Program Pelatihan ISO 22000 : 2005





ISO 2000 adalah suatu standar Internasional yang menggabungkan dan melengkapi elemen utama ISO 9001 dan HACCP tujuannya, yaitu untuk menyediakan satu standar Internasional untuk sistem manajemen keamanan pangan yang dapat diterapkan dalam produk pangan. Untuk mendukung hal tersebut SEAFAST Center Institut Pertanian Bogor yang bekerja sama dengan Foodreview Indonesia mengadakan acara pelatihan ISO 22000 : 2005 pada tanggal 24-25 September 2013.

 

Pelatihan ini diikuti oleh15 peserta dari berbagai perusahaan industri pangan. Beberapa materi yang berkaitan dengan isu-isu penting mengenai keamanan pangan disampaikan oleh beberapa pembicara, seperti sistem jaminan keamanan pangan yang disampaikan oleh Dr. Ir. Ratih Dewanti – Haryadi, MSc. Dalam penyampaian materi, Dr. Ratih mengatakan perkembangan sistem manajemen keamanan pangan dengan cara menjamin makanan aman melalui beberapa tahap yaitu, kriteria proses, pengujian, HACCP, QRA dan FSO.

Salah satu penjelasannya yakni, “menjalankan kriteria proses harus dilakukan dengan mempertimbangkan mutu dan gizi, seperti pemanasan pada suhu lebih tinggi efektif membunuh mikroba, tapi tidak terlalu merusak mutu dan gizi,” tutur Dr.Ratih.

Program pelatihan ISO 22000 : 2005 ini diselenggarakan selama dua hari. Penerapan ISO 2000 dalam suatu perusahaan diharapkan dapat memberikan manfaat dalam hal kepuasan pelanggan, kepatuhan hukum, efisiensi, manajemen risiko, perbaikan komunikasi internal dan eksternal perusahaan, dan peningkatan kepercayaan masyarakat pada perusahaan. K-17

Artikel Lainnya