Kemeriahan Festival Pangan dan Pesta Cendawan 2013





Festival Pangan dan Pesta Cendawan merupakan acara tahunan yang diadakan di Fakultas Teknobiologi Atma Jaya. Berbeda dari tahun ajaran sebelumnya, pada 2013 ini Festival Pangan dan Pesta Cendawan tergabung dalam satu hari, dan terdiri atas Talkshow dan Food Exhibition. Acara Festival Pangan dan Pesta Cendawan yang dilangsungkan di kampus Atmajaya Jakarta pada 17 Juni lalu tersebut mendapat dukungan dari Yakult, Vitamin water, DLBS, Nutrifood, dan Sania Royale. Selain itu, acara ini juga bekerja sama dengan media partner Foodreview, Kulinologi, Kompas, dan Pesona.

 

 

Talkshow yang mengangkat tema pangan dan Anti-aging, menghadirkan Bapak Teknologi Pangan Indonesia Prof. Dr. F.G. Winarno dan ahli kuliner William Wongso. Dalam kesempatan itu, Wiliam mendemonstrasikan masak tentang pengolahan pegagan dan kenikir.

 

Dalam festival pangan Atmajaya yang mengangkat tema Anti-aging tersebut, seluruh makanan yang dimasak para mahasiswa mengandung bahan yang memiliki senyawa anti aging seperti kacang merah, ubi jalar, brokoli, alpukat, melinjo, berry, kacang hijau, dan kacang kedelai. Sedangkan pada pesta cendawan yang bertemakan Fungi Nation, makanan yang dimasak oleh para mahasiswa terbuat dari jamur tiram, jamur kuping hitam, jamur kancing, jamur enoki, jamur oncom, jamur kuping putih, dan tempe yang diolah sesuai makanan khas dari berbagai Negara seperti Arab, China, Inggris, Perancis, Korea, Hawai, Amerika, dan Jepang.

 

Acara juga dimeriahkan dengan lomba kreasi memasak untuk Mata Kuliah Teknologi Pangan. Juara pertama untuk lomba ini adalah Bravocado yaitu sajian es krim alpukat dengan topping enkapsulasi kolostrum. Juara kedua adalah Broghetti yaitu spaghetti aglio olio yang terbuat dari tepung brokoli. Juara ketiga adalah So Young, yaitu keju yang terbuat dari susu kedelai yang disajikan dengan roti. Makanan terinovatif dimenangkan oleh Mungilate, yaitu coklat yang berisi enkapsulasi alkohol hasil fermentasi dari kacang kedelai.

 

Adapun untuk mata kuliah Bioteknologi Cendawan, juara pertama dimenangkan oleh Tim Perancis yang menyajikan Cordon Bleu (Bleuricula) dan crepes (Crepignon) dari bahan dasar jamur kuping (Auricularia auricula). Juara kedua dimenangkan oleh Tim Jepang yang menyajikan katsu oncom (Onkatsu) dan dorayaki (Doramon) dengan bahan dasar Monilia sitophila (oncom). Juara ketiga dimenangkan oleh Tim China yang menyajikan Lao Shu Fen dan Mantou yang terbuat dari jamur tiram (Pleuratus ostreatus). Selain itu, stand favorit dimenangkan oleh Tim Perancis dengan dekorasi ala etalase toko.

 

Kegiatan yang rutin diselenggarakan oleh Fakultas Teknobiologi Atmajaya ini dimaksudkan untuk menjadi salah satu sarana bagi anak muda agar dapat berfikir kreatif dan termotivasi dalam menciptakan produk baru yang bermanfaat bagi kesehatan, khususnya anti-aging dan mengeksplorasi masakan dengan bahan dasar jamur. K-08

Artikel Lainnya

  • Apr 13, 2018

    Clean eating pada Menu Balita

    Clean eating pada menu balita dapat menjadi salah satu cara untuk memenuhi asupan gizi balita....

  • Apr 12, 2018

    Hidup Sehat Mencegah Penyakit Degeneratif

    Ada yang bilang, kondisi masa tua merupakan cerminan dari apa yang kita konsumsi di masa muda....

  • Apr 11, 2018

    Menyusun Menu Terpadu

    Dalam menjalankan bisnis restoran, hal-hal kecil yang luput diperhatikan dapat menyebabkan beberapa kendala yang signifikan....

  • Apr 10, 2018

    Tepat Menangani Katering

    Menangani katering berbeda dengan menangani sarapan setiap paginya....

  • Apr 10, 2018

    Fun Kitchen Festival: Sarana Informasi Kuliner Indonesia

    Memadukan cita rasa memang bukan perkara yang mudah tetapi, bukan berarti pula tidak mungkin untuk dilakukan. Dengan teknik, pengolahan, serta pengetahuan terhadap bahan yang tepat sebuah hidangan baru yang merupakan pencampuran dari dua hal yang berbeda. Tidak melulu soal rasa, pencampuran juga terkadang memberikan sentuhan pada penampilan maupun ukuran. Hal tersebutlah yang ingin diusung pada Fun Kitchen Festival yang mengangkat tema “Trend Modern and Traditional Food & Beverages 2018” acara yang diselenggarakan pada 13-18 Maret 2018 lalu di Atrium Tengah Mall Taman Anggrek ini berlangsung sangat meriah dengan dihadiri peserta  dari segala latar belakang. ...