Saatnya Kuliner Indonesia Merambah Mancanegara





Salah satu pembahasan yang disoroti dalam Kongres Diaspora II yang berlangsung pada tanggal 18-20 Agustus 2013, di Jakarta adalah upaya mengembangkan kuliner Indonesia di mata dunia. Task Force Kuliner yang bertemakan “Bring Indonesian Culinary to The World” ini menghadirkan beberapa narasumber diantaranya, William Wongso, Hendri Syamsul, Drs. N. J. Sembiring dan Chef Widjiono Yono Purnomo.

 

Kegiatan ini membahas dorongan untuk bersama-sama mempromosikan khususnya 30 ikon kuliner Indonesia di Mancanegara dan mewujudkan keberadaan rumah makan Indonesia di seluruh dunia. “Dengan adanya 30 ikon kuliner Indonesia diharapkan makanan Indonesia akan lebih dikenal oleh mancanegara, tumpeng yang dikukuhkan sebagai salah satu ikon kuliner Indonesia akan menjadi format bahwa makanan tersebut berasal dari Indonesia,” tutur Wiliam Wongso sebagai pakar kuliner.

Salah satu wujud pengembangan rumah makan Indonesia di luar negeri seperti yang dilakukan oleh Hendri Syamsul dengan mendirikan rumah makan Indonesia di Malaysia, “karena ingin lebih mengenalkan makanan Indonesia saya nekat untuk membuka rumah makan Indonesia dengan nama Nuri dan tahun depan akan dibuka 20 cabang dan 5 diantaranya berada di Amerika,” cerita Hendri.

N.J Sembiring yang merupakan pengusaha cabe giling dan bumbu dengan merk dagang “Gerak Tani” pun ikut mendukung kegiatan ini, ia pun menuturkan bahwa keaslian rasa bumbu masakan tradisional sangat mendukung usaha di bidang kuliner. Makanan Indonesia dikenal dengan kekayaaan rempah yang digunakannnya, oleh karena itu Chef Yono mengatakan bahwa makanan Indonesia banyak mengandung rempah bukan banyak mengandung lemak. “Dengan adanya 30 Ikon Kuliner Indonesia beserta buku resep standarnya, maka setiap orang bisa membuat masakan tersebut dengan cita rasa yang sama dan diharapkan pula kedepannya akan ada rumah makan yang menyediakan 30 makanan tersebut,” tutup William Wongso. K-15

Artikel Lainnya

  • Jul 24, 2018

    Tren Keju dalam Produk Pangan Indonesia

    Tren keju seakan tidak pernah ada habisnya. Meskipun bukan produk dan ingridien asli Indonesia, tetapi masyarakat Indonesia sangat akrab dengan cita rasa keju di berbagai produk pangan. Meningkatnya animo pasar dengan keju ini tentu harus disambut dengan inovasi produk pangan yang inovatif.  ...

  • Jul 16, 2018

    Promosi Hotel, Restoran dan Katering Indonesia dengan Kopi

    Keberhasilan Pameran Hotelex yang telah diselenggarakan di sepuluh negara Asia menjadi salah satu alasan kuat PT Pamerindo Indonesia untuk mengadakan Pameran Hotelex Indonesia pada 18-20 Juli 2018 mendatang di Jakarta International Expo. "Pameran ini merupakan pameran business to business. Kami harapkan Pameran Hotelex Indonesia akan dikunjungi oleh lebih dari 12.000 pengunjung yang merupakan para pelaku industri hotel, restoran dan katering," tutur Project Director PT Pamerindo Indonesia, Wiwik Roberto dalam konferensi pers Hotelex Indonesia di Jakarta pada 6 Juli 2018. ...

  • Jun 29, 2018

    Tepat Menggunakan Rempah

    Berbagai rempah memiliki variasi komponen kimiawi yang berperan dalam pembentukan profil flavornya....

  • Jun 28, 2018

    Manfaat Rempah Bagi Kesehatan

    Berbagai rempah dan bumbu dapur yang selama ini dekat dengan...

  • Jun 27, 2018

    Mengenal Kunyit

    Kunyit merupakan salah satu suku tanaman temu-temuan (Zingiberaceae)....