Berbagi Pengalaman Manis Bersama deChocola





Manisnya rasa cokelat banyak memberikan inspirasi kepada banyak orang untuk memberikan cokelat kepada orang yang dikasihi, bisa dengan keluarga atau teman terdekat. Hal itu yang melatar belakangi pendirian deChocola, dimana deChocola membuat cokelat yang dapat dibuat di rumah oleh seorang ibu dengan anak-anaknya dan memanfaatkan bahan-bahan yang ada di dapur.

deChocola mulai berdiri sejak bulan September tahun 2009 dengan mengambil nama Chocola yang diambil dari singkatan dari bahasa Belanda yaitu Chocolade. “Karena masalah patent, kami tambahkan ‘de’ di depannya,”jelas Yoko Sulistio selaku owner. Tagline dari deChocola “Sweet Moments with DeeDee” sesuai dengan konsep dari outletnya yang ingin menampilkan kesan girlie dengan warna pink yang dominan. Logo deChocola adalah dua anak perempuan yang terinspirasi dari putri-putrinya.

Menu andalan dari deChocola adalah cokelat pick and pack, yaitu bermacam-macam cokelat yang dipadukan dengan berbagai macam bahan lain seperti kacang, permen, blackpepper dan lemon, kismis, kopi, bahkan abon dan cabai kering. “Cokelat itu dibuat tanpa cetakan dan disajikan berupa patahan, para konsumen dapat memilihnya dalam toples dan menimbangnya sendiri,” jelasnya. Namun seiring berjalannya waktu banyak konsumen ingin yang lebih praktis, sehingga diciptakan dalam bentuk chocolate bar dengan ukuran dan berat tertentu.

Dengan latar belakang pembuatan produk cokelat deChocola adalah cokelat rumahan, selain Pick and Pack atau Chocolate bar, terdapat satu lagi produk andalan dari deChocola. “Kami juga membuat ramuan cokelat dan gula yang dibentuk seperti es lilin untuk campuran susu panas, nantinya cokelat stick itu dicelupkan ke dalam susu panas sampai leleh dan jadilah susu cokelat yang nikmat.” tambahnya.

Untuk menjaga kekonsistenan mutu dari cokelat yang dihasilkan, deChocola selalu memakai bahan baku dari pabrik yang sama sejak deChocola berdiri. Apabila ada bahan yang diperlukan kosong, seperti Sunflower Seed atau Macademia maka deChocola memutuskan untuk tidak memproduksi cokelat yang menggunakan bahan tersebut dahulu. “Kami lebih baik tidak memproduksinya dulu daripada mengganti dengan supplier lain yang mungkin berbeda kualitasnya,” Pungkasnya.

dalam proses pembuatan cokelat selama ini tidak pernah menghadapai hambatan yang berarti, namun yang sering menjadi kendala adalah proses pengiriman kepada customer terutama yang keluar kota. Cokelat sangat sensitif dengan suhu yang naik turun. “Kami mengantisipasinya dengan menggunakan ice gel dan foam box saat pengiriman dan selalu mengunakan jasa pengiriman yang satu hari tiba di tujuan untuk mencegah kerusakan pada produk cokelatnya,” terang Yoko. K-16

deChocola Homestyle Chocolates
Grand Indonesia, West Mall LG Fl. Foodhall
Jl. M.H. Thamrin No.1, Jakarta
Tlp. 021-34194263
Hp. 0858 88331046
Email. custservice@dechocola.com

Artikel Lainnya

  • Apr 13, 2018

    Clean eating pada Menu Balita

    Clean eating pada menu balita dapat menjadi salah satu cara untuk memenuhi asupan gizi balita....

  • Apr 12, 2018

    Hidup Sehat Mencegah Penyakit Degeneratif

    Ada yang bilang, kondisi masa tua merupakan cerminan dari apa yang kita konsumsi di masa muda....

  • Apr 11, 2018

    Menyusun Menu Terpadu

    Dalam menjalankan bisnis restoran, hal-hal kecil yang luput diperhatikan dapat menyebabkan beberapa kendala yang signifikan....

  • Apr 10, 2018

    Tepat Menangani Katering

    Menangani katering berbeda dengan menangani sarapan setiap paginya....

  • Apr 10, 2018

    Fun Kitchen Festival: Sarana Informasi Kuliner Indonesia

    Memadukan cita rasa memang bukan perkara yang mudah tetapi, bukan berarti pula tidak mungkin untuk dilakukan. Dengan teknik, pengolahan, serta pengetahuan terhadap bahan yang tepat sebuah hidangan baru yang merupakan pencampuran dari dua hal yang berbeda. Tidak melulu soal rasa, pencampuran juga terkadang memberikan sentuhan pada penampilan maupun ukuran. Hal tersebutlah yang ingin diusung pada Fun Kitchen Festival yang mengangkat tema “Trend Modern and Traditional Food & Beverages 2018” acara yang diselenggarakan pada 13-18 Maret 2018 lalu di Atrium Tengah Mall Taman Anggrek ini berlangsung sangat meriah dengan dihadiri peserta  dari segala latar belakang. ...