Perkembangan Mesin Kasir Saat Ini





 

Dalam perkembangan zaman seperti saat ini, pengusaha restoran atau toko swalayan membutuhkan mesin kasir untuk membantu pendataan barang yang masuk atau keluar dengan sederhana dan cepat. Seperti yang dihadirkan oleh PT. Data Retail Solution yang menawarkan produk hardware dari IBM dan software dari Datadigi.

“Kita menjual mesin kasir untuk berbagai jenis toko, seperti jenis touch screen yang sudah digunakan di gerai salah satu fast food di Indonesia dan yang non touch screen banyak digunakan oleh minimarket dan supermarket,” jelas Drajat J. Santoso selaku Hospitality Consultant. Menggunakan mesin kasir seperti ini tidak perlu memiliki perusahaan besar, UKM pun dapat menggunakan produk ini.

Dalam kesempatan kali ini, mereka menggunakan kesempatan ini untuk memperkenalkan produk mereka bagi wilayah Makassar. “Produk kami dirancang tahan untuk jangka waktu 7 sampai 10 tahun, biasanya produk lain setelah 3 bulan mulai ada kerusakan, produk kami dirancang untuk pemakaian ekstrim misalkan di restoran tertumpah minuman pun tidak masalah,” tambahnya.

Jika ada produk baru yang dirilis, maka akan selalu mereka tawarkan kepada para pelanggannya. Menurutnya, “Saat ini sudah cukup banyak restoran yang berkembang, namun belum mempunyai konsep yang baik, tinggal penanganan lebih lanjutnya saja,” variasi harga produk touch screen bisa mencapai Rp. 25.000.000 dan non touch screen mencapai Rp. 17.000.000.

Hampir sama dengan PT. Data Retail Solution, Posiflex juga menghadirkan jenis mesin kasir untuk restoran dan hospitality. “Saat ini kita sudah sukses di Amerika dan Eropa dan saat ini sedang mengincar pasar Asia Tenggara,” buka Sofwan Saihani selaku Account Manager dari PT. Flexipos Mitra Abadi.

Dengan target pasar meliputi retail seperti toko kelontong dan middle untuk super market dan hyper market. “Pada tahun 2005, makin banyak masyarakat yang menggunakan mesin touch screen, dan memang membuat lebih efisien dalam transaksi,” tambahnya. Dalam pembuatan produk hardware, Posiflex sudah memikirkan jauh kedepan bagaimana perkembangan hardware nantinya.

Saat ini dalam restoran sudah banyak yang menggunakan Station Cashier dan Station Order dimana petugas kasir dapat melakukan dua aktifitas untuk pembayaran dan pemesanan. “Target pameran kali ini masih tahap perkenalan saja, jika masyarakat Makassar membutuhkan mesin kasir, kami siap membantu, karena dari pengamatan saya, mereka masih sebatas tahu saja kalau sudah banyak orang yang menggunakan produk seperti ini, namun mereka belum berani menggunakan sendiri,” jelasnya.

Posiflex yang pertama kali mengeluarkan produk mesin kasir touch screen yang tidak menggunakan fan processor sehingga tidak akan terdengar bunyi kipas dari dalam mesin tersebut. Cocok untuk digunakan di area outdoor. Dan jika memiliki masalah dengan software, pelanggan hanya membutuhkan koneksi internet saja dan kerusakan tersebut dapat mereka selesaikan dari kantor mereka sehingga dapat menghemat waktu dan pengeluaran. Adi 

Artikel Lainnya

  • Okt 06, 2018

    Tren Specialty Tea Indonesia

    Specialty tea merupakan teh berkualitas tinggi yang dibuat dari pucuk muda tanaman teh....

  • Okt 06, 2018

    Menu Engineering dalam Bisnis Waralaba

    Menjalankan waralaba tentu diperlukan beberapa aspek yang menyertai....

  • Okt 04, 2018

    Konsep Baru Industri Horeka Indonesia

    Perkembangan industri jasa boga saat ini semakin intensif di Indonesia....

  • Okt 01, 2018

    Pameran Bisnis Waralaba & Kafe Terbesar di tahun 2018

    Gaya hidup masyarakat Indonesia saat ini dan pertumbuhan ekonomi kelas menengah mendorong kinerja industri pengolahan kopi di dalam negeri hingga mengalami peningkatan yang signifikan. Kopi Indonesia banyak digemari dan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Indonesia. Salah satu cara modern untuk menikmati kopi adalah dengan datang ke kafe. Pertumbuhan konsumsi produk kopi olahan di dalam negeri meningkat rata-rata lebih dari 7% pertahun. Melihat hal tersebut, tidak mengherankan apabila perkembangan bisnis kafe di Indonesia begitu menjanjikan. Kafe kini bukan hanya sebagai tempat untuk menikmati kopi namun telah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat Indonesia. ...

  • Sep 22, 2018

    Sehat Tidak Selalu Tidak Enak

    Paradigma terhadap makanan yang menyehatkan masih erat dengan rasa yang tidak enak dan tidak menarik untuk dikonsumsi. Guna mendobrak paradigma tersebut, diperlukan usaha dari para pelaku kepentingan seperti praktisi kesehatan, pelaku kuliner, dan juga konsumen sebagai target utama mengubah paradigma tersebut. ...