Edukasi Keamanan Pangan Melalui Program Chefmanship Academy





Unilever Food Solutions (UFS) bekerjasama dengan Direktorat Jenderal Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan dari Kementerian Kesehatan dan BPOM RI mengadakan program edukasi melalui pelatihan komprehensif mengenai keamanan pangan untuk para operator rumah makan bertaraf sederhana.

 

“Chefmanship Academy merupakan salah satu pelayanan yang dipersiapkan oleh Unilever Foods Solutions untuk membantu para konsumennya mengembangkan bisnis mereka.Topik keamanan pangan dipilih karena kebutuhan yang tinggi, terutama bagi rumah makan bertaraf sederhana yang kurang memiliki pengetahuan dan kemampuan dalam permasalahan keamanan pangan,” jelas Adam Djokovic, Mananging Director Unilever Food Solutions pada acara pers conference Chefmanship Academy di Balai Kartini pada Rabu, 12 Desember 2013.

 

Data dari BPOM menyebutkan bahwa 51% dari outlet horeka tidak memenuhi keamanan pangan. Acara yang bertujuan menyadarkan sekaligus meningkatkan keahlian para operator dalam menjaga keamanan pangan ini dihadiri oleh 500 operator jasa boga.

 

Dalam seminar ini, UFS ingin menyuarakan keamanan pangan dalam lima langkah mudah yang dapat memberikan perbedaan besar, diadaptasi dari BPOM dan WHO, antara lain :

1.       Jagalah kebersihan diri, terutama tangan, area dapur dan peralatan memasak

2.       Pisahkan pangan mentah dari pangan matang

3.       Masaklah dengan benar

4.       Jagalah pangan pada suhu aman

5.       Gunakan air bersih dan bahan baku yang aman

 

 

Menjaga keamanan pangan sebenarnya bukan hal yang sulit, namun operator harus disiplin dalam menerapkan lima langkah mudah tersebut, karena ini merupakan hal dasar yang harus diperhatikan oleh operator pada saat menyiapkan pangan untuk menghindari kontaminasi dari bakteri serta mikroba yang berbahaya,” jelas Chef Vindex Tengker selaku Brand Ambassador Unilever Food Solutions. Kiki

Artikel Lainnya