Mewujudkan Konsumen Cerdas dalam Sistem Ketahanan Pangan





Pangan merupakan kebutuhan dasar manusia yang harus dipenuhi dengan layak. Berbagai kebijakan yang kurang tepat justru membuat ketahanan pangan semakin terpuruk. Hal ini memberikan imbas secara langsung terhadap perekonomian nasional. Ketahanan pangan berkaitan erat dengan sektor pertanian. Meskipun sektor pertanian dianggap kurang menguntungkan dan kurang menarik bagi para pemuda, tetapi sektor pertanian memegang peranan penting untuk mewujudkan ketahanan pangan nasional.

Upaya mewujudkan ketahanan pangan, kemandirian pangan, dan kedaulatan pangan memerlukan kerja sama dari berbagai pihak. Koordinasi antara pemerintah, pengusaha, akademisi, dan masyarakat sebagai konsumen harus selalu dijaga untuk menghasilkan tindakan yang sinergis dan menguntungkan semua pihak. Dalam rangka menjaring aspirasi berbagai stakeholder dalam hal ketahanan pangan, Indofood mengadakan simposium pangan nasional bertajuk “Penguatan Mata Rantai Ketahanan Pangan yang Mandiri dan Berdaulat” pada 2-3 Desember 2013 lalu di Jakarta.

Pengurus Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia Huzna Gustiana Zahir dalam acara itu mengatakan, masyarakat sebagai konsumen memegang peranan penting dalam mewujudkan ketahanan pangan. Edukasi terhadap masyarakat menjadi salah satu cara untuk mewujudkan konsumen cerdas. Konsumen cerdas akan teliti sebelum membeli dan mengkonsumsi barang. Selain itu konsumen cerdas juga akan lebih mengutamakan efek jangka panjang seperti aspek lingkungan, kesehatan, pertimbangan terhadap produk lokal, aspek hukum, aspek ekonomi, dan berbagai klaim lainnya. “Konsumen jangan hanya didorong untuk belanja, karena perilakunya akan berdampak luas terhadap kondisi masyarakat dan perekonomian nasional," tegas Huzna. hesti

 

Artikel Lainnya

  • Jul 24, 2018

    Tren Keju dalam Produk Pangan Indonesia

    Tren keju seakan tidak pernah ada habisnya. Meskipun bukan produk dan ingridien asli Indonesia, tetapi masyarakat Indonesia sangat akrab dengan cita rasa keju di berbagai produk pangan. Meningkatnya animo pasar dengan keju ini tentu harus disambut dengan inovasi produk pangan yang inovatif.  ...

  • Jul 16, 2018

    Promosi Hotel, Restoran dan Katering Indonesia dengan Kopi

    Keberhasilan Pameran Hotelex yang telah diselenggarakan di sepuluh negara Asia menjadi salah satu alasan kuat PT Pamerindo Indonesia untuk mengadakan Pameran Hotelex Indonesia pada 18-20 Juli 2018 mendatang di Jakarta International Expo. "Pameran ini merupakan pameran business to business. Kami harapkan Pameran Hotelex Indonesia akan dikunjungi oleh lebih dari 12.000 pengunjung yang merupakan para pelaku industri hotel, restoran dan katering," tutur Project Director PT Pamerindo Indonesia, Wiwik Roberto dalam konferensi pers Hotelex Indonesia di Jakarta pada 6 Juli 2018. ...

  • Jun 29, 2018

    Tepat Menggunakan Rempah

    Berbagai rempah memiliki variasi komponen kimiawi yang berperan dalam pembentukan profil flavornya....

  • Jun 28, 2018

    Manfaat Rempah Bagi Kesehatan

    Berbagai rempah dan bumbu dapur yang selama ini dekat dengan...

  • Jun 27, 2018

    Mengenal Kunyit

    Kunyit merupakan salah satu suku tanaman temu-temuan (Zingiberaceae)....