Mengonsumsi Produk Mengandung Probiotik Bantu Cegah Diare





Probiotik merupakan mikroorganisme hidup yang dikonsumsi secara cukup dapat memberikan efek baik pada kesehatan. Probiotik dapat membantu menjaga bakteri baik yang bisa melakukan penghambatan perkembangan bakteri jahat, menurunkan resiko penyakit seperti gangguan pencernaan dan membantu meningkatkan sistem imunitas. Hal tersebut dibahas dalam Seminar Nasional Pangan dan Gizi di Jakarta pada 26  Juni lalu. 

 

Rina Agustina, MD, PhD, Pengurus Persatuan Dokter Gizi Medik Indonesia (PDGMI) dalam acara itu mengatakan,  produk probiotik yang mengandung bakteri Lactobasilus casei dapat mencegah alergi, sedangkan produk yag mengandung Lactobasillus reuteri dapat membantu menyembuhkan diare dan membantu pertumbuhan. Prof. Patricia Conway, PhD, Guru Besar Universitas New South Wales menambahkan, pemberian Air Susu Ibu (ASI) selama enam bulan awal pertama tidak boleh terlewatkan, karena kandungan probiotik yang ada dalam ASI sangat dibutuhkan oleh bayi guna mempersiapkan usus bayi untuk makanan pada tahap selanjutnya. Selain pada bayi, adanya probiotik pada produk produk susu untuk ibu hamil juga akan berpengaruh baik pada ibu maupun pada bayi yang nanti akan dilahirkan. 

 

Sementara itu Prof. Agus Firmasyah, Guru Besar Bagian Anak Fakultas Kedokteran UI mengatakan bahwa gangguan kinerja usus dapat menjadi faktor meningkatnya gangguan bakteri, sehingga menyebabkan kurangnya penyerapan zat gizi, sehingga terjadi diare. "Penambahan konsumsi probiotik dapat mengurangi dampak dari faktor tersebut," kata Agus.

 

Agus yang pernah meneliti sekelompok anak usia remaja mengonsumsi susu full cream saja, menunjukkan adanya kasus sakit perut dan diare. Akan tetapi jika ditambahkan probiotik ke dalam susu akan mengurangi resiko tersebut. Hal ini disebabkan probiotik dapat membantu memperbaiki membran usus, dan membantu menekan kejadian diare. "Probiotik membantu dengan cara menghasilkan bahan anti mikroba, menstimulasi sistem imun serta menstimulasi sekresi usus untuk membentuk jaringan perlindungan usus," kata Agus Firmansyah.

 

Untuk mendapatkan manfaat dari probiotik, kita bisa mendapatkannya melalui beberapa makanan yang saat ini sudah ditambahkan probiotik. Bisa dengan mengkosumsi yoghurt, suplemen yang mengandung probiotik, susu fermentasi, maupun susu bubuk yang sudah ditambahkan dengan probiotik. Selain itu, mengosumsi salah satu makanan tradisional yang berasal dari Sumatera Barat yaitu dadiah atau dadih juga bisa menjadi salah satu cara untuk mendapatkan manfaat probiotik. nofia

Artikel Lainnya

  • Jul 16, 2018

    Promosi Hotel, Restoran dan Katering Indonesia dengan Kopi

    Keberhasilan Pameran Hotelex yang telah diselenggarakan di sepuluh negara Asia menjadi salah satu alasan kuat PT Pamerindo Indonesia untuk mengadakan Pameran Hotelex Indonesia pada 18-20 Juli 2018 mendatang di Jakarta International Expo. "Pameran ini merupakan pameran business to business. Kami harapkan Pameran Hotelex Indonesia akan dikunjungi oleh lebih dari 12.000 pengunjung yang merupakan para pelaku industri hotel, restoran dan katering," tutur Project Director PT Pamerindo Indonesia, Wiwik Roberto dalam konferensi pers Hotelex Indonesia di Jakarta pada 6 Juli 2018. ...

  • Jun 29, 2018

    Tepat Menggunakan Rempah

    Berbagai rempah memiliki variasi komponen kimiawi yang berperan dalam pembentukan profil flavornya....

  • Jun 28, 2018

    Manfaat Rempah Bagi Kesehatan

    Berbagai rempah dan bumbu dapur yang selama ini dekat dengan...

  • Jun 27, 2018

    Mengenal Kunyit

    Kunyit merupakan salah satu suku tanaman temu-temuan (Zingiberaceae)....

  • Jun 26, 2018

    Rupa dan Jenis Salad

    Salad merupakan makanan pembuka yang bertujuan untuk menambah selera makan yang mengonsumsinya....