Manfaat Lemak Bagi Tubuh





Beberapa senyawa yang termasuk komponen gizi dalam makanan yang diperlukan tubuh adalah lemak dan minyak. Lemak dan minyak merupakan senyawa-senyawa golongan lipida, yaitu senyawa organik yang terdapat di alam serta tidak larut dalam air, tetapi larut dalam pelarut organik non-polar. Perbedaan lemak dan minyak yang paling mendasar terletak pada sifat fisiknya dalam suhu ruang, yaitu lemak memiliki wujud padat, sedangkan minyak berwujud cair. Perbedaan sifat fisik tersebut disebabkan karena perbedaan titik leleh kedua senyawa tersebut yang disebabkan perbedaan jumlah ikatan rangkap, panjang ikatan karbon, dan bentuk cis atau trans yang terdapat dalam asam lemak tidak jenuh penyusunnya.     

Hal itu dikemukakan oleh Research & Development PT Salim Ivomas Pratama Fransisca Maria Ellen dalam seminar tentang lemak dan minyak, yang diselenggarakan oleh Mahasiswa Diploma IPB di Kampus Baranangsiang, Bogor pada 25 Nopember lalu. Ellen menjelaskan, lemak dan minyak diklasifikasikan menjadi dua kelompok, yaitu berdasarkan sumber dan komposisi asam lemak penyusunnya. Berdasarkan sumbernya, kedua senyawa ini dibedakan menjadi lemak dan minyak nabati serta lemak dan minyak hewani. Lemak dan minyak nabati berasal dari tumbuh-tumbuhan seperti jagung, kelapa sawit, dan kedelai, sedangkan lemak dan minyak hewani berasal dari hewan seperti ikan, sapi, dan ayam. Berdasarkan komposisi asam lemak penyusunnya, kedua senyawa ini dibedakan menjadi kelompok laurat, contohnya Palm Kernel Oil (PKO), kelompok palmitat, contohnya Palm Oil, serta kelompok linoleat, contohnya minyak jagung.     

Ellen menguraikan, lemak memiliki banyak kegunaan untuk tubuh, salah satunya adalah sebagai sumber energi. Fungsi-fungsi lemak  dalam tubuh lainnya, yaitu sebagai pelarut untuk vitamin A, D, E, dan K, pelindung organ-organ tubuh, isolator dalam menjaga keseimbangan suhu tubuh, bagian dari membran sel, dan mediator aktivitas biologis dalam sel. 

Pada makanan lemak memiliki fungsi sebagai penambah cita rasa yang berupa rasa lezat, aroma, dan kelembutan pada tekstur makanan. Selain memiliki banyak fungsi untuk tubuh dan makanan, lemak dapat menimbulkan kerugian apabila dikonsumsi secara berlebihan, yaitu lebih dari 30% dari kebutuhan energi total. Resiko-resiko yang ditimbulkan adalah obesitas dan penyakit jantung koroner yang dewasa ini menjadi masalah kesehatan di negara-negara maju karena menyebabkan tingkat kematian yang tinggi. Syifa

Artikel Lainnya