Menghindari Kenaikan Berat Badan Setelah Lebaran





Dalam menghadapi lebaran, banyak masyarakat yang menyiapkan aneka hidangan lezat untuk disantap bersama keluarga yang sedang berkumpul di kampung halaman.

Banyaknya makanan yang dihidangkan saat lebaran, menyebabkan adanya fenomena kegemukan pasca Lebaran. Padahal sebelumnya telah berpuasa selama sebulan penuh. Untuk mengatasi hal itu, dapat disiasati dengan beberapa langkah seperti yang disarankan oleh Nutritionist Unilever Indonesia Andriani Wagiyanto di Jakarta pada 30 Juli lalu.

Ia menyarankan agar membatasi jumlah kalori yang dikonsumsi agar menjaga tingkat kalori tetap normal.  Kalori diperoleh dari karbohidrat, protein dan lemak. Asupan kalori yang berlebih dapat menyebabkan kegemukan. Ia mencontohkan, jangan terlalu banyak mengonsumsi makanan atau minuman yang manis-manis.

Andriani juga menyarankan agar makan dengan piring kecil, untuk menghindari makan berlebihan. Jangan lupakan pula untuk makan sayuran dan buah-buahan untuk mencegah sembelit dan gangguan pencernaan saat Lebaran. Hal ini dimaksudkan untuk mengimbangi makanan berlemak yang dikonsumsi.

Hindari juga untuk pergi ke meja makan dua kali. "Tunggu beberapa saat untuk mengira apakah Anda memang cukup lapar untuk porsi berikutnya," kata Andriani sembari menambahkan, agar berat badan tidak bertambah, imbangi masuknya kalori dengan membakar kalori, yakni dengan olah raga yang rutin saat libur Lebaran. sinta

 

Artikel Lainnya