Roti Konde, Oleh-oleh Kota Hujan





Mungkin sebagian orang aneh dan penasaran dengan sebutan roti yang unik ini. Namun, bagi sebagian masyarakat Bogor roti yang satu ini sudah tidak asing lagi. Di kampung Arab kawasan Empang, Bogor Anda dapat menemukan roti konde yang populer ini.

Roti konde merupakan hasil modifikasi dari roti cane atau roti maryam. Meskipun bentuknya sama, namun rasa roti konde ini lebih gurih jika dibandingkan dengan roti cane. Bentuknya yang bulat tipis dan berulir membuat penganan ini dinamai ‘Roti Konde’. Ada beberapa cara untuk menikmati roti yang identik dengan daerah Timur Tengah ini, yaitu dengan mencelupkannya ke kari kambing, madu, gula, dapat diberi topping layaknya pizza ataupun diberi filling seperti burger. Tergantung selera anda yang menikmatinya! Rasanya yang lezat dan renyah membuat roti ini banyak diminati, tidak hanya masyarakat sekitar, penggemar roti ini bahkan banyak yang berasal dari luar daerah.

Askar, sang pemilik Ka Nung Bakery mengaku, usahanya ini merupakan usaha lanjutan yang telah dirintis Ibunya sejak tahun 1974 tanpa menggunakan brand name. Pada tahun 2002, ia mulai melanjutkan usaha ibunya dengan menggunakan nama Ka Nung Bakery yang diambil dari nama ‘Nur’. Selain bentuk fisiknya yang seperti konde, pemilik dari roti pun ingin memiliki khas tersendiri, yaitu berupa rasa yang khas serta nama yang unik sehingga mudah diingat. Selain roti konde, outlet ini pun menyediakan beberapa pilihan hidangan lain, seperti Rissole, Martabak Mesir, dan juga Sambosa. Karena berada di lingkungan warga Arab, maka seluruh produk bercitarasa Timur Tengah yang kaya akan rempah.

Yang menarik perhatian yaitu Asyid atau lebih populer dengan sebutan Dodol Arab, sekilas bentuk dan warnanya hampir sama dengan kue keranjang, namun di bagian puncak Asyid memiliki lubang yang diberi margarine, rasanya yang manis ditambah aroma rempah menimbulkan sensasi rasa yang khas.

Setiap harinya Askar dapat memproduksi hingga seribu buah roti konde, jika weekend tiba jumlah yang diproduksi pun bertambah. Ka Nung Bakery ini sudah memiliki cabang di Jakarta dan Bandung, dan bagi masyarakat yang berada di daerah Tarakan, Garut, Purwokerto sudah bisa menikmati roti ini karena di daerah tersebut terdapat beberapa gerai yang menyediakan roti konde Ka Nung Bakery. Harga roti konde ini sangat terjangkau, hanya dengan Rp. 2.800 anda sudah dapat menikmatinya. Sedangkan untuk Asyid dibandrol Rp. 12.000 dengan ukuran 400 gram dan untuk rissole dihargai Rp. 23.000/10 pcs. Dengan harga terjangkau dan rasanya yang lezat tidak salah jika roti ini dijadikan oleh-oleh wajib khas kota hujan.

Ka Nung Bakery
Jl. Sedane No. 23, Empang Bogor

Artikel Lainnya

  • Apr 13, 2018

    Clean eating pada Menu Balita

    Clean eating pada menu balita dapat menjadi salah satu cara untuk memenuhi asupan gizi balita....

  • Apr 12, 2018

    Hidup Sehat Mencegah Penyakit Degeneratif

    Ada yang bilang, kondisi masa tua merupakan cerminan dari apa yang kita konsumsi di masa muda....

  • Apr 11, 2018

    Menyusun Menu Terpadu

    Dalam menjalankan bisnis restoran, hal-hal kecil yang luput diperhatikan dapat menyebabkan beberapa kendala yang signifikan....

  • Apr 10, 2018

    Tepat Menangani Katering

    Menangani katering berbeda dengan menangani sarapan setiap paginya....

  • Apr 10, 2018

    Fun Kitchen Festival: Sarana Informasi Kuliner Indonesia

    Memadukan cita rasa memang bukan perkara yang mudah tetapi, bukan berarti pula tidak mungkin untuk dilakukan. Dengan teknik, pengolahan, serta pengetahuan terhadap bahan yang tepat sebuah hidangan baru yang merupakan pencampuran dari dua hal yang berbeda. Tidak melulu soal rasa, pencampuran juga terkadang memberikan sentuhan pada penampilan maupun ukuran. Hal tersebutlah yang ingin diusung pada Fun Kitchen Festival yang mengangkat tema “Trend Modern and Traditional Food & Beverages 2018” acara yang diselenggarakan pada 13-18 Maret 2018 lalu di Atrium Tengah Mall Taman Anggrek ini berlangsung sangat meriah dengan dihadiri peserta  dari segala latar belakang. ...