d’Omelette, Tidak Hanya Sekedar Telur



Sebuah restoran haruslah memiliki sebuah tema dan konsep yang menarik untuk menarik konsumen. Seperti yang dijalankan d’Omelette di Kota Kasablanka, Jakarta. Ketika sang owner yang saat itu tinggal di luar negeri dan sedang menemani putranya berobat, saat itulah muncul rindu akan suasana rumah yang cozy serta nyaman. Maka dari itu hadirlah d'Omelette dengan suasana rumah yang cozy dan nyaman, seperti yang diucapkan Davi Ditya selaku Deputy General Manager dari d'Omelette.

Berbicara mengenai telur, telur bisa dikatakan sebagai bahan dasar dari berbagai jenis makanan, dan omelette adalah salah satu makanan yang terbuat dari telur. Atas dasar itulah mengapa dinamakan d’Omelette. “Namun, dibalik itu agar lebih mudah diingat orang, dan saat ini sedang banyak nama yang menggunakan kata “the” atau “de” kita tambahkan “d’” itu agar orang juga mudah mengingatnya" jelas Davi. d’Omelette sendiri telah berdiri sejak bulan Desember 2012 dengan konsep yang sudah dipersiapkan sejak 6 bulan sebelumnya.

Lebih jauh Davi menceritakan tentang strategi jaring laba-laba yang kedepan akan dijalankannya. “Saat ini banyak orang Jakarta yang tinggal di pinggiran kota namun bekerja di tengah kota, dan d’Omelette sendiri memiliki lokasi yang berada di tengah kota, nantinya jika para pekerja ini merasa bosan dengan makanan ala western yang banyak hadir di tengah kota, nantinya kita akan membuka restoran dengan konsep makanan Asia dan Indonesia di pinggiran kota Jakarta, sehingga mereka bisa merasakan suasana baru yang dekat dengan rumah mereka.”

d’Omelette sering dikunjungi oleh berbagai kalangan seperti para profesional, eksekutif dan keluarga. Salah satu menu yang menjadi favorit adalah Roasted Chicken. Dalam hal standar mutu, d’Omelette mempunyai sistem yang terintegrasi agar tetap bisa konsisten. Maklum Davi adalah seorang ex-profesional berpengalaman yang bekerja dibidang keuangan serta terbiasa dengan sesuatu yang sistematis dan terstruktur.

Untuk tetap dapat memberikan kualitas terbaik dalam hal standar mutu, proses tersebut dipegang penuh oleh ownernya yang bernama Victor Teja. "Beliau sudah memiliki berbagai pengalaman dibidang perbankan yang terkenal dengan ketatnya regulasi, yang bisa diterapkan dalam menjaga stardard mutu" tambah Davi. Dalam hal standar kebersihan dan standar resep baku sudah ditentukan oleh management sehingga para kru tinggal mengikutinya saja. Beberapa bahan makanan sudah dipersiapkan terlebih dahulu kemudian disimpan dan siap diolah jika dipesan oleh pengunjung.

Jam operasional d’Omelette mengikuti jam operasional dari Mall Kota Kasablanka yaitu mulai pukul 10 pagi hingga pukul 10 malam. Kapasitas restorannya pun dapat mencapai hingga 65 orang. d’Omelette mulai ramai ketika jam makan siang dan makan malam atau ketika sedang ada event tertentu seperti Jakarta Great Sale.

Beberapa menu yang menjadi favorit disini adalah Pasta Aglio de Olio, Pan Roast Dory Fish dan Roasted Chicken. Tantangan yang sering dihadapi adalah ketika pengunjung sedang banyak dan membutuhkan proses yang cepat dan sesuai standar, cara menyiasatinya ialah team work dan disiplin bekerja sesuai sistem serta kerjasama yang baik antar bagian, sehingga dipastikan sesuatunya berjalan baik dan sesuai dengan permintaan pelanggan.

Dalam pemilihan bahan baku, pihaknya menggunakan inventory management system yang baik demi mencapai efisiensi serta yang terutama adalah menjaga mutu dan kualitas. Didalam pengembangan terhadap menu baru, semua team terlibat dalam memberikan masukan serta berani dalam berkreatifitas, Intinya harus “fun and creative” sehingga tidak pernah membatasi diri dalam berkreasi.

