Mewujudkan Konsumen Cerdas dalam Sistem Ketahanan Pangan





Pangan merupakan kebutuhan dasar manusia yang harus dipenuhi dengan layak. Berbagai kebijakan yang kurang tepat justru membuat ketahanan pangan semakin terpuruk. Hal ini memberikan imbas secara langsung terhadap perekonomian nasional. Ketahanan pangan berkaitan erat dengan sektor pertanian. Meskipun sektor pertanian dianggap kurang menguntungkan dan kurang menarik bagi para pemuda, tetapi sektor pertanian memegang peranan penting untuk mewujudkan ketahanan pangan nasional.

Upaya mewujudkan ketahanan pangan, kemandirian pangan, dan kedaulatan pangan memerlukan kerja sama dari berbagai pihak. Koordinasi antara pemerintah, pengusaha, akademisi, dan masyarakat sebagai konsumen harus selalu dijaga untuk menghasilkan tindakan yang sinergis dan menguntungkan semua pihak. Dalam rangka menjaring aspirasi berbagai stakeholder dalam hal ketahanan pangan, Indofood mengadakan simposium pangan nasional bertajuk “Penguatan Mata Rantai Ketahanan Pangan yang Mandiri dan Berdaulat” pada 2-3 Desember 2013 lalu di Jakarta.

Pengurus Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia Huzna Gustiana Zahir dalam acara itu mengatakan, masyarakat sebagai konsumen memegang peranan penting dalam mewujudkan ketahanan pangan. Edukasi terhadap masyarakat menjadi salah satu cara untuk mewujudkan konsumen cerdas. Konsumen cerdas akan teliti sebelum membeli dan mengkonsumsi barang. Selain itu konsumen cerdas juga akan lebih mengutamakan efek jangka panjang seperti aspek lingkungan, kesehatan, pertimbangan terhadap produk lokal, aspek hukum, aspek ekonomi, dan berbagai klaim lainnya. “Konsumen jangan hanya didorong untuk belanja, karena perilakunya akan berdampak luas terhadap kondisi masyarakat dan perekonomian nasional," tegas Huzna. hesti

 

Artikel Lainnya

  • Okt 06, 2018

    Tren Specialty Tea Indonesia

    Specialty tea merupakan teh berkualitas tinggi yang dibuat dari pucuk muda tanaman teh....

  • Okt 06, 2018

    Menu Engineering dalam Bisnis Waralaba

    Menjalankan waralaba tentu diperlukan beberapa aspek yang menyertai....

  • Okt 04, 2018

    Konsep Baru Industri Horeka Indonesia

    Perkembangan industri jasa boga saat ini semakin intensif di Indonesia....

  • Okt 01, 2018

    Pameran Bisnis Waralaba & Kafe Terbesar di tahun 2018

    Gaya hidup masyarakat Indonesia saat ini dan pertumbuhan ekonomi kelas menengah mendorong kinerja industri pengolahan kopi di dalam negeri hingga mengalami peningkatan yang signifikan. Kopi Indonesia banyak digemari dan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Indonesia. Salah satu cara modern untuk menikmati kopi adalah dengan datang ke kafe. Pertumbuhan konsumsi produk kopi olahan di dalam negeri meningkat rata-rata lebih dari 7% pertahun. Melihat hal tersebut, tidak mengherankan apabila perkembangan bisnis kafe di Indonesia begitu menjanjikan. Kafe kini bukan hanya sebagai tempat untuk menikmati kopi namun telah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat Indonesia. ...

  • Sep 22, 2018

    Sehat Tidak Selalu Tidak Enak

    Paradigma terhadap makanan yang menyehatkan masih erat dengan rasa yang tidak enak dan tidak menarik untuk dikonsumsi. Guna mendobrak paradigma tersebut, diperlukan usaha dari para pelaku kepentingan seperti praktisi kesehatan, pelaku kuliner, dan juga konsumen sebagai target utama mengubah paradigma tersebut. ...