The Berries Family



Strawberry, blueberry dan raspberry adalah jenis buah berry yang populer. Buah-buahan yang termasuk keluarga berry ini sudah sejak lama digunakan sebagai campuran makanan atau minuman dan juga digunakan sebagai obat.



Buah berry yang banyak ditemukan di kawasan timur Amerika Utara, Pantai Pasifik, Kepulauan Inggris, dan Eropa Barat tersebut memang cukup terkenal khususnya karena rasanya yang enak.
Berries mengandung mikronutrien bermanfaat, seperti vitamin C dan kalsium. Para ilmuwan telah menemukan bahwa berries memiliki beberapa tingkat antioksidan tertinggi dari jenis buah-buahan lainnya. Selain itu, buah ini merupakan sumber serat makanan, serat yang terkandung didalamnya merupakan serat larut yang disebut pektin. Keluarga berry jenis yang beragam dan tiap jenisnya memiliki ciri masing-masing, dari warna, bentuk dan khasiatnya. Buah berry yang banyak ditemukan di kawasan timur Amerika Utara, pantai Pasifik, Kepulauan Inggris, dan Eropa Barat tersebut memang cukup terkenal khususnya karena rasanya yang enak. Sebagian besar buah berry mengandung polyphenol serta anthocyanin yang bermanfaat bagi kesehatan.

Strawberry
Tumbuhan yang bernama latin Fragaria chiloensis L. dapat ditemukan hampir di setiap negara. Strawberry tak hanya bisa dimakan langsung, rasanya yang asam menjadikannya nikmat dijadikan minuman atau hidangan dessert yang segar. Warna merahnya sangat cantik menggoda karena kandungan pigmen antosianin dan juga antioksidan yang tinggi. Selain antioksidan, di dalamnya juga terkandung vit C, asam folat dan kalium.

Blueberry
Blueberry yang berasal dari Amerika Utara dan dapat tumbuh di area sub tropis ini memiliki daging buah putih atau kehijuan dan rasanya manis. Biasanya buah ini dijadikan sebagai hidangan pencuci mulut, jus, selai, jelly dan berbagai hiasan kue. Negara bagian Maine, Amerika Serikat merupakan produsen Blueberry terbesar di dunia. Sebuah studi dari University of Michigan Cardiovaskular Center menyebutkan bahwa buah ini dapat mengurangi lemak perut dan menurunkan risiko penyakit jantung serta sindroma metabolik.

Raspberry
Raspberry adalah salah satu jenis berry yang memiliki warna buah merah, hitam, ungu atau kuning keemasan.  Buah ini dapat tumbuh di berbagai area di dunia dengan nama keluarga Rubus. Raspberry memeiliki cirri berbeda dengan berry lainnya, yaitu memiliki rongga di tengah setelah diambil tangkainya. Raspberry banyak dimanfaatkan untuk selai, jus, dan topping berbagai hidangan. Untuk menghasilkan varietas baru, maka raspberry disilangkan dengan blueberry dan menghasilkan buah yang diberi nama tayberry.

 

Mulberry
Mulberry merupakan tanaman yang banyak hidup di area subtropik di Afrika, Asia dan Amerika. Mulberry atau yang dikenal juga dengan nama Murbai ini berbeda jenis berry lain, biasanya pohon berry berupa tanaman semak,namun tidak dengan mulberry yang berupa pohon dengan tinggi pohon sekitar 10-15 meter. Buah Mulberry bergerombol dengan panjang 2 – 3 cm berwarna ungu tua hingga hitam saat masak serta berasa manis. Mulberry banyak dibudidayakan dan diambil buahnya bahan kue, selai atau minuman. Disamping buahnya, daun mulberry pun dimanfaatkan sebagai makanan ulat sutra.

Blackberry
Tanaman yang tumbuh di belahan bumi utara terutama di wilayah subtropis seperti Amerika Utara dan Eropa. Bentuk blackberry seperti anggur, namun dengan buah yang kecil dan bergerombol. Ketika masih muda, buah ini berwarna hijau, tetapi jika sudah masak blackberry berwarna berwarna hitam atau ungu tua, rasanya manis dengan panjang sekitar 130 mm. Perkebunan blackberry yang terkenal adalah di Oregon, Amerika Serikat yang buahnya banyak digunakan untuk berbagai keperluan seperti buah pencuci mulut, selai, dan bahan pembuat kue. Karena kandungan vitamin E dan vitamin C yang cukup tinggi berry jenis ini juga banyak dimanfaatkan untuk produk kecantikan.

