Perkembangan Mesin Kasir Saat Ini





 

Dalam perkembangan zaman seperti saat ini, pengusaha restoran atau toko swalayan membutuhkan mesin kasir untuk membantu pendataan barang yang masuk atau keluar dengan sederhana dan cepat. Seperti yang dihadirkan oleh PT. Data Retail Solution yang menawarkan produk hardware dari IBM dan software dari Datadigi.

“Kita menjual mesin kasir untuk berbagai jenis toko, seperti jenis touch screen yang sudah digunakan di gerai salah satu fast food di Indonesia dan yang non touch screen banyak digunakan oleh minimarket dan supermarket,” jelas Drajat J. Santoso selaku Hospitality Consultant. Menggunakan mesin kasir seperti ini tidak perlu memiliki perusahaan besar, UKM pun dapat menggunakan produk ini.

Dalam kesempatan kali ini, mereka menggunakan kesempatan ini untuk memperkenalkan produk mereka bagi wilayah Makassar. “Produk kami dirancang tahan untuk jangka waktu 7 sampai 10 tahun, biasanya produk lain setelah 3 bulan mulai ada kerusakan, produk kami dirancang untuk pemakaian ekstrim misalkan di restoran tertumpah minuman pun tidak masalah,” tambahnya.

Jika ada produk baru yang dirilis, maka akan selalu mereka tawarkan kepada para pelanggannya. Menurutnya, “Saat ini sudah cukup banyak restoran yang berkembang, namun belum mempunyai konsep yang baik, tinggal penanganan lebih lanjutnya saja,” variasi harga produk touch screen bisa mencapai Rp. 25.000.000 dan non touch screen mencapai Rp. 17.000.000.

Hampir sama dengan PT. Data Retail Solution, Posiflex juga menghadirkan jenis mesin kasir untuk restoran dan hospitality. “Saat ini kita sudah sukses di Amerika dan Eropa dan saat ini sedang mengincar pasar Asia Tenggara,” buka Sofwan Saihani selaku Account Manager dari PT. Flexipos Mitra Abadi.

Dengan target pasar meliputi retail seperti toko kelontong dan middle untuk super market dan hyper market. “Pada tahun 2005, makin banyak masyarakat yang menggunakan mesin touch screen, dan memang membuat lebih efisien dalam transaksi,” tambahnya. Dalam pembuatan produk hardware, Posiflex sudah memikirkan jauh kedepan bagaimana perkembangan hardware nantinya.

Saat ini dalam restoran sudah banyak yang menggunakan Station Cashier dan Station Order dimana petugas kasir dapat melakukan dua aktifitas untuk pembayaran dan pemesanan. “Target pameran kali ini masih tahap perkenalan saja, jika masyarakat Makassar membutuhkan mesin kasir, kami siap membantu, karena dari pengamatan saya, mereka masih sebatas tahu saja kalau sudah banyak orang yang menggunakan produk seperti ini, namun mereka belum berani menggunakan sendiri,” jelasnya.

Posiflex yang pertama kali mengeluarkan produk mesin kasir touch screen yang tidak menggunakan fan processor sehingga tidak akan terdengar bunyi kipas dari dalam mesin tersebut. Cocok untuk digunakan di area outdoor. Dan jika memiliki masalah dengan software, pelanggan hanya membutuhkan koneksi internet saja dan kerusakan tersebut dapat mereka selesaikan dari kantor mereka sehingga dapat menghemat waktu dan pengeluaran. Adi 

Artikel Lainnya

  • Apr 13, 2018

    Clean eating pada Menu Balita

    Clean eating pada menu balita dapat menjadi salah satu cara untuk memenuhi asupan gizi balita....

  • Apr 12, 2018

    Hidup Sehat Mencegah Penyakit Degeneratif

    Ada yang bilang, kondisi masa tua merupakan cerminan dari apa yang kita konsumsi di masa muda....

  • Apr 11, 2018

    Menyusun Menu Terpadu

    Dalam menjalankan bisnis restoran, hal-hal kecil yang luput diperhatikan dapat menyebabkan beberapa kendala yang signifikan....

  • Apr 10, 2018

    Tepat Menangani Katering

    Menangani katering berbeda dengan menangani sarapan setiap paginya....

  • Apr 10, 2018

    Fun Kitchen Festival: Sarana Informasi Kuliner Indonesia

    Memadukan cita rasa memang bukan perkara yang mudah tetapi, bukan berarti pula tidak mungkin untuk dilakukan. Dengan teknik, pengolahan, serta pengetahuan terhadap bahan yang tepat sebuah hidangan baru yang merupakan pencampuran dari dua hal yang berbeda. Tidak melulu soal rasa, pencampuran juga terkadang memberikan sentuhan pada penampilan maupun ukuran. Hal tersebutlah yang ingin diusung pada Fun Kitchen Festival yang mengangkat tema “Trend Modern and Traditional Food & Beverages 2018” acara yang diselenggarakan pada 13-18 Maret 2018 lalu di Atrium Tengah Mall Taman Anggrek ini berlangsung sangat meriah dengan dihadiri peserta  dari segala latar belakang. ...