Menghindari Kenaikan Berat Badan Setelah Lebaran





Dalam menghadapi lebaran, banyak masyarakat yang menyiapkan aneka hidangan lezat untuk disantap bersama keluarga yang sedang berkumpul di kampung halaman.

Banyaknya makanan yang dihidangkan saat lebaran, menyebabkan adanya fenomena kegemukan pasca Lebaran. Padahal sebelumnya telah berpuasa selama sebulan penuh. Untuk mengatasi hal itu, dapat disiasati dengan beberapa langkah seperti yang disarankan oleh Nutritionist Unilever Indonesia Andriani Wagiyanto di Jakarta pada 30 Juli lalu.

Ia menyarankan agar membatasi jumlah kalori yang dikonsumsi agar menjaga tingkat kalori tetap normal.  Kalori diperoleh dari karbohidrat, protein dan lemak. Asupan kalori yang berlebih dapat menyebabkan kegemukan. Ia mencontohkan, jangan terlalu banyak mengonsumsi makanan atau minuman yang manis-manis.

Andriani juga menyarankan agar makan dengan piring kecil, untuk menghindari makan berlebihan. Jangan lupakan pula untuk makan sayuran dan buah-buahan untuk mencegah sembelit dan gangguan pencernaan saat Lebaran. Hal ini dimaksudkan untuk mengimbangi makanan berlemak yang dikonsumsi.

Hindari juga untuk pergi ke meja makan dua kali. "Tunggu beberapa saat untuk mengira apakah Anda memang cukup lapar untuk porsi berikutnya," kata Andriani sembari menambahkan, agar berat badan tidak bertambah, imbangi masuknya kalori dengan membakar kalori, yakni dengan olah raga yang rutin saat libur Lebaran. sinta

 

Artikel Lainnya

  • Jul 16, 2018

    Promosi Hotel, Restoran dan Katering Indonesia dengan Kopi

    Keberhasilan Pameran Hotelex yang telah diselenggarakan di sepuluh negara Asia menjadi salah satu alasan kuat PT Pamerindo Indonesia untuk mengadakan Pameran Hotelex Indonesia pada 18-20 Juli 2018 mendatang di Jakarta International Expo. "Pameran ini merupakan pameran business to business. Kami harapkan Pameran Hotelex Indonesia akan dikunjungi oleh lebih dari 12.000 pengunjung yang merupakan para pelaku industri hotel, restoran dan katering," tutur Project Director PT Pamerindo Indonesia, Wiwik Roberto dalam konferensi pers Hotelex Indonesia di Jakarta pada 6 Juli 2018. ...

  • Jun 29, 2018

    Tepat Menggunakan Rempah

    Berbagai rempah memiliki variasi komponen kimiawi yang berperan dalam pembentukan profil flavornya....

  • Jun 28, 2018

    Manfaat Rempah Bagi Kesehatan

    Berbagai rempah dan bumbu dapur yang selama ini dekat dengan...

  • Jun 27, 2018

    Mengenal Kunyit

    Kunyit merupakan salah satu suku tanaman temu-temuan (Zingiberaceae)....

  • Jun 26, 2018

    Rupa dan Jenis Salad

    Salad merupakan makanan pembuka yang bertujuan untuk menambah selera makan yang mengonsumsinya....