Kembali Digelar, Bogor Organic Fair 2013





 

Perhelatan akbar Bogor Organic Fair Ketiga dan Festival Herbal Indonesia (BOF 3 & FHI) akan berlangsung kembali di Bogor, Jawa Barat, 22-23 Juni 2013 mendatang. Tahun ini mengambil tema Organic as Indonesia Heritage (Organik sebagai Warisan Budaya Indonesia). Aliansi Organis Indonesia (AOI) bekerjasama dengan Pemerintah Kota Bogor dan Asosiasi Kewirausahaan Sosial (AKSI) menyelenggarakan BOF 3 & FHI dengan dukungan para pihak baik dari pemerintah, akademisi, tokoh nasional dan internasional, sponsor, media partner serta berbagai komunitas pemerhati organik dan ramah lingkungan.

“Bogor Organic Fair Ketiga dan Festival Herbal Indonesia (BOF 3 & FHI) 2013 akan menyuguhkan berbagai jenis produk dan jasa berasal dari berbagai daerah di Indonesia, bahwa produk organik merupakan warisan budaya Indonesia, yang menjadi gaya hidup masa depan,” kata Sucipto Kusumo Saputro, Ketua Pelaksana BOF 3 & FHI di Bogor, Jawa Barat, 25 Maret 2013.

“Expo kali ini akan memberikan gambaran gamblang pada masyarakat luas bahwa teknologi leluhur kita merupakan teknologi yang ramah sosial, lingkungan dan ekonomi,” lanjutnya.

BOF 3 & FHI 2013 menargetkan 7.000 orang mengunjungi pameran ini. Selain  menyuguhkan bermacam produk organik dan herbal, BOF 3 & FHI 2013 juga menampilkan bermacam acara bertaraf nasional dan internasional dengan narasumber ternama seperti Rhenald Kasali,Sandiaga S.Uno dan Andrew Leu-Presiden IFOAM.

 

Berbagai acara akan digelar, diantaranya Seminar/Workshop Internasional " Trade Policy and Regulation on the Organic agricultural in Asia", Lomba Karya Tulis Ilmiah "Teknologi Pertanian Organik",  Tur Organik: "Baduy dan Kearifannya yang Tak Lekang Oleh Waktu",  Festival Delman dan Karnaval Petani,  Talk Show "Bisnis Herbal dan Tantangannya di Indonesia",  Workshop "Membatik dengan Pewarna Alami",  Lomba Melukis & Mewarnai: "Melukis dengan Pewarna AlamiYuk…",  Festival Buah dan Tanaman Eksotis, Wahana Permainan Tradisional,  Uji Cita Rasa: Cicip, Cecap, Cerap Kopi, Teh, dan Cokelat Organik, Museum Pertanian Indonesia, Seminar Nasional: "Peran dan Kebijakan Pemerintah Daerah dalam Program Pertanian Organik di Indonesia , Hiburan: Cakra Khan, Homogenic, Pertunjukan Musik Nusantara, Kabaret Dance + Rampak Kendang, Makan Besar Organik, Workshop Bambu: "Bambu dan Segala Manfaatnya", Senam santai (fun Aerobic), Organic Youth Camp: "Yang Muda Yang Organik".

 

Menurut Rasdi Wangsa sebagai Direktur Program AOI, pasar organik Indonesia menunjukkan peningkatan sekitar 5 % per tahun dengan nilai penjualan sekitarr 10 milyar. AOI sebagai organisasi yang mengemban mandat untuk mempromosikan pertanian organik dan memfasilitasi akses pasar produk pertanian organik di Indonesia, telah merintis Pameran ini sejak tahun 2010, yang diberi nama "Bogor Organik Fair"(BOF).