Cranberry
Nama Cranberry diambil dari nama burung Crane yang bentuk leher dan kepalanya seperti kelopak bunga Cranberry. Tanaman ini tumbuh di tanah lembab sedikit asam, seperti di daerah Amerika Serikat.  Produsen Cranberry terbesar di dunia datang dari negara bagian Wisconsin, Amerika Serikat. Buah berwarna merah ini banyak digunakan sebagai saus makanan, jus dan manisan. Selain di Wisconsin, buah yang berukuran bekisar 6 – 18 mm banyak dibudidayakan di Chile, Balkan dan Negara bagian Eropa timur.

Huckleberry
Tanaman ini tumbuh di tanah keasaman dan lembab. Buah tanaman Huckleberry umumnya dapat  berdiameter sekitar 5 mm dan bergerombol rata-rata 10 buah pada satu tangkai. Warna buahnya dapat berwarna merah cerah, ungu tua dan biru. Rasa buah Huckleberry beragam mulai dari asam hingga manis dengan dan rasanya mirip seperti blueberry. Buah ini juga banyak diolah menjadi selai atau minuman.

Dewberry
Dewberry merupakan tumbuhan yang berkeluarga dekat dengan Blackberry dan Raspberry, tumbuhan ini banyak dijumpai di bumi belahan utara dan nama latin. Buah Dewberry mirip dengan Raspberry yaitu bulat kecil bergerombol dengan diameter antara 15 – 20 mm dan berwarna ungu kehitaman. Buah dewberry rasanya manis sehingga dapat dibuat selai dan daunnya juga sering digunakan menjadi teh. Buah ini belum banyak dibudidayakan dan masih dianggap sebagai tanaman liar.

 

Lingonberry
Lingonberry merupakan jenis berry yang memiliki banyak nama lain, yaitu Cowberry, Foxberry dan Redberry. Tumbuhan ini hidup pada tanah berjenis asam dan lembab di daerah boreal di Eropa terutama populer di Swedia dan Amerika Utara yang beriklim subartik. Karena rasanya asam, maka buah ini banyak dijadikan selai, sirup atau jus yang banyak dicampur gula. Sama haknya dengan Dewberry, tanaman ini juga masih dianggap liar sehingga belum banyak dibudidayakan.

Goji Berry
Buah yang satu ini merupakan jenis berry yang banyak dimanfaatkan untuk produk kecantikan. Goji berry dikenal juga dengan nama Wolf Berry, tanaman ini banyak tumbuh di dataran China, Tibet dan Himalaya dan sudah dikenal sebagai traditional Chinese medicine. Goji berry dapat diolah menjadi jus segar, di Cina buah ini diolah menjadi buah kering dan dijadikan obat atau dicampur dalam olahan
sup.

Edelberry
Berry jenis ini merupakan varietas baru, buah tersebut banyak tersebar di Amerika Utara, Eropa, Asia Barat dan Afrika Utara. Elderberries bentuknya bulat kecil berwarna ungu kehitaman, namun jika ingin menikmati buah ini harus sedikit hati-hati karena daunnya beracun. Saat ini, sekitar 40%-50% elderberries digunakan sebagai bahan obat herbal dan sisanya dibuat makanan.

Gooseberry
Tanaman asal Eropa ini banyak tumbuh di Afrika Barat, Selatan dan Asia Tenggara. Batang tanaman ini berduri dan tumbuh berbunga dengan batang yang pendek setinggi 1-3 meter. Ukuran buahnya kecil, berwarna merah keunguan dan hijau. Buah ini bisa dikonsumsi langsung, namun banyak juga ditanam hanya sebagai tanaman hias. Selain dikonsumsi langsung, di daerah India buah ini dijadikan acar. Kiki Meilani

 

