Inovasi Bumbu Instan Masa Kini





 

Di zaman yang sudah berkembang seperti sekarang ini, masyarakat berlomba-lomba menciptakan inovasi dengan produk-produk yang kreatif. Indonesia yang bisa dikatakan sebagai gudangnya makanan enak pun tidak mau kalah, dengan banyak beredarnya bumbu instant siap pakai dengan rasa makanan asli Indonesia. Rasa yang didapatkan akan sama dengan rasa aslinya namun dengan pengolahan yang lebih sederhana.

Atas dasar itu lah Bamboe mencoba peruntungannya di dunia bumbu instant tanah air. “Kita berasal dari Surabaya, maka dari itu varian bumbu kita masih dalam lingkup makanan jawa, namun kedepannya kita akan mengembangkan makanan dari seluruh Indonesia, walaupun saat ini fokus lebih ke makanan jawa,” jelas Riadi Waluyo selaku Marketing Vice President dari Bamboe saat dijumpai dalam pameran pertanian, pameran pengemasan dan pameran makanan dan minuman di Makassar, Sulawesi Selatan 15 Maret lalu.

Bumbu instan saat ini lebih sering digunakan kalangan umum, “Saat ini memang lebih banyak dikonsumsi oleh masyarata umum, kedepannya kita mencoba mengembangkan ke industri, sebagai contohnya ada industri popcorn yang menciptakan popcorn rasa kari yang menggunakan bumbu dari kita,” tambahnya.  Selain itu banyak warung kecil hingga besar banyak yang menggunakan bumbu rawon mereka.

Banyak orang yang mengatakan bahwa kota Makassar saat ini merupakan pintu gerbang menuju Indonesia timur. Maka dari itu Bamboe ingin mencoba memperkenalkan produk mereka kepada masyarakat kota Makassar dan secara umum ke penduduk Indonesia bagian timur. “Secara umum, produk kita sudah masuk ke dalam pasar swalayan yang tersebar di seluruh Indonesia,” timbalnya.

Dengan bumbu utama hanya bawang merah dan bawang putih, pengguna produk Bamboe 70% rumah tangga dan 30% warung atau kios lainnya. “Beberapa warung menggunakan produk kita, namun dipadukan dengan bumbu buatan mereka sendiri, supaya rasanya lebih keluar,” jelasnya. Asal mula nama Bamboe dimulai ketika mencari kata yang seirama dengan kata Bumbu, maka diambilah kata Bamboe agar mudah diingat.

“Saat ini terdapat 5 jenis varian yang banyak orang suka, yaitu rawon, rendang, soto ayam, kari dan gulai. Dengan rawon paling menjadi favorit orang-orang,” tambahnya. Sesuai dengan namanya yaitu bumbu instan, dalam penggunaaannya pun sangat sederhana, tinggal menyiapkan saja bahan makanan yang diperlukan lalu ditambahkan bumbu tersebut maka makanan tersebut siap disantap.

Selain mengikuti pameran seperti ini, Bamboe juga sering mengadakan demo masak dengan tata cara pembuatannya hingga menjadi makanan yang siap saji. Salah satu produk terbaru mereka adalah bumbu Balado. “Kita membuat bumbu varian baru sesuai dengan banyaknya permintaan konsumen terhadap varian tertentu, namun membutuhkan percobaan-percobaan lainnya agar menjadi bumbu yang benar-benar otentik,” tambahnya. Terlebih makanan dan minuman di kota Makassar ini memang memiliki potensi untuk terus berkembang. Adi 

Artikel Lainnya

  • Okt 06, 2018

    Tren Specialty Tea Indonesia

    Specialty tea merupakan teh berkualitas tinggi yang dibuat dari pucuk muda tanaman teh....

  • Okt 06, 2018

    Menu Engineering dalam Bisnis Waralaba

    Menjalankan waralaba tentu diperlukan beberapa aspek yang menyertai....

  • Okt 04, 2018

    Konsep Baru Industri Horeka Indonesia

    Perkembangan industri jasa boga saat ini semakin intensif di Indonesia....

  • Okt 01, 2018

    Pameran Bisnis Waralaba & Kafe Terbesar di tahun 2018

    Gaya hidup masyarakat Indonesia saat ini dan pertumbuhan ekonomi kelas menengah mendorong kinerja industri pengolahan kopi di dalam negeri hingga mengalami peningkatan yang signifikan. Kopi Indonesia banyak digemari dan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Indonesia. Salah satu cara modern untuk menikmati kopi adalah dengan datang ke kafe. Pertumbuhan konsumsi produk kopi olahan di dalam negeri meningkat rata-rata lebih dari 7% pertahun. Melihat hal tersebut, tidak mengherankan apabila perkembangan bisnis kafe di Indonesia begitu menjanjikan. Kafe kini bukan hanya sebagai tempat untuk menikmati kopi namun telah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat Indonesia. ...

  • Sep 22, 2018

    Sehat Tidak Selalu Tidak Enak

    Paradigma terhadap makanan yang menyehatkan masih erat dengan rasa yang tidak enak dan tidak menarik untuk dikonsumsi. Guna mendobrak paradigma tersebut, diperlukan usaha dari para pelaku kepentingan seperti praktisi kesehatan, pelaku kuliner, dan juga konsumen sebagai target utama mengubah paradigma tersebut. ...