Mari Membuat Donauwellen





Master Baker Heru Laksana dari Maison Wiener Bakery and Cake Shop berbagi resep dan tips pembuatan cake asala Austria, Donauwellen. Cake yang didemokan Heru di ajang Interfood Expo 2012 di stan Forvita tersebut memiliki ciri khas tersendiri dibandingkan dengan cake lainnya. Sesuai namanya “Donau” yang berarti nama sebuah danau di Austria dan “Wellen” yang berarti ombak, cake ini memiliki tampilan bergelombang mirip ombak sebuah danau. Berbahan dasar terigu dan margarin, Heru dengan sigap dan terampil membuat adonan Cake Donauwellen. 

Berikut bahan yang harus disiapkan:
Cake
Margarine Forvita        250 gram
Butter Flavour           2 sendok teh
Gula pasir            200 gram
Vanili                1 sendok teh
Telur utuh             200 gram
Kuning telur            100 gram
Tepung soft (terigu)   250 gram
Susu bubuk            50 gram
Baking powder            3 sendok teh
Cocoa powder            20 gram
Susu cair            30 ml
Cherry kaleng            2 kaleng

Pudding Butter Cream
Fla/milk pudding        600 ml
Margarin Forvita        250 gram
Butter flavor            1 sendok teh

Chocolate coating
Dark chocolate            200 gram
Minyak sayur/salad       10 ml

Cara pembuatan:
Cake:
Langkah I
Campuran 1:Campurkan margarin Forvita dengan vanili, butter flavor, dan 100 gram gula. Kocok menggunakan mixer hingga adonan mengembang
Campuran 2: Campurkan sisa gula (100 gram lagi) dengan telur dan kocok secara manual (mixer tangan)
Campuran 3: Campurkan terigu, susu bubuk serta baking powder
Campuran 4: Campurkan susu cair dengan cuklat bubuk, aduk hingga rata

Langkah II
- Setelah adonan margarine mengembang, angkat, kemudian masukkan campuran I secara perlahan, aduk lagi sebentar. Kemudian angkat.
- Setelah itu, masukkan campuran 2, aduk perlahan. Kemudian diteruskan dengan penambahan campuran 3. 
- Setelah diaduk rata, ambil 1/3 adonan kemudian campur dengan campuran IV (susu cair dengan coklat bubuk) sebagai adonan pelapis. Aduk rata.
- Masukkan adonan asli ke dalam Loyang ukuran 22 x 30 cm, ratakan
- Tambahkan adonan pelapis berwarna coklat
- Taburkan cherry di permukaan adonan
- Panggang dengan temperature 180C selama kurang lebih 40 menit
- Setelah matang, dinginkan.

Pudding Butter Cream
Kocok margarine hingga naik, campurkan dengan pudding yang dihaluskan
Poles ke atas cake, dinginkan 1 jam di kulkas

Chocolate coating
Lumerkan dark chocolate, campurkan dengan minyak, kemudian diaduk.
Poles chocolate diatas cream, beri efek ombak. Dinginkan di kulkas
Potong dengan pisau panas. Sajikan.  nadya

Artikel Lainnya

  • Okt 06, 2018

    Tren Specialty Tea Indonesia

    Specialty tea merupakan teh berkualitas tinggi yang dibuat dari pucuk muda tanaman teh....

  • Okt 06, 2018

    Menu Engineering dalam Bisnis Waralaba

    Menjalankan waralaba tentu diperlukan beberapa aspek yang menyertai....

  • Okt 04, 2018

    Konsep Baru Industri Horeka Indonesia

    Perkembangan industri jasa boga saat ini semakin intensif di Indonesia....

  • Okt 01, 2018

    Pameran Bisnis Waralaba & Kafe Terbesar di tahun 2018

    Gaya hidup masyarakat Indonesia saat ini dan pertumbuhan ekonomi kelas menengah mendorong kinerja industri pengolahan kopi di dalam negeri hingga mengalami peningkatan yang signifikan. Kopi Indonesia banyak digemari dan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Indonesia. Salah satu cara modern untuk menikmati kopi adalah dengan datang ke kafe. Pertumbuhan konsumsi produk kopi olahan di dalam negeri meningkat rata-rata lebih dari 7% pertahun. Melihat hal tersebut, tidak mengherankan apabila perkembangan bisnis kafe di Indonesia begitu menjanjikan. Kafe kini bukan hanya sebagai tempat untuk menikmati kopi namun telah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat Indonesia. ...

  • Sep 22, 2018

    Sehat Tidak Selalu Tidak Enak

    Paradigma terhadap makanan yang menyehatkan masih erat dengan rasa yang tidak enak dan tidak menarik untuk dikonsumsi. Guna mendobrak paradigma tersebut, diperlukan usaha dari para pelaku kepentingan seperti praktisi kesehatan, pelaku kuliner, dan juga konsumen sebagai target utama mengubah paradigma tersebut. ...