Artikel Lainnya

  • Feb 15, 2019

    Dangke: Produk Keju dengan Kearifan Lokal

    Dangke merupakan produk keju tradisional dari susu kerbau khas Sulawesi Selatan dan telah diproduksi sejak tahun 1905. Dangke banyak diproduksi di daerah Enrekang, Curio, Baraka, Anggeraja dan Alla. Menurut cerita, nama Dangke berasal dari bahasa Belanda, “dank u well” yang berarti terimaksih banyak. Saat itu seorang peternak kerbau memberikan olahan fermentasi susu kepada orang Belanda yang sedang melintas dan orang Belanda tersebut mengucapkan “dank je” yaitu ucapan singkat dari “dank u well”. Sejak saat itulah susu fermentasi kerbau ini disebut dangke. Dangke memiliki tekstur yang elastis, berwarna putih, dan memiliki rasa mirip dengan keju pada umumnya. ...

  • Feb 14, 2019

    Costing Menu Summer Fresh

    Summer Fresh merupakan smoothies buah mangga, pisang, dan peach yang dihaluskan dengan tambahan susu dan yogurt. Teksturnya agak kental mengandung butiran halus es buah beku yang dingin, sangat pas disajikan saat siang atau udara panas. Kaya akan vitamin C, kalium, kalsium, dan zat gizi lainnya yang bermanfaat bagi kesehatan. Penambahan yogurt selain memberi rasa asam segar juga memberikan manfaat bagi kesehatan percernaan karena mengandung probiotik. Bahan smothies ini antara lain mangga, peach, pisang, susu segar, dan yogurt. Kandungan gizi per porsinya antara lain; energi 251 kkal, protein 7,6 gram, lemak 8,2 gram, dan karbohidrat 39,8 gram. Berikut adalah costing dari Summer Fresh: ...

  • Feb 13, 2019

    Jus Martabe Khas Sumatra Utara

    Jus martabe merupakan minuman dari Sumatera Utara yang tergolong unik dan jarang dijumpai pada daerah lain. Keunikannya terletak pada bahan dasar yang digunakan yakni terong Belanda dan markisa. Martabe sendiri merupakan singkatan dari Markisa-Terong-Belanda. Jus ini tinggi serat pangan dan pektin, gula buah fruktosa, vitamin C, vitamin E, asam folat, kalium, dan magnesium. Mengonsumsi jus  martabe dapat memperbaiki kekebalan tubuh, meningkatkan kesehatan tulang, mengefektifkan sistem pembersihan racun dalam tubuh, memacu peremajaan sel, menggiatkan fungsi hati dan ginjal, serta mengatasi radang saluran kencing.   ...

  • Feb 12, 2019

    Audit untuk Menjaga Keamanan Pangan Restoran

    Salah satu usaha yang mengombinasikan antara produk dan jasa adalah restoran. Dalam menyajikan menu di restoran perlu adanya proses yang memastikan bahwa prosedur yang telah dibuat sesuai dengan praktiknya. Oleh karena itu, audit sangat dibutuhkan bagi restoran. Tujuan dari proses audit adalah sebagai proses verifikasi untuk memastikan bahwa Sistem Manajemen Keamanan yang dibentuk oleh restoran benar-benar diimplementasikan sesuai dengan standar yang telah ditetapkan. Selain itu, audit juga dilakukan sebagai evaluasi untuk memastikan apakah sistem tersebut masih dapat menjaga produk pangan sesuai dengan standar yang telah ditetapkan dan untuk kebutuhan sertifikasi atau validasi pengesahan terhadap sistem untuk kebutuhan branding produk maupun persyaratan akan suatu bentuk status komersial.   ...

  • Feb 11, 2019

    Kecukupan Gizi Konsumen Vegetarian

    Konsumen vegetarian biasanya menghindari beberapa makanan khusunya yang menjadi sumber protein hewani. Oleh karena itu, asupan gizi seperti protein yang biasa didapat dari sumber hewani harus digantikan dari sumber lain. Menurut Prof. Ali, masalah terbesar utama yang sangat sering dialami para vegetarian adalah kekurangan asupan protein yang berkualitas dan kekurangan zat besi (Fe). Mereka bisa saja mendapatkan asupan protein dari pangan nabati. Namun, kebanyakan sumber protein dari pangan nabati tidak memiliki nilai biologis yang cukup, sehingga memerlukan proses yang lebih lama agar bisa diserap dengan baik oleh tubuh.   ...