Exploring The Wonder Of Umami di STP-Bandung & STP-Bali.





Setelah sukses melaksanakan Kuliah Tamu di Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Bandung tahun lalu, pada tanggal 26 & 28 Oktober 2013, Ajinomoto memulai kembali Program Exploring The Wonder Of Umami di STP Bandung & Bali. Program ini diikuti oleh Mahasiswa Jurusan Manajemen Tata Boga, dengan total kurang lebih 100 orang dari masing-masing sekolah.

Acara dibuka dengan sambutan dari Direktur pelaksana dari masing-masing STP,  dilanjutkan dengan sambutan Presiden Direktur PT. Ajinomoto Sales Indonesia, Taro Komura. Presentasi pertama dalam program ini adalah informasi tentang umami, apa itu umami dan berbagai bahan makanan yang mengandung umami. Dipresentasikan oleh Katarina Larasati Tim dari Umami Information Center. Untuk melengkapi presentasi yang ada, para mahasiswa  diberi  bahan-bahan yang harus dicicip dan dirasakan, yaitu tomat, keju dan tempe. Ketiga bahan ini semua mengandung umami dan para peserta diminta mendeskripsikan rasa umami dari ketiga bahan tersebut.

Seusai presentasi, dilanjutkan dengan sesi utama yang pada kuliah perdana  ini disampaikan oleh Chef Kondo dari Jepang. Chef Kondo merupakan Senior Professor Japanese Cooking Specialist. Beberapa kuliah yang ia berikan, diantaranya :

  1. Apa itu Dashi

2.     Berbagai macam Dashi dan Bahan-bahanya

3.     Hubungan Dashi dan Umami

4.     Cara Pembuatan Dashi

5.     Karakteristik dari keotentikan Masakan Jepang (teknik,sejarah dan kebudayaan)

Selain itu juga, Chef Kondo menjelaskan bahan–bahan yang digunakan untuk membuat dashi. Karena dashi adalah salah satu bahan yang penting yang selalu ada didalam masakan Jepang.

Setelah mendemokan dashi, Chef Kondo mendemokan 3 jenis makanan yang kesemuanya menggunakan dashi sebagai sumber rasa umami, selain bahan lain yang juga mampu menyumbang rasa umami. Masakan yang di demokan adalah 3 jenis makanan, yakni Fuedai no Seisyu Shitote (Sup Ikan Kakap), Fuedai no Sugara Zukuri (Shasimi Ikan kakap), dan Fuedai Gohan (Nasi Ikan Kakap).

Artikel Lainnya