Kembali Digelar, Bogor Organic Fair 2013





 

Perhelatan akbar Bogor Organic Fair Ketiga dan Festival Herbal Indonesia (BOF 3 & FHI) akan berlangsung kembali di Bogor, Jawa Barat, 22-23 Juni 2013 mendatang. Tahun ini mengambil tema Organic as Indonesia Heritage (Organik sebagai Warisan Budaya Indonesia). Aliansi Organis Indonesia (AOI) bekerjasama dengan Pemerintah Kota Bogor dan Asosiasi Kewirausahaan Sosial (AKSI) menyelenggarakan BOF 3 & FHI dengan dukungan para pihak baik dari pemerintah, akademisi, tokoh nasional dan internasional, sponsor, media partner serta berbagai komunitas pemerhati organik dan ramah lingkungan.

“Bogor Organic Fair Ketiga dan Festival Herbal Indonesia (BOF 3 & FHI) 2013 akan menyuguhkan berbagai jenis produk dan jasa berasal dari berbagai daerah di Indonesia, bahwa produk organik merupakan warisan budaya Indonesia, yang menjadi gaya hidup masa depan,” kata Sucipto Kusumo Saputro, Ketua Pelaksana BOF 3 & FHI di Bogor, Jawa Barat, 25 Maret 2013.

“Expo kali ini akan memberikan gambaran gamblang pada masyarakat luas bahwa teknologi leluhur kita merupakan teknologi yang ramah sosial, lingkungan dan ekonomi,” lanjutnya.

BOF 3 & FHI 2013 menargetkan 7.000 orang mengunjungi pameran ini. Selain  menyuguhkan bermacam produk organik dan herbal, BOF 3 & FHI 2013 juga menampilkan bermacam acara bertaraf nasional dan internasional dengan narasumber ternama seperti Rhenald Kasali,Sandiaga S.Uno dan Andrew Leu-Presiden IFOAM.

 

Berbagai acara akan digelar, diantaranya Seminar/Workshop Internasional " Trade Policy and Regulation on the Organic agricultural in Asia", Lomba Karya Tulis Ilmiah "Teknologi Pertanian Organik",  Tur Organik: "Baduy dan Kearifannya yang Tak Lekang Oleh Waktu",  Festival Delman dan Karnaval Petani,  Talk Show "Bisnis Herbal dan Tantangannya di Indonesia",  Workshop "Membatik dengan Pewarna Alami",  Lomba Melukis & Mewarnai: "Melukis dengan Pewarna AlamiYuk…",  Festival Buah dan Tanaman Eksotis, Wahana Permainan Tradisional,  Uji Cita Rasa: Cicip, Cecap, Cerap Kopi, Teh, dan Cokelat Organik, Museum Pertanian Indonesia, Seminar Nasional: "Peran dan Kebijakan Pemerintah Daerah dalam Program Pertanian Organik di Indonesia , Hiburan: Cakra Khan, Homogenic, Pertunjukan Musik Nusantara, Kabaret Dance + Rampak Kendang, Makan Besar Organik, Workshop Bambu: "Bambu dan Segala Manfaatnya", Senam santai (fun Aerobic), Organic Youth Camp: "Yang Muda Yang Organik".

 

Menurut Rasdi Wangsa sebagai Direktur Program AOI, pasar organik Indonesia menunjukkan peningkatan sekitar 5 % per tahun dengan nilai penjualan sekitarr 10 milyar. AOI sebagai organisasi yang mengemban mandat untuk mempromosikan pertanian organik dan memfasilitasi akses pasar produk pertanian organik di Indonesia, telah merintis Pameran ini sejak tahun 2010, yang diberi nama "Bogor Organik Fair"(BOF).

