Susu Kental Manis di Industri Jasa Boga





Di Indonesia, susu kental manis (SKM) masih dijadikan susu konsumsi oleh sebagianmasyarakat dan potensi pasarnya masih ramai. Harga SKM yang cukup terjangkau dibandingkan jenis susu lainnya, menjadi alasan kenapa masyarakat masih memilih susu kental manis untuk memenuhi asupan protein bagi tubuhnya. Kandungan gula (sukrosa) yang lebih tinggi di dalam susu kental manis, membuat susu  kental manis memiliki umur simpannya panjang, yaitu sekitar 1 tahun jika kemasan belum dibuka.

Susu kental manis diperoleh dengan cara mengurangi kandungan air susu melalui proses evaporasi untuk meningkatkan total solid susu menjadi 70-72% atau dengan kepekatan tertentu kemudian ditambahkan gula (sukrosa) sebanyak 40-45% yang juga akan bertindak sebagai pengental dan pengawet.kandungan gizi dalam susu kental manis sangat jauh berbeda jika dibandingkan dengan susu segar, karena kandungan gulanya yang relatif tinggi.

Berdasarkan standar mutu SKM (SNI 01-2971-1998), produk SKM harus memiliki kandungan protein 7-10%, lemak 8-10%, laktosa 10-14%, sukrosa 42-48%. Jika kandungan protein lebih rendah dan kandungan gula lebih tinggi dari yang telah ditetapkan dalam standar mutu, maka produk dimasukkan dalam kelompok krimmer, yaitu krimmer kental manis.

Industri jasa boga biasanya menggunakan suus kental manis sebagai bahan tambahan saja. SKM dicampurkan pada berbagai produk minuman, atau dressing pada salad dan digunakan dalam jumlah secukupnya. Menu-menu yang menggunakan susu SKM ini antara lain, pudding, mousse, cokelat, minuman-minuman dengan penambahan susu seperti hot chocolate, es potong, es krim atau sebagai campuran untuk pembuatan roti, cake, atau topping pada martabak. KArena harganya yang ekonomis dan sifatnya yang tahan lama, SKM masih menjadi primadona di kalangan jasa boga. K-12

Artikel Lainnya

  • Okt 06, 2018

    Tren Specialty Tea Indonesia

    Specialty tea merupakan teh berkualitas tinggi yang dibuat dari pucuk muda tanaman teh....

  • Okt 06, 2018

    Menu Engineering dalam Bisnis Waralaba

    Menjalankan waralaba tentu diperlukan beberapa aspek yang menyertai....

  • Okt 04, 2018

    Konsep Baru Industri Horeka Indonesia

    Perkembangan industri jasa boga saat ini semakin intensif di Indonesia....

  • Okt 01, 2018

    Pameran Bisnis Waralaba & Kafe Terbesar di tahun 2018

    Gaya hidup masyarakat Indonesia saat ini dan pertumbuhan ekonomi kelas menengah mendorong kinerja industri pengolahan kopi di dalam negeri hingga mengalami peningkatan yang signifikan. Kopi Indonesia banyak digemari dan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Indonesia. Salah satu cara modern untuk menikmati kopi adalah dengan datang ke kafe. Pertumbuhan konsumsi produk kopi olahan di dalam negeri meningkat rata-rata lebih dari 7% pertahun. Melihat hal tersebut, tidak mengherankan apabila perkembangan bisnis kafe di Indonesia begitu menjanjikan. Kafe kini bukan hanya sebagai tempat untuk menikmati kopi namun telah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat Indonesia. ...

  • Sep 22, 2018

    Sehat Tidak Selalu Tidak Enak

    Paradigma terhadap makanan yang menyehatkan masih erat dengan rasa yang tidak enak dan tidak menarik untuk dikonsumsi. Guna mendobrak paradigma tersebut, diperlukan usaha dari para pelaku kepentingan seperti praktisi kesehatan, pelaku kuliner, dan juga konsumen sebagai target utama mengubah paradigma tersebut. ...