Centro Perkenalkan Peralatan Dapur Termisil





Dunia jasa boga kini memiliki tambahan perbendaharaan peralatan dapur dengan hadirnya Termisil di Centro Departement Store. Acara perkenalan peralatan tersebut dilangsungkan di Jakarta pada 6 Juli lalu, dengan dimeriahkan oleh Chef Billy Kalangi yang memeragakan praktek memasak dengan peralatan dapur produk Termisil Bakeware.

Scesilia Febiana dari Centro menjelaskan, produk yang ia tawarkan berbahan dasar kaca brosilikat yang memiliki ketahanan terhadap panas hingga 500°C. Ketahanannya terhadap dingin yang mencapai suhu hingga -50°C membuat rangkaian produknya sesuai digunakan untuk oven, microwave, dan freezer," katanya, sembari menambahkan, produk dari Eropa ini mudah untuk dibersihkan, tidak akan tergores dan dapat dicuci menggunakan dishwasher. Selain itu, kaca brosilikat yang digunakan disesuaikan dengan standar laboratorium, sehingga membuatnya aman digunakan untuk makanan, dan tidak berbau.

Dalan kesempatan itu, Billy mendemonstrasikan resep cara membuat masakan khas Kalimantan Selatan yaitu Ayam Masak Habang dan Klapertart Keju Kismis. Untuk masakan ayam masak habang, Billy menjelaskan bahan-bahan yang perlu disiapkan, yakni 1 ekor ayam kampung dengan ukuran 800-1000gr, dan dipotong menjadi 12 bagian, 1 buah jeruk nipis, 5 butir cengkeh, 3 cm kayu manis, 2 buah tomat, dipotong-potong,2 sendok teh kecap manis, 2 sendok teh gula merah, 2 batang daun bawang, potong-potong, 4 sendok makan lengkuas parut, serta garam dan lada secukupnya. Siapkan juga 3 sendok makan minyak untuk menumis.

Adapun bumbu halus yang harus disiapkan yakni, 15 buah cabai merah kering, 10 buah rawit merah,5 cabe merah besar,1 buah tomat segar, 6 siung bawang putih, 10 butir bawang merah, 1⁄2 sendok teh terasi, 1 batang serai,2 cm jahe, 3 butir kemiri, sangrai garam secukupnya.

Cara membuat masakan ini, jelas Billy yakni, lumuri ayam dengan perasan jeruk nipis dan garam, lalu diamkan 5 menit. Setelah itu tumis bumbu halus sampai harum, angkat, dan sisihkan. Campurkan ayam dengan bumbu halus yang telah di tumis, tambahkan air secukupnya, cengkeh, kayu manis, kecap manis, gula merah dan garam, campur hingga rata dalam wadah yang telah disiapkan. Setelah itu, tambahkan dengan lengkuas, daun bawang dan potongan tomat, tutup dengan cover pinggan.
Masukan dalam oven, masak dengan suhu 200 derajat celcius C selama 45 menit. Jika ayam sudah empuk, angkat beri hiasan dan sajikan. sekar

 

Artikel Lainnya

  • Okt 06, 2018

    Tren Specialty Tea Indonesia

    Specialty tea merupakan teh berkualitas tinggi yang dibuat dari pucuk muda tanaman teh....

  • Okt 06, 2018

    Menu Engineering dalam Bisnis Waralaba

    Menjalankan waralaba tentu diperlukan beberapa aspek yang menyertai....

  • Okt 04, 2018

    Konsep Baru Industri Horeka Indonesia

    Perkembangan industri jasa boga saat ini semakin intensif di Indonesia....

  • Okt 01, 2018

    Pameran Bisnis Waralaba & Kafe Terbesar di tahun 2018

    Gaya hidup masyarakat Indonesia saat ini dan pertumbuhan ekonomi kelas menengah mendorong kinerja industri pengolahan kopi di dalam negeri hingga mengalami peningkatan yang signifikan. Kopi Indonesia banyak digemari dan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Indonesia. Salah satu cara modern untuk menikmati kopi adalah dengan datang ke kafe. Pertumbuhan konsumsi produk kopi olahan di dalam negeri meningkat rata-rata lebih dari 7% pertahun. Melihat hal tersebut, tidak mengherankan apabila perkembangan bisnis kafe di Indonesia begitu menjanjikan. Kafe kini bukan hanya sebagai tempat untuk menikmati kopi namun telah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat Indonesia. ...

  • Sep 22, 2018

    Sehat Tidak Selalu Tidak Enak

    Paradigma terhadap makanan yang menyehatkan masih erat dengan rasa yang tidak enak dan tidak menarik untuk dikonsumsi. Guna mendobrak paradigma tersebut, diperlukan usaha dari para pelaku kepentingan seperti praktisi kesehatan, pelaku kuliner, dan juga konsumen sebagai target utama mengubah paradigma tersebut. ...