Menikmati Kopi Hitam Specialty Grade Single Origin





Kopi merupakan salah satu minuman favorit bagi masyarakat Indonesia. Indonesia mempunyai beberapa sentra penghasil kopi dengan ciri khas yang berbeda-beda. Tetapi kopi kualitas pertama di Indonesia justru sulit ditemukan di Indonesia karena mayoritas kopi kualitas pertama di ekspor ke luar negeri. Masyarakat Indonesia juga mempunyai cara yang berbeda-beda dalam menyajikan kopi. Jenis kopi yang paling diburu para penikmat kopi sejati adalah kopi kualitas pertama atau yang juga disebut kopi specialty grade.

Kopi kualitas tinggi tersebut harus melalui proses pengolahan yang sangat baik dan kualitas kontrol yang tinggi. Biji kopi tidak boleh memiliki cacat sama sekali dan ukurannya juga harus seragam. CEO PT. JJ Multi Utama Indonesia Yusuf Sumatra dalam sebuah acara minum kopi bersama di Jakarta pada 26 September lalu mengatakan, kualitas kopi dapat dilihat dari matang atau tidaknya kopi setelah pemanggangan. Biji kopi kualitas pertama harus matang seluruhnya setelah melalui proses pemanggangan.

Ia menambahkan bahwa ciri lain dari kopi specialty grade adalah single origin. Indonesia mempunyai beberapa daerah penghasil kopi dengan rasa yang khas untuk masing-masing daerah.  Kopi kualitas pertama tidak boleh bercampur antara kopi dari daerah satu dengan yang lain. Hal ini untuk menjaga keaslian rasa dari biji kopi.

Meskipun saat ini Indonesia adalah salah satu negara penghasil kopi berkualitas di tingkat internasional, tetapi sangat sulit menemukan kopi specialty grade di Indonesia. Penikmat kopi justru lebih mudah menemukan kopi specialty grade Indonesia ketika berada di luar negeri. Hal ini merupakan peluang bisnis tersendiri bagi pelaku bisnis untuk menyajikan kopi kualitas untuk penikmat kopi di Indonesia.

Kopi bukan merupakan komoditas yang cukup terkenal di Indonesia. Banyak produk kopi yang sudah beredar di pasaran. Tetapi mayoritas bukan kopi murni karena sudah dicampur dengan creamer, susu, ataupun gula. Padahal penikmat kopi justru hanya menginginkan kopi murni tanpa campuran apapun. “Penikmat kopi pasti mengkonsumsi kopi hitam murni,” ujar Yusuf Sumatra.                                                          

Lebih jauh ia menjelaskan bahwa ada beberapa kriteria yang menentukan kualitas kopi. Kopi grade pertama disebut juga dengan specialty grade. Berdasarkan standar SCAA (Specialty Coffee Association of America), kopi grade pertama mempunyai ciri-ciri biji kopi tidak ada yang pecah, dan tidak ada campuran dahan pohon, biji busuk, serta biji tidak matang sangrai. Sedangkan kopi kualitas kedua disebut juga dengan premium grade. hesti

 

Artikel Lainnya