Jus Markisa, Favorit Oleh-oleh dari Makassar





 

Berbicara tentang kota Makassar, banyak sekali kuliner lokal baik makanan dan minuman yang dapat dicicipi, namun Makassar juga terkenal dengan buah markisanya. Markisa, buah yang memiliki biji dan rasa asam ini jika diolah menjadi sari buah atau minuman tentunya akan menghadirkan rasa segar.

 

Atas dasar itu lah Global Sejahtera Bahagia ingin mengembangkan produk dari buah markisa yang asli dari Makassar. Saat itu produk yang dihasilkan adalah minuman sari buah yang siap diminum dan sirup markisa. “Namun kedepannya kita tidak menutup kemungkinan membuat produk markisa lainnya seperti jelly, permen serta dicampurkan jenis jus lainnya,” jelas Max Tjipta Raharja selaku manajer dari Global Sejahtera Bahagia saat ditemui di Pameran Sinar Agri, Food & Packaging Expo di Makassar 15 Maret 2013 lalu.

 

Setiap orang yang menyukai jus buah-buahan atau sesuatu yang manis pastin akan menyukai sari buah markisa ini, karena markisa yang digunakan berbeda dari markisa lainnya. “Markisa yang kami gunakan diambil dari daratan rendah, dan memiliki warna keunguan dan memiliki cita rasa yang kuat jika dibandingkan dengan markisa dari daratan tinggi,” tambahnya.

 

Saat ini yang menjadi sasaran produk markisa Global Sejahtera Bahagia ini adalah dijual di toko-toko, namun jika ada kesempatan tentunya akan merambah ke area lain seperti restoran atau cafe. Produk markisa yang baru berusia kurang lebih 3 tahun ini ingin lebih mendekatkan diri kepada pengunjung pameran Sinar Agri, Food & Packaging ini, “kami ingin memasarkan dan memperkenalkan lebih jauh produk kami bahwa saat ini Makassar memiliki produk olahan buah markisa baru,” terangnya.

 

“Keunggulan produk kami adalah tidak menggunakan pemanis buatan, melainkan murni dari buah markisa itu sendiri,” tambahnya. Produk sari buah siap minum dapat bertahan hingga 6 bulan dan produk sirup markisa dapat bertahan hingga 9 bulan karena terdapat jumlah gula yang banyak yang merupakan pengawet alami.

 

Perbadingan untuk penjualan sari buah siap minum dan sirup, sirup lebih menjadi favorit. Pelanggan dapat membuat pesanan khusus jika ada yang ingin membeli sari buah nya saja. “sari buah tersebut tidak dijual secara umum, namun jika ada pelanggan yang ingin memesan, kami bisa menyediakannya, dalam 1 kilogram buah markisa dapat menghasilkan sari buah sekitar 20% nya saja karena masih terkandung kulit dan biji buah markisa tersebut,” tutupnya. Adi 

Artikel Lainnya

  • Okt 06, 2018

    Tren Specialty Tea Indonesia

    Specialty tea merupakan teh berkualitas tinggi yang dibuat dari pucuk muda tanaman teh....

  • Okt 06, 2018

    Menu Engineering dalam Bisnis Waralaba

    Menjalankan waralaba tentu diperlukan beberapa aspek yang menyertai....

  • Okt 04, 2018

    Konsep Baru Industri Horeka Indonesia

    Perkembangan industri jasa boga saat ini semakin intensif di Indonesia....

  • Okt 01, 2018

    Pameran Bisnis Waralaba & Kafe Terbesar di tahun 2018

    Gaya hidup masyarakat Indonesia saat ini dan pertumbuhan ekonomi kelas menengah mendorong kinerja industri pengolahan kopi di dalam negeri hingga mengalami peningkatan yang signifikan. Kopi Indonesia banyak digemari dan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Indonesia. Salah satu cara modern untuk menikmati kopi adalah dengan datang ke kafe. Pertumbuhan konsumsi produk kopi olahan di dalam negeri meningkat rata-rata lebih dari 7% pertahun. Melihat hal tersebut, tidak mengherankan apabila perkembangan bisnis kafe di Indonesia begitu menjanjikan. Kafe kini bukan hanya sebagai tempat untuk menikmati kopi namun telah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat Indonesia. ...

  • Sep 22, 2018

    Sehat Tidak Selalu Tidak Enak

    Paradigma terhadap makanan yang menyehatkan masih erat dengan rasa yang tidak enak dan tidak menarik untuk dikonsumsi. Guna mendobrak paradigma tersebut, diperlukan usaha dari para pelaku kepentingan seperti praktisi kesehatan, pelaku kuliner, dan juga konsumen sebagai target utama mengubah paradigma tersebut. ...