Hasil-hasil Semi Final Chef of The Year 2012 Area Surabaya 





Empat pemenang dari masing-masing tahap semifinal “Chef of the Year” 2012 di Jakarta pada 26 Maret dan Bandung pada 2 April lalu telah diketahui. Untuk area Surabaya, kompetisi semi final Chef of The Year maka digelar pada 9 April lalu. di Kampus Universitas Ciputra, Surabaya. 

“Chef of the Year” 2012 merupakan ajang kompetisi kuliner tingkat nasionalyang diselenggarakan oleh Unilever Food Solutions bekerja sama dengan sekolah tinggi pariwisata dan didukung oleh Indonesia Chef Association (ICA) dan Association of Culinary Proffesionals Indonesia (ACPI). Kompetisi yang berlangsung sepanjang bulan Maret hingga April 2012 ini ditujukan bagi seluruh chef profesional Indonesia baik junior maupun senior yang sedang meniti karir di hotel maupun restoran juga para mahasiswa dari fakultas atau jurusan kuliner. 

Dewan juri dalam ajang kompetisi memasak ini  terdiri dari para chef profesional yang berpengalaman di bidang kuliner, dan telah memilih 20 resep terbaik yang dinilai berdasarkan kreatifitas peserta dalam membuat resep tersebut dan memberikan inspirasi baru dalam pemakaian bahan, porsi yang sesuai juga presentasi dari makanan tersebut.

Para peserta mengikuti berhasil lolos di tahap semi final untuk area Surabaya yakni untuk che senior: Dodik Kurniawan (Java Paragon Hotel & Residence), Umar Shaichan (Hotel Santika),Latif Purnama (Hotel Bumi Surabaya),Nunung (Delicious Food Stylish & Photography), Ari Indramawianto (Resto Nine), Djuli Asmanto (Resto Nine), Agung Dwi Laksono (Java Paragon Hotel & Residence), Agung Susila (Hotel Santika), Bambang Nurianto (Colors Group), dan Febri Pratama (PT Eastern Pearl Flour Mills). Adapun untuk kategori chef junior, pesertanya yakni Zaid Kusnandar (Resto Nine), Claudia Sylvianie (Universitas Ciputra), Gozali (Politeknik Negri Balikpapan), Johardi (STP Trisakti), Yusup Apriyanto (SMKN 4 Mataram),M Bagus Triandono (STP Satya Widya), Muhammad Alwie Rasyid (Djuku Resto Makassar), Irfansyah Wahab (Savory Restaurant),Tri Setyawati (State Univ of Malang), dan Handy Yohanes Raharyo (Universitas Ciputra)


Pada tahap semifinal tersebut, para peserta diberikan waktu 60 menit untuk persiapan, memasak dan menghidangkan kreasi masakannya secara langsung di depan panel juri yang terdiri dari para chef profesional berpengalaman yaitu Chef Stefu Santoso yang mewakili Association of Culinary Professionals Indonesia (ACPI), Chef Widhi Joestiarto yang mewakili Chef dari Unilever Food Solutions, Chef Fahriansyah yang mewakili Indonesian Chef Association (ICA) dan Chef Hari Minantyo yang mewakili Universitas Ciputra.

Dari ajang kompetisi tersebut, “Dewan juri akan memutuskan empat semifinalis yang terdiri dari dua chef junior dan dua chef senior yang memenuhi syarat untuk memasuki tahap akhir atau Grand Final yang akan diadakan di Jakarta pada 23 April 2012 dan berkesempatan untuk menjadi Indonesia  ‘Chef of the Year’ 2012”, jelas Chef Widhi.

Peserta yang berhasil mendapatkan nilai tertinggi pada tahap semifinal area Surabaya itu yakni, untuk kategori chef senior: peringkat pertama Chef Latif Purnama (Hotel Bumi Surabaya) dan peringkat kedua Chef Umar Shaichan (Hotel Santika Surabaya). Untuk kategori chef junior, juara diraih oleh Johardi (STP Trisakti) dan Gozali (Politeknik Negri Balikpapan). Selamat untuk para pemenang! K-08

Artikel Lainnya

  • Okt 06, 2018

    Tren Specialty Tea Indonesia

    Specialty tea merupakan teh berkualitas tinggi yang dibuat dari pucuk muda tanaman teh....

  • Okt 06, 2018

    Menu Engineering dalam Bisnis Waralaba

    Menjalankan waralaba tentu diperlukan beberapa aspek yang menyertai....

  • Okt 04, 2018

    Konsep Baru Industri Horeka Indonesia

    Perkembangan industri jasa boga saat ini semakin intensif di Indonesia....

  • Okt 01, 2018

    Pameran Bisnis Waralaba & Kafe Terbesar di tahun 2018

    Gaya hidup masyarakat Indonesia saat ini dan pertumbuhan ekonomi kelas menengah mendorong kinerja industri pengolahan kopi di dalam negeri hingga mengalami peningkatan yang signifikan. Kopi Indonesia banyak digemari dan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Indonesia. Salah satu cara modern untuk menikmati kopi adalah dengan datang ke kafe. Pertumbuhan konsumsi produk kopi olahan di dalam negeri meningkat rata-rata lebih dari 7% pertahun. Melihat hal tersebut, tidak mengherankan apabila perkembangan bisnis kafe di Indonesia begitu menjanjikan. Kafe kini bukan hanya sebagai tempat untuk menikmati kopi namun telah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat Indonesia. ...

  • Sep 22, 2018

    Sehat Tidak Selalu Tidak Enak

    Paradigma terhadap makanan yang menyehatkan masih erat dengan rasa yang tidak enak dan tidak menarik untuk dikonsumsi. Guna mendobrak paradigma tersebut, diperlukan usaha dari para pelaku kepentingan seperti praktisi kesehatan, pelaku kuliner, dan juga konsumen sebagai target utama mengubah paradigma tersebut. ...