Gelato vs Es Krim




 

Selama ini, banyak yang beranggapan bahwa gelato adalah es krim Italia.  Namun nyatanya keduanya berbeda.   Hal tersebut diungkapkan oleh Chef Roberto Lobrano dari Gelato University Italia.  “Gelato bukan es krim, karena berbeda dari segi ingridien dan proses pengolahannya,” ungkapnya di booth Lotus Food Services dalam Pameran Food and Hotel Indonesia (10/04) di Jakarta International Expo Kemayoran. 

Dari segi komposisi, Roberto menjelaskan bahwa kandungan lemak gelato lebih  rendah dibandingkan es krim.  “Gelato bersifat lebih ringan dibandingkan es krim, karena kandungan lemaknya berkisar 3-10%.  Sedangkan es krim mencapai 10-30%,” tuturnya.  Selain itu, nilai over run gelato hanya berkisar 25-45%, es krim mencapai 60-110%.

Sedangkan gula dalam gelato berjumlah 14-24%.  “Ingridien ini sangat penting, karena selain memberikan rasa, gula juga dapat berperan sebagai anti freezing agent,” ujarnya.  Selain itu, ditambahkan pula milk solid non fat (7-11%) dan padatan lainnya (0.5%).

Secara proses, terdapat tiga tahapan utama dalam pembuatan gelato.  Menurut Roberto, tahap pertama adalah pencampuran bahan cair.  Kemudian diikuti dengan pemberian flavor pada campuran tersebut.  Tahap terakhir adalah memasukkannya kedalam mesin. 

Tidak membutuhkan waktu lama untuk proses pembuatannya.  Hanya dalam beberapa menit, gelato yang nikmat sudah siap untuk disantap.  @hendryfri

Artikel Lainnya