Inovasi Bumbu Instan Masa Kini





 

Di zaman yang sudah berkembang seperti sekarang ini, masyarakat berlomba-lomba menciptakan inovasi dengan produk-produk yang kreatif. Indonesia yang bisa dikatakan sebagai gudangnya makanan enak pun tidak mau kalah, dengan banyak beredarnya bumbu instant siap pakai dengan rasa makanan asli Indonesia. Rasa yang didapatkan akan sama dengan rasa aslinya namun dengan pengolahan yang lebih sederhana.

Atas dasar itu lah Bamboe mencoba peruntungannya di dunia bumbu instant tanah air. “Kita berasal dari Surabaya, maka dari itu varian bumbu kita masih dalam lingkup makanan jawa, namun kedepannya kita akan mengembangkan makanan dari seluruh Indonesia, walaupun saat ini fokus lebih ke makanan jawa,” jelas Riadi Waluyo selaku Marketing Vice President dari Bamboe saat dijumpai dalam pameran pertanian, pameran pengemasan dan pameran makanan dan minuman di Makassar, Sulawesi Selatan 15 Maret lalu.

Bumbu instan saat ini lebih sering digunakan kalangan umum, “Saat ini memang lebih banyak dikonsumsi oleh masyarata umum, kedepannya kita mencoba mengembangkan ke industri, sebagai contohnya ada industri popcorn yang menciptakan popcorn rasa kari yang menggunakan bumbu dari kita,” tambahnya.  Selain itu banyak warung kecil hingga besar banyak yang menggunakan bumbu rawon mereka.

Banyak orang yang mengatakan bahwa kota Makassar saat ini merupakan pintu gerbang menuju Indonesia timur. Maka dari itu Bamboe ingin mencoba memperkenalkan produk mereka kepada masyarakat kota Makassar dan secara umum ke penduduk Indonesia bagian timur. “Secara umum, produk kita sudah masuk ke dalam pasar swalayan yang tersebar di seluruh Indonesia,” timbalnya.

Dengan bumbu utama hanya bawang merah dan bawang putih, pengguna produk Bamboe 70% rumah tangga dan 30% warung atau kios lainnya. “Beberapa warung menggunakan produk kita, namun dipadukan dengan bumbu buatan mereka sendiri, supaya rasanya lebih keluar,” jelasnya. Asal mula nama Bamboe dimulai ketika mencari kata yang seirama dengan kata Bumbu, maka diambilah kata Bamboe agar mudah diingat.

“Saat ini terdapat 5 jenis varian yang banyak orang suka, yaitu rawon, rendang, soto ayam, kari dan gulai. Dengan rawon paling menjadi favorit orang-orang,” tambahnya. Sesuai dengan namanya yaitu bumbu instan, dalam penggunaaannya pun sangat sederhana, tinggal menyiapkan saja bahan makanan yang diperlukan lalu ditambahkan bumbu tersebut maka makanan tersebut siap disantap.

Selain mengikuti pameran seperti ini, Bamboe juga sering mengadakan demo masak dengan tata cara pembuatannya hingga menjadi makanan yang siap saji. Salah satu produk terbaru mereka adalah bumbu Balado. “Kita membuat bumbu varian baru sesuai dengan banyaknya permintaan konsumen terhadap varian tertentu, namun membutuhkan percobaan-percobaan lainnya agar menjadi bumbu yang benar-benar otentik,” tambahnya. Terlebih makanan dan minuman di kota Makassar ini memang memiliki potensi untuk terus berkembang. Adi 

Artikel Lainnya

  • Apr 13, 2018

    Clean eating pada Menu Balita

    Clean eating pada menu balita dapat menjadi salah satu cara untuk memenuhi asupan gizi balita....

  • Apr 12, 2018

    Hidup Sehat Mencegah Penyakit Degeneratif

    Ada yang bilang, kondisi masa tua merupakan cerminan dari apa yang kita konsumsi di masa muda....

  • Apr 11, 2018

    Menyusun Menu Terpadu

    Dalam menjalankan bisnis restoran, hal-hal kecil yang luput diperhatikan dapat menyebabkan beberapa kendala yang signifikan....

  • Apr 10, 2018

    Tepat Menangani Katering

    Menangani katering berbeda dengan menangani sarapan setiap paginya....

  • Apr 10, 2018

    Fun Kitchen Festival: Sarana Informasi Kuliner Indonesia

    Memadukan cita rasa memang bukan perkara yang mudah tetapi, bukan berarti pula tidak mungkin untuk dilakukan. Dengan teknik, pengolahan, serta pengetahuan terhadap bahan yang tepat sebuah hidangan baru yang merupakan pencampuran dari dua hal yang berbeda. Tidak melulu soal rasa, pencampuran juga terkadang memberikan sentuhan pada penampilan maupun ukuran. Hal tersebutlah yang ingin diusung pada Fun Kitchen Festival yang mengangkat tema “Trend Modern and Traditional Food & Beverages 2018” acara yang diselenggarakan pada 13-18 Maret 2018 lalu di Atrium Tengah Mall Taman Anggrek ini berlangsung sangat meriah dengan dihadiri peserta  dari segala latar belakang. ...