Jus Markisa, Favorit Oleh-oleh dari Makassar





 

Berbicara tentang kota Makassar, banyak sekali kuliner lokal baik makanan dan minuman yang dapat dicicipi, namun Makassar juga terkenal dengan buah markisanya. Markisa, buah yang memiliki biji dan rasa asam ini jika diolah menjadi sari buah atau minuman tentunya akan menghadirkan rasa segar.

 

Atas dasar itu lah Global Sejahtera Bahagia ingin mengembangkan produk dari buah markisa yang asli dari Makassar. Saat itu produk yang dihasilkan adalah minuman sari buah yang siap diminum dan sirup markisa. “Namun kedepannya kita tidak menutup kemungkinan membuat produk markisa lainnya seperti jelly, permen serta dicampurkan jenis jus lainnya,” jelas Max Tjipta Raharja selaku manajer dari Global Sejahtera Bahagia saat ditemui di Pameran Sinar Agri, Food & Packaging Expo di Makassar 15 Maret 2013 lalu.

 

Setiap orang yang menyukai jus buah-buahan atau sesuatu yang manis pastin akan menyukai sari buah markisa ini, karena markisa yang digunakan berbeda dari markisa lainnya. “Markisa yang kami gunakan diambil dari daratan rendah, dan memiliki warna keunguan dan memiliki cita rasa yang kuat jika dibandingkan dengan markisa dari daratan tinggi,” tambahnya.

 

Saat ini yang menjadi sasaran produk markisa Global Sejahtera Bahagia ini adalah dijual di toko-toko, namun jika ada kesempatan tentunya akan merambah ke area lain seperti restoran atau cafe. Produk markisa yang baru berusia kurang lebih 3 tahun ini ingin lebih mendekatkan diri kepada pengunjung pameran Sinar Agri, Food & Packaging ini, “kami ingin memasarkan dan memperkenalkan lebih jauh produk kami bahwa saat ini Makassar memiliki produk olahan buah markisa baru,” terangnya.

 

“Keunggulan produk kami adalah tidak menggunakan pemanis buatan, melainkan murni dari buah markisa itu sendiri,” tambahnya. Produk sari buah siap minum dapat bertahan hingga 6 bulan dan produk sirup markisa dapat bertahan hingga 9 bulan karena terdapat jumlah gula yang banyak yang merupakan pengawet alami.

 

Perbadingan untuk penjualan sari buah siap minum dan sirup, sirup lebih menjadi favorit. Pelanggan dapat membuat pesanan khusus jika ada yang ingin membeli sari buah nya saja. “sari buah tersebut tidak dijual secara umum, namun jika ada pelanggan yang ingin memesan, kami bisa menyediakannya, dalam 1 kilogram buah markisa dapat menghasilkan sari buah sekitar 20% nya saja karena masih terkandung kulit dan biji buah markisa tersebut,” tutupnya. Adi 

Artikel Lainnya

  • Jul 24, 2018

    Tren Keju dalam Produk Pangan Indonesia

    Tren keju seakan tidak pernah ada habisnya. Meskipun bukan produk dan ingridien asli Indonesia, tetapi masyarakat Indonesia sangat akrab dengan cita rasa keju di berbagai produk pangan. Meningkatnya animo pasar dengan keju ini tentu harus disambut dengan inovasi produk pangan yang inovatif.  ...

  • Jul 16, 2018

    Promosi Hotel, Restoran dan Katering Indonesia dengan Kopi

    Keberhasilan Pameran Hotelex yang telah diselenggarakan di sepuluh negara Asia menjadi salah satu alasan kuat PT Pamerindo Indonesia untuk mengadakan Pameran Hotelex Indonesia pada 18-20 Juli 2018 mendatang di Jakarta International Expo. "Pameran ini merupakan pameran business to business. Kami harapkan Pameran Hotelex Indonesia akan dikunjungi oleh lebih dari 12.000 pengunjung yang merupakan para pelaku industri hotel, restoran dan katering," tutur Project Director PT Pamerindo Indonesia, Wiwik Roberto dalam konferensi pers Hotelex Indonesia di Jakarta pada 6 Juli 2018. ...

  • Jun 29, 2018

    Tepat Menggunakan Rempah

    Berbagai rempah memiliki variasi komponen kimiawi yang berperan dalam pembentukan profil flavornya....

  • Jun 28, 2018

    Manfaat Rempah Bagi Kesehatan

    Berbagai rempah dan bumbu dapur yang selama ini dekat dengan...

  • Jun 27, 2018

    Mengenal Kunyit

    Kunyit merupakan salah satu suku tanaman temu-temuan (Zingiberaceae)....