Hidangan Berkualitas dari Secondary Cut





Regional Innovation Workshop adalah acara tahunan yang diselenggarakan oleh MLA. Acara ini diikuti oleh executive dan banquet chef di Asia Tenggara dan Cina. Sebelumnya acara serupa diadakan di Malaysia dan Singapura, tahun ini Indonesia menjadi tuan rumah. Workshop yang berlangsung selama dua hari ini (28 Februari-1 Maret 2013) diikuti oleh lebih dari 30 peserta, 12 diantaranya merupakan executive chef dari hotel di Indonesia.

Tahun ini MLA memfokuskan pada tren terbaru di bidang banqueting,  yaitu penggunaan secondary cut dari daging sapi (beef) dan domba muda (lamb) Australia serta teknik memasak Sous Vide. “Tujuan dari workshop ini adalah mempersiapkan banquet dengan sukses dan dengan biaya yang lebih rendah namun memberikan profit yang lebih tinggi,” tutur Isye Iriani, Marketing Manager MLA pada press conference yang berlangsung di Hotel Borobudur Jakarta pada Kamis kemarin (28/2).

“Di Indonesia 90% hidangan steak berasal dari prime cut, sedangkan di Australia steak yang berasal dari secondary cut sudah populer,” tambah Isye. Dengan berkonsep Explore, Experiment dan Experience, acara ini juga merupakan suatu bukti inovasi baru kepada industri daging sapi. Pada workshop tersebut, MLA mengundang Australian Master Butcher, yaitu Barry Lloyd untuk memberikan training teknik pemotongan secondary cut dan juga memberikan informasi mengenai inovasi-inovasi yang dibuat dari potongan non-loin yang telah diaplikasikan. Selain itu, hadir juga Richmond Lim, Executive Chef The Kuala Lumpur Convention Centre yang mengajarkan teknik memasak sous vide.

“Di workshop ini masing-masing peserta akan diberikan kesempatan untuk langsung mempraktekkan sendiri teknik pemotongannya (hands-on workshop). Sehingga para peserta yang telah mengikuti workshop ini bisa menerapkan langsung pada anak buahnya,” tutup Isye. K-15

Artikel Lainnya

  • Okt 06, 2018

    Tren Specialty Tea Indonesia

    Specialty tea merupakan teh berkualitas tinggi yang dibuat dari pucuk muda tanaman teh....

  • Okt 06, 2018

    Menu Engineering dalam Bisnis Waralaba

    Menjalankan waralaba tentu diperlukan beberapa aspek yang menyertai....

  • Okt 04, 2018

    Konsep Baru Industri Horeka Indonesia

    Perkembangan industri jasa boga saat ini semakin intensif di Indonesia....

  • Okt 01, 2018

    Pameran Bisnis Waralaba & Kafe Terbesar di tahun 2018

    Gaya hidup masyarakat Indonesia saat ini dan pertumbuhan ekonomi kelas menengah mendorong kinerja industri pengolahan kopi di dalam negeri hingga mengalami peningkatan yang signifikan. Kopi Indonesia banyak digemari dan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Indonesia. Salah satu cara modern untuk menikmati kopi adalah dengan datang ke kafe. Pertumbuhan konsumsi produk kopi olahan di dalam negeri meningkat rata-rata lebih dari 7% pertahun. Melihat hal tersebut, tidak mengherankan apabila perkembangan bisnis kafe di Indonesia begitu menjanjikan. Kafe kini bukan hanya sebagai tempat untuk menikmati kopi namun telah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat Indonesia. ...

  • Sep 22, 2018

    Sehat Tidak Selalu Tidak Enak

    Paradigma terhadap makanan yang menyehatkan masih erat dengan rasa yang tidak enak dan tidak menarik untuk dikonsumsi. Guna mendobrak paradigma tersebut, diperlukan usaha dari para pelaku kepentingan seperti praktisi kesehatan, pelaku kuliner, dan juga konsumen sebagai target utama mengubah paradigma tersebut. ...