Belajar Konsep Makan




 

Saat ini banyak orang mengganggap makanan yang berada di sekitar merupakan makanan yang sudah tidak menyehatkan lagi dan tidak aman untuk dikonsumsi, oleh karena itu tak jarang orang yang selektif pada makanan yang mereka konsumsi. Dengan latar belakang tersebut De Chef Culinary Center Bogor mengadakan Healthy Cooking Class yang menghadirkan Arief T. Nur Gomo sebagai narasumber.  Dalam Cooking class yang diadakan pada Sabtu (16/03 ) lalu peserta tidak sekedar diajarkan bagaimana cara memamasak makanan sehat, tapi juga diajarakan bagaimana makanan tersebut memberikan asupan gizi yang cukup dengan rasa yang enak.

Dalam seminar singkatnya, Arief menjelaskan tentang healthy food concept yang meliputi nutritious, tasty dan right amount, “Nutritious disini menjelaskan bahwa makanan yang dikonsumsi sebagai zat pemberi energi, zat pembangun dan zat pemelihara tubuh. Sedangkan tasty berarti makanan tersebut harus membangkitkan selera makan, dan right amount memiliki arti makanan yang dimakan harus memberikan cukup asupan gizi dan energi sesuai kebutuhan tubuh,” jelas Arief. Selain itu, healthy food concept pun memiliki tiga syarat yang harus ada, yaitu syarat benefit, syarat safety dan syarat estetik. Dalam kesehariannya tubuh manusia membutuhkan asupan zat gizi yang cukup untuk proses metabolisme, zat gizi yang dibutuhkan antara lain karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, air dan phytocemicals.

Phytocemicals merupakan zat bioaktif alami yang terdapat pada bahan makanan yang berfungsi sebagai penangkal radikal bebas dalam tubuh. “Salah satu bahan makanan sebagai sumber phytocemical yang baik adalah brokoli,” tutur arief. Sayuran dengan kuntum hijau ini kaya akan vitamin C, dalam 100 g brokoli mengandung vitamin C yang bisa memenuhi 107% dari kebutuhan harian tubuh. Beberapa hasil penelitian menyebutkan bahwa brokoli memiliki manfaat untuk tubuh, yaitu sebagai anti inflamasi, antioksidan, anti kanker, dan meningkatkan detoksifikasi. Sebagai anti inflamasi brokoli mengandung senyawa phytocemical golongan flavonol yang disebut kaemferol. Kaemferol memiliki kemampuan untuk mengurangi resiko inflamasi kronis melalui mekanisme kerjanya yang mengurangi dampak alergi yang berhubungan dengan faktor-faktor penyebab inflamasi, seperti senyawa penyebab alergi, kondisi kesehatan yang buruk, kekurangan zat gizi tertentu, penggunaan obat-obatan, dan gaya hidup yang tidak sehat yang dapat menurunkan produksi antibodi.

Cooking class dengan tema Chinese New Year ini memberikan kesempatan pada peserta untuk belajar membuat easy made kung pao chicken dan long yard & broccoli sautéed with honey yang tentu sehat serta mudah untuk dibuat. Kedua masakan tersebut dipilih karena proses membuatnya mudah dan bahan dasarnya mengandung brokoli yang memiliki sejuta manfaat untuk tubuh. Kiki

Artikel Lainnya