Pengolahan makanan pun dilakukan berdasarkan standard operating procedure serta terdapat proses control yang ketat. Selain itu kebersihan merupakan fokus yang teramat penting bagi d’Omelette, dan kru selalu menggunakan sarung tangan, penutup kepala, celemek serta menggunakan baju yang bersih dalam melakukan pengolahan makanan. Makanan dapat dikatakan berkualitas apabila benar dalam hal pengolahannya.

Nilai gizi dari makanan yang disajikan di d’Omelette ini bisa dikatakan seimbang, karena makanan western hampir mengandung semua zat gizi. “Dalam penyimpanan bahan baku sendiri harus selalu memperhatikan suhu penyimpanannya. Penempatan bahan makanan yang segar dan beku juga harus dibedakan agar tidak terjadi kontaminasi bahan makanan,” tutupnya. Adi

 

d’Omelette

Kota Kasablanka Mall, GF – FSG 07

Jl. Casablanca Raya, kav. 88. Jakarta

021-29488690

Artikel Lainnya

  • Apr 18, 2019

    Tips Memilih Whipped Cream

    hipped cream merupakan krim yang timbul di bagian atas dari susu pada waktu didiamkan atau dipisahkan, sehingga whipped cream juga disebut sebagai ‘kepala susu’.Kegagalan dalam pengolahan whipped cream biasanya ada pada suhu, pengocokan, dan perbandingan air (khusus untuk bubuk whipped cream). “Penggunaan air es dalam pengocokkan bubuk whipped cream sangat penting, karena air es tersebut membantu whipped cream mengembang secara maksimal.  ...

  • Apr 16, 2019

    Bahan-bahan yang mempengaruhi tekstur es krim

    Es krim dibuat dengan cara membekukan campuran susu, lemak hewani atau nabati, gula, dengan atau tanpa penambahan ingridien lain yang diizinkan. Bentuk dan ukuran masing-masing bahan penyusun es krim tersebut sangat menentukan kualitas es krim, terutama tekstur. Tekstur yang diinginkan pada es krim adalah lembut, creaminess (seperti kondisi kaya akan lemak) dan homogen. Sedangkan body yang diinginkan adalah firm dengan substansi padatan yang bersatu dalam bentuk buih/busa. Ketahanan es krim untuk tidak mudah meleleh juga menentukan apresiasi konsumen.   ...

  • Apr 15, 2019

    Costing Menu Honey Blended

    Honey Blended  adalah smoothie yang berbahan dasar raspberry, yoghurt, dan madu. Raspberry merupakan jenis buah yang banyak menyumbangkan manfaat untuk tubuh karena mengandung vitamin C dan magnesium yang cukup tinggi. Dipadukan dengan yogurt maka semakin melengkapi menfaat dari buah ini. ...

  • Apr 15, 2019

    Kenali Perbedaan Alergi Susu dengan Intoleransi Laktosa

    Alergi protein susu dan intoleransi laktosa merupakan dua masalah utama mengapa orang tidak dapat mengonsumsi susu. Perlu diketahui bahwa keduanya merupakan hal yang berbeda, meskipun dapat memberikan gejala yang sama. Alergi susu, biasanya yang berasal dari sapi, timbul akibat reaksi sistem kekebalan tubuh yang menganggap bahwa protein susu yang masuk ke dalam tubuh ialah zat yang berbahaya. Oleh karena itu, sistem kekebalan tubuh memberikan respon penolakan dan menghasilkan gejala alergi. Susu sapi mengandung dua jenis protein, yaitu whey dan kasein yang keduanya dapat memicu reaksi alergi.   ...

  • Apr 11, 2019

    Jenis-Jenis Susu dan Kandungan Lemaknya

    Susu sebagai bahan makanan yang mengandung zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh. Sifatnya mudah dicerna dan diserap,sehingga baik untuk dikonsumsi. Susu cair, selain dikonsumsi langsung, juga banyak digunakan sebagai bahan baku dalam industri jasa boga, seperti untuk pembuatan yoghurt, pendamping breakfast cereal, pengganti santan, dan lainnya. Di pasaran terdapat berbagai jenis susu cair. Oleh sebab itu, industri perlu membaca label untuk memilih produk susu yang sesuai dengan kebutuhan. ...