Kompetisi Khusus Barista Indonesia





 

Jika mampir ke café atau coffee shop, biasanya akan ada orang yang membuatkan pesanan kopi. Dialah yang disebut barista. Barista adalah seseorang yang bekerja dibelakang layar sebuah coffee shop, menyajikan baik minuman dingin ataupun minuman panas yang terbuat dari kopi. Saat ini seiring munculnya café dan coffee shop di Indonesia, profesi barista pun mulai dilirik.

Sebagai wujud penghargaan terhadap profesi barista, hadirlah event IBC (Indonesian Barista Competition) yang sudah menyelenggarakan event kali ketiganya. Untuk kesempatan kali ini, Indonesia mendapatkan persetujuan untuk mengirimkan pemenang Indonesian Barista Competition ke tingkat internasional yang akan di selenggarakan di Melbourne, Australia.

Seperti yang dijelaskan oleh Veronica Herlina selaku Ketua Panitia Indonesian Barista Competition, “Sebelumnya kita sudah sering menyelenggarakan kompetisi yang sama namun belum bertaraf nasional.” Seiring perjalanannya, IBC terus menunjukan peningkatan peserta dan kualitas pertandingannya.

Dalam menjaring peserta, dilakukan babak eliminasi di lima kota besar di Indonesia, yaitu Bali, Surabaya, Yogyakarta, Bandung dan Jakarta. Setiap kota akan tersaring 30 orang untuk masuk ke babak grand final. Khusus untuk Jakarta dipilih 60 orang, “Di Jakarta saat ini sudah banyak sekali cafe, coffee shop  maupun restoran yang menyediakan kopi sehingga kita khususkan untuk kota Jakarta hingga 60 orang,” tambahnya.

Dalam kompetisi ini, satu orang barista disediakan waktu selama 45 menit untuk menyajikan karya mereka. Selama waktu itu harus bisa menyajikan 4 espresso, 4 cappucino dan 4 signature drink yang boleh menggunakan apa saja selain alkohol. “Saat ini tidak hanya profesi sebagai barista yang sedang di gandrungi, tetapi produk kopinya pun sedang meningkat,” terangnya.

Kopi yang digunakan peserta dibebaskan oleh panitia namun pada saat presentasi harus menyebutkan kopi apa yang digunakan, darimana asalnya dan alasan mengapa menggunakan kopi jenis itu. Peserta yang mengikuti kompetisi ini pun diikuti oleh beragam orang, “Peserta yang ikut kompetisi ada yang perorangan, dari hotel, café hingga hanya pecinta kopi saja,” ujarnya.

Penilaian dilakukan berdasarkan rasa kopi yang dihasilkan, kebersihan saat bekerja, pemakaian peralatan apakah sesuai dan efektif dan cara mempresentasikan kopi buatannya. “Ada beberapa peserta yang mampu menjelaskan dengan bahasa inggris sehingga Indonesia bisa dikatakan siap untuk event internasional,” tambahnya.

Satu peserta akan dinilai oleh tujuh orang juri. Saat grand final 50% juri akan didatangkan dari luar negeri dan 50% juri dalam negeri. Hampir 90% peserta menggunakan kopi Indonesia, nantinya akan dipilih 3 peserta yang akan dikirim ke luar negeri untuk mengikuti kompetisi internasional. Adi  

Artikel Lainnya

  • Jul 24, 2018

    Tren Keju dalam Produk Pangan Indonesia

    Tren keju seakan tidak pernah ada habisnya. Meskipun bukan produk dan ingridien asli Indonesia, tetapi masyarakat Indonesia sangat akrab dengan cita rasa keju di berbagai produk pangan. Meningkatnya animo pasar dengan keju ini tentu harus disambut dengan inovasi produk pangan yang inovatif.  ...

  • Jul 24, 2018

    Jaminan Kualitas Daging Kurban di Momen Hari Raya Idul Adha

    Hari Raya Idul Adha merupakan salah satu momen penting bagi umat muslim. Pada hari tersebut dilaksanakan penyembelihan hewan kurban sebagai suatu rangkaian ibadah. Di Indonesia, proses penyembelihan hewan kurban masih memerlukan banyak perbaikan karena kriteria hewan sembelihan kurban lebih tinggi daripada hewan sembelihan di hari-hari yang lain. Diperlukan proses penatalaksanaan yang baik mulai dari sejak sebelum hewan disembelih hingga daging sembelihan didistribusikan kepada orang-orang yang berhak menerimanya....

  • Jul 16, 2018

    Promosi Hotel, Restoran dan Katering Indonesia dengan Kopi

    Keberhasilan Pameran Hotelex yang telah diselenggarakan di sepuluh negara Asia menjadi salah satu alasan kuat PT Pamerindo Indonesia untuk mengadakan Pameran Hotelex Indonesia pada 18-20 Juli 2018 mendatang di Jakarta International Expo. "Pameran ini merupakan pameran business to business. Kami harapkan Pameran Hotelex Indonesia akan dikunjungi oleh lebih dari 12.000 pengunjung yang merupakan para pelaku industri hotel, restoran dan katering," tutur Project Director PT Pamerindo Indonesia, Wiwik Roberto dalam konferensi pers Hotelex Indonesia di Jakarta pada 6 Juli 2018. ...

  • Jun 29, 2018

    Tepat Menggunakan Rempah

    Berbagai rempah memiliki variasi komponen kimiawi yang berperan dalam pembentukan profil flavornya....

  • Jun 28, 2018

    Manfaat Rempah Bagi Kesehatan

    Berbagai rempah dan bumbu dapur yang selama ini dekat dengan...