 

Tahun 2010 pameran ini dikunjungi oleh hampir 500 orang, 2011 mencapai 1000 orang dan tahun 2012 telah berkembang menjadi 3000 pengunjung dan menargetkan di tahun 2013 ini  bisa mencapai 5000-7000 orang. Harapanya dalam 5 - 10 tahun ke depan “Bogor Organic Fair” akan menjadi suatu event nasional tahunan yang megah dan kredibel serta dapat berafiliasi dengan pameran Biofach yang telah menjadi icon pameran organik dan fairtrade di dunia. Bogor Organic Fair menjadi Biofach Indonesia, seperti yang telah ada di Nuremberg - German, Baltimore - USA, Sao Paolo - Brazil, Bangalore – India. K-08

 

Bogor Organic Fair Ketiga dan Festival Herbal Indonesia (BOF 3 & FHI)

Kontak:

Sucipto Kusumo Saputro

Email: sucipto@organicindonesia.org

Facebook: Bogor Organic Fair 3

Twitter: @bogorganicfair

Blog: http://organicfair.organicindonesia.org/

Website: http://www.organicindonesia.org/

Alamat:

Jl Kamper Blok M No. 1
Budi Agung
Bogor - Indonesia
Telp : +62 251 8316294
Fax : +62 251 8316294

Artikel Lainnya

  • Mar 21, 2019

    Tepat Menyimpan Produk Bakeri

    Teknik pendinginan merupakan metode yang sering digunakan untuk memperpanjang umur simpan produk pangan. Prinsipnya sangat sederhana, yakni menghambat pertumbuhan mikroba. Aplikasi penurunan suhu ini sangat luas digunakan dalam berbagai produk pangan, termasuk produk bakeri seperti kue,roti, patiseri, dan lainnya.   ...

  • Mar 20, 2019

    Diet Keto dari Sisi Gizi dan Kesehatan

    Diet keto memang dianggap efektif menurunkan berat badan (Campos, 2017). Dari segi gizi, diet keto menekankan pola asupan tinggi lemak, tapi rendah karbohidrat. Diet ini mengandalkan lemak serta protein hewani sebagai sumber energi utama dalam tubuh. Asupan karbohidrat yang berkurang drastis ini akan menyebabkan tubuh kekurangan karbohidrat dan gula, proses inilah yang disebut dengan ketosis. ...

  • Mar 19, 2019

    Upaya Menghindari Foodborne Diseases

    Sebagian besar foodborne patogen lebih menyukai lingkungan yang hangat, walaupun bisa tumbuh dalam kisaran suhu yang luas. Suhu di atas 40C dan di bawah 600C sering diacu sebagai zona berbahaya, karena bakteri patogen seperti E. Coli, Salmonella dan Listeria monocytogenes dapat berkembang biak pada suhu tersebut, sehingga menyebabkan penyakit. Menyimpan produk pangan pada suhu refrigerasi yang tepat pada suhu di bawah 40C dan memanaskan pada suhu diatas 600C, adalah usaha yang direkomendasikan agar terhidar dari foodborne disease. Oleh karena itu, penanganan pangan dari mulai bahan baku hingga distribusi harus memenuhi pedoman penanganan yang tepat, seperti: ...

  • Mar 18, 2019

    Alternatif Pola Hidup Sehat dengan Diet Ketogenik

    Diet ketogenik adalah pola konsumsi dengan tinggi lemak, cukup protein, dan rendah karbohidrat yang akan menyediakan cukup protein untuk pertumbuhan tetapi kurang karbohidrat untuk kebutuhan metabolisme tubuh. Dengan demikian, tubuh akan menggunakan lemak sebagai sumber energi, yang pada prosesnya akan menghasilkan senyawa keton. Komposisi ketogenik menyaratkan porsi lemak tinggi (75-80%), porsi protein sedang (15% – 20%), dan porsi karbohidrat rendah (5% – 10%). ...

  • Mar 15, 2019

    Menu sebagai Alat Penjual

    Menu dalam bisnis pangan di industri hotel, restoran, katering, dan bakeri (horekaba) merupakan sarana pemasaran yang penting. Menu dapat digunakan sebagai gambaran dari produk yang ditawarkan. Perencanaan menu dibuat dengan menyusun daftar secara spesifik , yaitu menentukan makanan tersebut dibuat untuk satu periode makan (sarapan, makan siang, dan makan malam) atau untuk sehari penuh termasuk snack.   ...