Exploring The Wonder Of Umami di STP-Bandung & STP-Bali.





Setelah sukses melaksanakan Kuliah Tamu di Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Bandung tahun lalu, pada tanggal 26 & 28 Oktober 2013, Ajinomoto memulai kembali Program Exploring The Wonder Of Umami di STP Bandung & Bali. Program ini diikuti oleh Mahasiswa Jurusan Manajemen Tata Boga, dengan total kurang lebih 100 orang dari masing-masing sekolah.

Acara dibuka dengan sambutan dari Direktur pelaksana dari masing-masing STP,  dilanjutkan dengan sambutan Presiden Direktur PT. Ajinomoto Sales Indonesia, Taro Komura. Presentasi pertama dalam program ini adalah informasi tentang umami, apa itu umami dan berbagai bahan makanan yang mengandung umami. Dipresentasikan oleh Katarina Larasati Tim dari Umami Information Center. Untuk melengkapi presentasi yang ada, para mahasiswa  diberi  bahan-bahan yang harus dicicip dan dirasakan, yaitu tomat, keju dan tempe. Ketiga bahan ini semua mengandung umami dan para peserta diminta mendeskripsikan rasa umami dari ketiga bahan tersebut.

Seusai presentasi, dilanjutkan dengan sesi utama yang pada kuliah perdana  ini disampaikan oleh Chef Kondo dari Jepang. Chef Kondo merupakan Senior Professor Japanese Cooking Specialist. Beberapa kuliah yang ia berikan, diantaranya :

  1. Apa itu Dashi

2.     Berbagai macam Dashi dan Bahan-bahanya

3.     Hubungan Dashi dan Umami

4.     Cara Pembuatan Dashi

5.     Karakteristik dari keotentikan Masakan Jepang (teknik,sejarah dan kebudayaan)

Selain itu juga, Chef Kondo menjelaskan bahan–bahan yang digunakan untuk membuat dashi. Karena dashi adalah salah satu bahan yang penting yang selalu ada didalam masakan Jepang.

Setelah mendemokan dashi, Chef Kondo mendemokan 3 jenis makanan yang kesemuanya menggunakan dashi sebagai sumber rasa umami, selain bahan lain yang juga mampu menyumbang rasa umami. Masakan yang di demokan adalah 3 jenis makanan, yakni Fuedai no Seisyu Shitote (Sup Ikan Kakap), Fuedai no Sugara Zukuri (Shasimi Ikan kakap), dan Fuedai Gohan (Nasi Ikan Kakap).

Artikel Lainnya

  • Okt 06, 2018

    Tren Specialty Tea Indonesia

    Specialty tea merupakan teh berkualitas tinggi yang dibuat dari pucuk muda tanaman teh....

  • Okt 06, 2018

    Menu Engineering dalam Bisnis Waralaba

    Menjalankan waralaba tentu diperlukan beberapa aspek yang menyertai....

  • Okt 04, 2018

    Konsep Baru Industri Horeka Indonesia

    Perkembangan industri jasa boga saat ini semakin intensif di Indonesia....

  • Okt 01, 2018

    Pameran Bisnis Waralaba & Kafe Terbesar di tahun 2018

    Gaya hidup masyarakat Indonesia saat ini dan pertumbuhan ekonomi kelas menengah mendorong kinerja industri pengolahan kopi di dalam negeri hingga mengalami peningkatan yang signifikan. Kopi Indonesia banyak digemari dan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Indonesia. Salah satu cara modern untuk menikmati kopi adalah dengan datang ke kafe. Pertumbuhan konsumsi produk kopi olahan di dalam negeri meningkat rata-rata lebih dari 7% pertahun. Melihat hal tersebut, tidak mengherankan apabila perkembangan bisnis kafe di Indonesia begitu menjanjikan. Kafe kini bukan hanya sebagai tempat untuk menikmati kopi namun telah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat Indonesia. ...

  • Sep 22, 2018

    Sehat Tidak Selalu Tidak Enak

    Paradigma terhadap makanan yang menyehatkan masih erat dengan rasa yang tidak enak dan tidak menarik untuk dikonsumsi. Guna mendobrak paradigma tersebut, diperlukan usaha dari para pelaku kepentingan seperti praktisi kesehatan, pelaku kuliner, dan juga konsumen sebagai target utama mengubah paradigma tersebut. ...