif mengenai keamanan pangan untuk para operator rumah makan bertaraf sederhana.

 

“Chefmanship Academy merupakan salah satu pelayanan yang dipersiapkan oleh Unilever Foods Solutions untuk membantu para konsumennya mengembangkan bisnis mereka.Topik keamanan pangan dipilih karena kebutuhan yang tinggi, terutama bagi rumah makan bertaraf sederhana yang kurang memiliki pengetahuan dan kemampuan dalam permasalahan keamanan pangan,” jelas Adam Djokovic, Mananging Director Unilever Food Solutions pada acara pers conference Chefmanship Academy di Balai Kartini pada Rabu, 12 Desember 2013.

 

Data dari BPOM menyebutkan bahwa 51% dari outlet horeka tidak memenuhi keamanan pangan. Acara yang bertujuan menyadarkan sekaligus meningkatkan keahlian para operator dalam menjaga keamanan pangan ini dihadiri oleh 500 operator jasa boga.

 

Dalam seminar ini, UFS ingin menyuarakan keamanan pangan dalam lima langkah mudah yang dapat memberikan perbedaan besar, diadaptasi dari BPOM dan WHO, antara lain :

1.       Jagalah kebersihan diri, terutama tangan, area dapur dan peralatan memasak

2.       Pisahkan pangan mentah dari pangan matang

3.       Masaklah dengan benar

4.       Jagalah pangan pada suhu aman

5.       Gunakan air bersih dan bahan baku yang aman

 

 

Menjaga keamanan pangan sebenarnya bukan hal yang sulit, namun operator harus disiplin dalam menerapkan lima langkah mudah tersebut, karena ini merupakan hal dasar yang harus diperhatikan oleh operator pada saat menyiapkan pangan untuk menghindari kontaminasi dari bakteri serta mikroba yang berbahaya,” jelas Chef Vindex Tengker selaku Brand Ambassador Unilever Food Solutions. Kiki

Artikel Lainnya

  • Okt 06, 2018

    Tren Specialty Tea Indonesia

    Specialty tea merupakan teh berkualitas tinggi yang dibuat dari pucuk muda tanaman teh....

  • Okt 06, 2018

    Menu Engineering dalam Bisnis Waralaba

    Menjalankan waralaba tentu diperlukan beberapa aspek yang menyertai....

  • Okt 04, 2018

    Konsep Baru Industri Horeka Indonesia

    Perkembangan industri jasa boga saat ini semakin intensif di Indonesia....

  • Okt 01, 2018

    Pameran Bisnis Waralaba & Kafe Terbesar di tahun 2018

    Gaya hidup masyarakat Indonesia saat ini dan pertumbuhan ekonomi kelas menengah mendorong kinerja industri pengolahan kopi di dalam negeri hingga mengalami peningkatan yang signifikan. Kopi Indonesia banyak digemari dan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Indonesia. Salah satu cara modern untuk menikmati kopi adalah dengan datang ke kafe. Pertumbuhan konsumsi produk kopi olahan di dalam negeri meningkat rata-rata lebih dari 7% pertahun. Melihat hal tersebut, tidak mengherankan apabila perkembangan bisnis kafe di Indonesia begitu menjanjikan. Kafe kini bukan hanya sebagai tempat untuk menikmati kopi namun telah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat Indonesia. ...

  • Sep 22, 2018

    Sehat Tidak Selalu Tidak Enak

    Paradigma terhadap makanan yang menyehatkan masih erat dengan rasa yang tidak enak dan tidak menarik untuk dikonsumsi. Guna mendobrak paradigma tersebut, diperlukan usaha dari para pelaku kepentingan seperti praktisi kesehatan, pelaku kuliner, dan juga konsumen sebagai target utama mengubah paradigma tersebut. ...