Kartika Chandra Sajikan Festival Masakan Sunda





Pada tanggal 26 sampai 30 Maret lalu Hotel Kartika Chandra menghadirkan Festival Masakan Sunda yang tepatnya berlangsung di Prambanan Cafe. Tujuan diadakanny acara ini yaitu untuk mengangkat budaya daerah khususnya dalam bidang kuliner.  Executive Sous Chef Rahdian Adimas menjelaskan, “sudah banyak hotel yang mengahadirkan masakan khas bangsa luar, untuk itu kami ingin menghadirkan masakan tradisional sebagai ciri budaya bangsa yang harus ditonjolkan.” Kartika Chandra sendiri mengadakan festival masakan daerah  setiap 2-3 bulan sekali, kuliner khas Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Jawa Barat yang sudah ditampilkan.

Dalam acara festival masakan sunda lebih dari 10 macam masakan sunda disajikan, mulai dari nasi, dessert hingga food stall semuanya berbau sunda. Pada hidangan maincourse disajikan Nasi Liwet Jambal Roti, Tumis Ikan Peda, Sambal Goreng Udang Khas Cirebon, Tumis Taoge Ikan Asin, Pepes Tahu serta tidak ketinggalan berbagai macam lalap sekaligus sambal pendampingnya. Pada hidangan minuman dan dessert disuguhkan Bajigur,  Colenak, dodol garut, macam-macam manisan buah serta Gurandil. Gurandil merupakan makanan sejenis cenil yang terbuat dari campuran tape dan singkong lalu dibalut dengan kelapa parut dan disajikan bersama taburan gula pasir. Sedangkan food stall terdapat Mie Kocok Bandung dan Soto Mie Bogor. Hidangan tersebut dapat dinikmati pada waktu makan siang dan makan malam.  Untuk mengangkat budaya lokal pada dua bulan ke depan Kartika Chandra berencana menghadirkan festival hidangan Nusa Tenggara sekaligus dengan busana adat.  Kiki

Artikel Lainnya

  • Okt 06, 2018

    Tren Specialty Tea Indonesia

    Specialty tea merupakan teh berkualitas tinggi yang dibuat dari pucuk muda tanaman teh....

  • Okt 06, 2018

    Menu Engineering dalam Bisnis Waralaba

    Menjalankan waralaba tentu diperlukan beberapa aspek yang menyertai....

  • Okt 04, 2018

    Konsep Baru Industri Horeka Indonesia

    Perkembangan industri jasa boga saat ini semakin intensif di Indonesia....

  • Okt 01, 2018

    Pameran Bisnis Waralaba & Kafe Terbesar di tahun 2018

    Gaya hidup masyarakat Indonesia saat ini dan pertumbuhan ekonomi kelas menengah mendorong kinerja industri pengolahan kopi di dalam negeri hingga mengalami peningkatan yang signifikan. Kopi Indonesia banyak digemari dan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Indonesia. Salah satu cara modern untuk menikmati kopi adalah dengan datang ke kafe. Pertumbuhan konsumsi produk kopi olahan di dalam negeri meningkat rata-rata lebih dari 7% pertahun. Melihat hal tersebut, tidak mengherankan apabila perkembangan bisnis kafe di Indonesia begitu menjanjikan. Kafe kini bukan hanya sebagai tempat untuk menikmati kopi namun telah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat Indonesia. ...

  • Sep 22, 2018

    Sehat Tidak Selalu Tidak Enak

    Paradigma terhadap makanan yang menyehatkan masih erat dengan rasa yang tidak enak dan tidak menarik untuk dikonsumsi. Guna mendobrak paradigma tersebut, diperlukan usaha dari para pelaku kepentingan seperti praktisi kesehatan, pelaku kuliner, dan juga konsumen sebagai target utama mengubah paradigma tersebut. ...