Mari Membuat Mie Basah





Mungkin Anda sudah terbiasa mengonsumsi mi basah yang bisa diperoleh di berbagai macam rumah makan atau restoran dimana saja. Tetapi pernahkah mencoba untuk membuatnya sendiri? Chef Hamza, ahli kuliner dari PT. Eastern Pearl Flour Mills, berbagi kiat membuat mie basah dengan tekstur yang kenyal dan tidak lengket, dalam kegiatan Eastfood Indonesia di Surabaya pada 13-16 Juni lalu. 

 

“Sebenarnya membuat mie basah ini tidak terlalu sulit,” kata Hamza sembari menambahkan, bahan penyusun mie basah ini  tidak sulit, yaitu cukup menggunakan air, tepung terigu protein tinggi, soda kue, dan garam. Dalam membuat mie basah, yang perlu diperhatikan adalah komposisi bahan penyusunnya. Untuk menghasilkan mie dengan tekstur yang sempurna, ia mengungkapkan bahwa komposisi air cukup berkisar antara 35-38% dari komposisi tepung terigu yang digunakan dan penggunaan garam cukup 1% saja.

 

Penggunaan soda kue dalam adonan ini pun hanya 0,4% dari komposisi adonan. Soda kue dalam pembuatan mie basah ini tidak hanya berguna sebagai pengembang saja. Adanya soda kue dalam adonan mie membuat mie dapat terapung ketika direbus dalam air. Terapungnya mie basah ketika direbus merupakan indikator bahwa mie basah sudah matang.

 

Adapun proses membuat mie yakni, dengan mencampur rata semua bahan kemudian dimasukkan ke dalam plastik hingga bahan menjadi keram. Setelah dikeram, bahan dibiarkan selama kurang lebih 5 menit dan kemudian siap dicetak. Untuk mencetak adonan mie basah ini pun Anda bisa menggunakan mesian adonan mie manual yang bisa diperoleh di toko kue.

 

Berdasarkan komposisi yang sudah dijelaskan tersebut, sebenarnya mudah saja untuk mengkreasikan mie basah menjadi sesuatu yang inovatif. Jika ingin menggunakan telur dalam adonan, maka diseimbangkan antara telur dan komposisi air. Fungsi telur dalam adonan ini pun untuk menggantikan air dan supaya mie basah dapat berwarna kuning. Hal ini dimaksudkan agar mie tidak terlalu lembek atau terlalu keras.

 

Hal yang serupa juga dilakukan ketika ingin membuat mie basah hijau dari daun bayam. Komposisi air dalam adonan ini bisa digantikan dengan bayam yang dijus terlebih dahulu. Jika komposisi air yang harus digunakan adalah 150 gram, maka jika ingin membuat mie basah hijau, maka  bisa menggunakan 100 gram air dan 50 gram jus bayam. Yang harus diingat, mie basah ini hanya bisa awet selama satu hari satu malam. Jika sudah lebih lama dari waktu tersebut, maka warna mie basah akan berubah menjadi lebih kelam dan teksturnya pun sudah tidak kenyal lagi. putri

Artikel Lainnya

  • Okt 06, 2018

    Tren Specialty Tea Indonesia

    Specialty tea merupakan teh berkualitas tinggi yang dibuat dari pucuk muda tanaman teh....

  • Okt 06, 2018

    Menu Engineering dalam Bisnis Waralaba

    Menjalankan waralaba tentu diperlukan beberapa aspek yang menyertai....

  • Okt 04, 2018

    Konsep Baru Industri Horeka Indonesia

    Perkembangan industri jasa boga saat ini semakin intensif di Indonesia....

  • Okt 01, 2018

    Pameran Bisnis Waralaba & Kafe Terbesar di tahun 2018

    Gaya hidup masyarakat Indonesia saat ini dan pertumbuhan ekonomi kelas menengah mendorong kinerja industri pengolahan kopi di dalam negeri hingga mengalami peningkatan yang signifikan. Kopi Indonesia banyak digemari dan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Indonesia. Salah satu cara modern untuk menikmati kopi adalah dengan datang ke kafe. Pertumbuhan konsumsi produk kopi olahan di dalam negeri meningkat rata-rata lebih dari 7% pertahun. Melihat hal tersebut, tidak mengherankan apabila perkembangan bisnis kafe di Indonesia begitu menjanjikan. Kafe kini bukan hanya sebagai tempat untuk menikmati kopi namun telah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat Indonesia. ...

  • Sep 22, 2018

    Sehat Tidak Selalu Tidak Enak

    Paradigma terhadap makanan yang menyehatkan masih erat dengan rasa yang tidak enak dan tidak menarik untuk dikonsumsi. Guna mendobrak paradigma tersebut, diperlukan usaha dari para pelaku kepentingan seperti praktisi kesehatan, pelaku kuliner, dan juga konsumen sebagai target utama mengubah paradigma tersebut. ...