 

Tahun 2010 pameran ini dikunjungi oleh hampir 500 orang, 2011 mencapai 1000 orang dan tahun 2012 telah berkembang menjadi 3000 pengunjung dan menargetkan di tahun 2013 ini  bisa mencapai 5000-7000 orang. Harapanya dalam 5 - 10 tahun ke depan “Bogor Organic Fair” akan menjadi suatu event nasional tahunan yang megah dan kredibel serta dapat berafiliasi dengan pameran Biofach yang telah menjadi icon pameran organik dan fairtrade di dunia. Bogor Organic Fair menjadi Biofach Indonesia, seperti yang telah ada di Nuremberg - German, Baltimore - USA, Sao Paolo - Brazil, Bangalore – India. K-08

 

Bogor Organic Fair Ketiga dan Festival Herbal Indonesia (BOF 3 & FHI)

Kontak:

Sucipto Kusumo Saputro

Email: sucipto@organicindonesia.org

Facebook: Bogor Organic Fair 3

Twitter: @bogorganicfair

Blog: http://organicfair.organicindonesia.org/

Website: http://www.organicindonesia.org/

Alamat:

Jl Kamper Blok M No. 1
Budi Agung
Bogor - Indonesia
Telp : +62 251 8316294
Fax : +62 251 8316294

Artikel Lainnya

  • Sep 22, 2018

    Sehat Tidak Selalu Tidak Enak

    Paradigma terhadap makanan yang menyehatkan masih erat dengan rasa yang tidak enak dan tidak menarik untuk dikonsumsi. Guna mendobrak paradigma tersebut, diperlukan usaha dari para pelaku kepentingan seperti praktisi kesehatan, pelaku kuliner, dan juga konsumen sebagai target utama mengubah paradigma tersebut. ...

  • Sep 20, 2018

    Keamanan Pengemas Jajanan dan Makanan Cepat Saji

    Penggunaan kemasan adalah salah satu upaya untuk mencegah terjadinya cemaran pada produk olahan pangan. Selain berfungsi sebagai pelindung, kemasan juga berperan sebagai media untuk promosi. Kemasan dapat mempengaruhi berbagai aspek pada pangan seperti nilai jual, estetika, dan keamanan pangan. Makin kompleks suatu kemasan, maka nilai tambah produk pangan juga akan dapat meningkat. Konsumen cenderung memilih kemasan yang menarik dan mampu menunjukkan mutu produk pangan. ...

  • Sep 17, 2018

    Apa itu Gaya Hidup Ketofastosis?

    Diet ketogenik merupakan salah satu tren diet yang cukup populer di Indonesia. Prinsip diet ini ada pada pengaturan pola makanan harian untuk mencapai kondisi ketosis. Diet ini dipandang efektif untuk penurunan berat badan. Saat ini, diet ketogenik dikombinasikan dengan puasa pada kondisi ketosis dengan tujuan mempertahankan metabolisme lemak yang optimal sehingga disebut dengan ketofastosis....

  • Sep 14, 2018

    Kemeriahan Lomba Cipta Menu Berbahan Lokal

    Crafting Special Recipe (CRISPY) Competition merupakan lomba cipta menu dan masak dengan menggunakan bahan pangan lokal. CRISPY tahun 2018 mengangkat tema “Kreasi olahan cemilan sehat untuk keluarga : one bite size” dan menggunakan buah sukun sebagai bahan dasar utama.  Acara yang berlangsung pada 9 September 2018 lalu di Kampus IPB Dramaga tersebut diikuti oleh 24 tim peserta dari masyarakat umum dan berbagai instansi, di antaranya adalah Stikes Mitra Keluarga, UPN Jakarta, Poltekkes Jakarta II, UHAMKA, Bhi, Poltekkes Kemenkes Bandung, Universitas Negeri Jakarta, STP Bogor, Akpar Pertiwi, Universitas Djuanda, Universitas Ibnu Khaldun, Bina Sarana Informatika, Sekolah Vokasi IPB, dan IPB. ...

  • Ags 30, 2018

    Efektifitas Rantai Pasok untuk Peningkatan Kualitas Susu Segar

    Susu merupakan salah satu produk industri peternakan yang potensial di Indonesia. Sebagian besar (98%) susu di Indonesia diproduksi di Pulau Jawa yang berasal dari peternakan rakyat. Terdapat tiga permasalahan utama terkait produksi susu di Indonesia yaitu kurangnya pengetahuan peternak tentang penanganan susu, lahan peternakan dan skala kepemilikan, serta persoalan regenerasi....