Kurangi Asupan Garam dengan Cara yang Menyenangkan





Hidup di dunia modern yang penuh dengan makanan olahan telah menghadirkan lebih banyak garam dalam asupan harian kita daripada jumlah sebenarnya yang diperlukan oleh tubuh. Hal ini menjadi jawaban dari temuan Electrolux Food Survey 2012 Asia Pasifik yang menyatakan bahwa lebih dari 70% responden di Singapura, Malaysia dan Filipina khawatir atas penggunaan garam dalam masakan rumah.

 

Walaupun garam bermanfaat dalam menambah cita rasa sebuah hidangan, namun seringkali tambahan tersebut sebenarnya tidak terlalu diperlukan. “Cobalah untuk mengganti konsumsi makanan favorit dengan makanan yang mengandung kadar garam lebih rendah, seperti keripik kentang yang tidak mengandung garam (un-salted chips) ´┐Żatau lebih baik lagi, ganti keripik kentang dengan kentang rebus atau biskuit sayuran. Seiring dengan waktu, indera perasa kita pun akan lebih menikmati makanan yang memiliki rasa alami dan mengandung sedikit garam,” tutur Arlisa Ardhiani selaku Product Marketing Manager Floor Care & Small Domestic Appliances PT Electrolux Indonesia.

Berikut adalah beberapa tips untuk menambah cita rasa makanan sembari mengurangi kadar garamnya:

Kurangi Garam dalam Menu Harian
Jika sudah terbiasa dengan asupan garam yang tinggi dalam menu harian untuk waktu yang lama, mungkin perlu melatih lidah untuk menikmati rasa asli dalam makanan. Namun, kabar baiknya adalah rata-rata orang tidak mampu benar-benar dapat membedakan tingkat keasinan, sehingga indera pengecap seseorang mungkin tidak akan merasakan perbedaannya jika mengurangi asupan garam hingga 25%.

Gunakan pengganti alami
Bumbu dan rempah-rempah yang dihaluskan sendiri seperti oregano dan lada dapat menambah´┐Ż rasa dan aroma dalam resep makanan. Bawang putih yang dicincang, parut atau panggang juga dapat dipotong kecil dan diiris untuk meningkatkan cita rasa makanan. Gunakan lada hitam yang dihaluskan sendiri, bukan lada hitam yang sudah digiling dari toko. Lada hitam yang digiling sendiri memiliki rasa dan aroma yang lebih kaya.

Gunakan bahan makanan yang segar
Gunakan sebanyak mungkin bahan makanan yang segar, karena bahan tersebut memiliki rasa yang paling alami. Makanan olahan mengandung tingkat garam yang tinggi karena garam dapat menyembunyikan rasa yang hambar dari bahan makanan yang kurang segar. Sebaliknya, bahan makanan yang segar tidak memerlukan bumbu yang banyak untuk mendapatkan rasa yang lezat.

Gunakan teknik memasak yang tepat
Teknik slow cooking, pembakaran, dan pemanggangan merupakan tiga teknik memasak yang dapat membantu untuk mengurangi penggunaan garam. Dengan teknik membakar makanan, rasa dan sari pati dari makanan seperti dalam jamur dan steak. Sementara dengan teknik memanggang, dapat mengeluarkan rasa manis dan asin dari sayur dan daging. Sama halnya dengan teknik slow cooking atau memasak dengan pelan yang dapat mengeluarkan keseluruhan cita rasa dalam makanan. K-15

Artikel Lainnya

  • Okt 06, 2018

    Tren Specialty Tea Indonesia

    Specialty tea merupakan teh berkualitas tinggi yang dibuat dari pucuk muda tanaman teh....

  • Okt 06, 2018

    Menu Engineering dalam Bisnis Waralaba

    Menjalankan waralaba tentu diperlukan beberapa aspek yang menyertai....

  • Okt 04, 2018

    Konsep Baru Industri Horeka Indonesia

    Perkembangan industri jasa boga saat ini semakin intensif di Indonesia....

  • Okt 01, 2018

    Pameran Bisnis Waralaba & Kafe Terbesar di tahun 2018

    Gaya hidup masyarakat Indonesia saat ini dan pertumbuhan ekonomi kelas menengah mendorong kinerja industri pengolahan kopi di dalam negeri hingga mengalami peningkatan yang signifikan. Kopi Indonesia banyak digemari dan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Indonesia. Salah satu cara modern untuk menikmati kopi adalah dengan datang ke kafe. Pertumbuhan konsumsi produk kopi olahan di dalam negeri meningkat rata-rata lebih dari 7% pertahun. Melihat hal tersebut, tidak mengherankan apabila perkembangan bisnis kafe di Indonesia begitu menjanjikan. Kafe kini bukan hanya sebagai tempat untuk menikmati kopi namun telah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat Indonesia. ...

  • Sep 22, 2018

    Sehat Tidak Selalu Tidak Enak

    Paradigma terhadap makanan yang menyehatkan masih erat dengan rasa yang tidak enak dan tidak menarik untuk dikonsumsi. Guna mendobrak paradigma tersebut, diperlukan usaha dari para pelaku kepentingan seperti praktisi kesehatan, pelaku kuliner, dan juga konsumen sebagai target utama mengubah paradigma tersebut. ...