Mari Membuat Mie Basah





Mungkin Anda sudah terbiasa mengonsumsi mi basah yang bisa diperoleh di berbagai macam rumah makan atau restoran dimana saja. Tetapi pernahkah mencoba untuk membuatnya sendiri? Chef Hamza, ahli kuliner dari PT. Eastern Pearl Flour Mills, berbagi kiat membuat mie basah dengan tekstur yang kenyal dan tidak lengket, dalam kegiatan Eastfood Indonesia di Surabaya pada 13-16 Juni lalu. 

 

“Sebenarnya membuat mie basah ini tidak terlalu sulit,” kata Hamza sembari menambahkan, bahan penyusun mie basah ini  tidak sulit, yaitu cukup menggunakan air, tepung terigu protein tinggi, soda kue, dan garam. Dalam membuat mie basah, yang perlu diperhatikan adalah komposisi bahan penyusunnya. Untuk menghasilkan mie dengan tekstur yang sempurna, ia mengungkapkan bahwa komposisi air cukup berkisar antara 35-38% dari komposisi tepung terigu yang digunakan dan penggunaan garam cukup 1% saja.

 

Penggunaan soda kue dalam adonan ini pun hanya 0,4% dari komposisi adonan. Soda kue dalam pembuatan mie basah ini tidak hanya berguna sebagai pengembang saja. Adanya soda kue dalam adonan mie membuat mie dapat terapung ketika direbus dalam air. Terapungnya mie basah ketika direbus merupakan indikator bahwa mie basah sudah matang.

 

Adapun proses membuat mie yakni, dengan mencampur rata semua bahan kemudian dimasukkan ke dalam plastik hingga bahan menjadi keram. Setelah dikeram, bahan dibiarkan selama kurang lebih 5 menit dan kemudian siap dicetak. Untuk mencetak adonan mie basah ini pun Anda bisa menggunakan mesian adonan mie manual yang bisa diperoleh di toko kue.

 

Berdasarkan komposisi yang sudah dijelaskan tersebut, sebenarnya mudah saja untuk mengkreasikan mie basah menjadi sesuatu yang inovatif. Jika ingin menggunakan telur dalam adonan, maka diseimbangkan antara telur dan komposisi air. Fungsi telur dalam adonan ini pun untuk menggantikan air dan supaya mie basah dapat berwarna kuning. Hal ini dimaksudkan agar mie tidak terlalu lembek atau terlalu keras.

 

Hal yang serupa juga dilakukan ketika ingin membuat mie basah hijau dari daun bayam. Komposisi air dalam adonan ini bisa digantikan dengan bayam yang dijus terlebih dahulu. Jika komposisi air yang harus digunakan adalah 150 gram, maka jika ingin membuat mie basah hijau, maka  bisa menggunakan 100 gram air dan 50 gram jus bayam. Yang harus diingat, mie basah ini hanya bisa awet selama satu hari satu malam. Jika sudah lebih lama dari waktu tersebut, maka warna mie basah akan berubah menjadi lebih kelam dan teksturnya pun sudah tidak kenyal lagi. putri

Artikel Lainnya

  • Jul 24, 2018

    Tren Keju dalam Produk Pangan Indonesia

    Tren keju seakan tidak pernah ada habisnya. Meskipun bukan produk dan ingridien asli Indonesia, tetapi masyarakat Indonesia sangat akrab dengan cita rasa keju di berbagai produk pangan. Meningkatnya animo pasar dengan keju ini tentu harus disambut dengan inovasi produk pangan yang inovatif.  ...

  • Jul 16, 2018

    Promosi Hotel, Restoran dan Katering Indonesia dengan Kopi

    Keberhasilan Pameran Hotelex yang telah diselenggarakan di sepuluh negara Asia menjadi salah satu alasan kuat PT Pamerindo Indonesia untuk mengadakan Pameran Hotelex Indonesia pada 18-20 Juli 2018 mendatang di Jakarta International Expo. "Pameran ini merupakan pameran business to business. Kami harapkan Pameran Hotelex Indonesia akan dikunjungi oleh lebih dari 12.000 pengunjung yang merupakan para pelaku industri hotel, restoran dan katering," tutur Project Director PT Pamerindo Indonesia, Wiwik Roberto dalam konferensi pers Hotelex Indonesia di Jakarta pada 6 Juli 2018. ...

  • Jun 29, 2018

    Tepat Menggunakan Rempah

    Berbagai rempah memiliki variasi komponen kimiawi yang berperan dalam pembentukan profil flavornya....

  • Jun 28, 2018

    Manfaat Rempah Bagi Kesehatan

    Berbagai rempah dan bumbu dapur yang selama ini dekat dengan...

  • Jun 27, 2018

    Mengenal Kunyit

    Kunyit merupakan salah satu suku tanaman temu-temuan (Zingiberaceae)....