The Berries Family



Strawberry, blueberry dan raspberry adalah jenis buah berry yang populer. Buah-buahan yang termasuk keluarga berry ini sudah sejak lama digunakan sebagai campuran makanan atau minuman dan juga digunakan sebagai obat.



Buah berry yang banyak ditemukan di kawasan timur Amerika Utara, Pantai Pasifik, Kepulauan Inggris, dan Eropa Barat tersebut memang cukup terkenal khususnya karena rasanya yang enak.
Berries mengandung mikronutrien bermanfaat, seperti vitamin C dan kalsium. Para ilmuwan telah menemukan bahwa berries memiliki beberapa tingkat antioksidan tertinggi dari jenis buah-buahan lainnya. Selain itu, buah ini merupakan sumber serat makanan, serat yang terkandung didalamnya merupakan serat larut yang disebut pektin. Keluarga berry jenis yang beragam dan tiap jenisnya memiliki ciri masing-masing, dari warna, bentuk dan khasiatnya. Buah berry yang banyak ditemukan di kawasan timur Amerika Utara, pantai Pasifik, Kepulauan Inggris, dan Eropa Barat tersebut memang cukup terkenal khususnya karena rasanya yang enak. Sebagian besar buah berry mengandung polyphenol serta anthocyanin yang bermanfaat bagi kesehatan.

Strawberry
Tumbuhan yang bernama latin Fragaria chiloensis L. dapat ditemukan hampir di setiap negara. Strawberry tak hanya bisa dimakan langsung, rasanya yang asam menjadikannya nikmat dijadikan minuman atau hidangan dessert yang segar. Warna merahnya sangat cantik menggoda karena kandungan pigmen antosianin dan juga antioksidan yang tinggi. Selain antioksidan, di dalamnya juga terkandung vit C, asam folat dan kalium.

Blueberry
Blueberry yang berasal dari Amerika Utara dan dapat tumbuh di area sub tropis ini memiliki daging buah putih atau kehijuan dan rasanya manis. Biasanya buah ini dijadikan sebagai hidangan pencuci mulut, jus, selai, jelly dan berbagai hiasan kue. Negara bagian Maine, Amerika Serikat merupakan produsen Blueberry terbesar di dunia. Sebuah studi dari University of Michigan Cardiovaskular Center menyebutkan bahwa buah ini dapat mengurangi lemak perut dan menurunkan risiko penyakit jantung serta sindroma metabolik.

Raspberry
Raspberry adalah salah satu jenis berry yang memiliki warna buah merah, hitam, ungu atau kuning keemasan.  Buah ini dapat tumbuh di berbagai area di dunia dengan nama keluarga Rubus. Raspberry memeiliki cirri berbeda dengan berry lainnya, yaitu memiliki rongga di tengah setelah diambil tangkainya. Raspberry banyak dimanfaatkan untuk selai, jus, dan topping berbagai hidangan. Untuk menghasilkan varietas baru, maka raspberry disilangkan dengan blueberry dan menghasilkan buah yang diberi nama tayberry.

 

Mulberry
Mulberry merupakan tanaman yang banyak hidup di area subtropik di Afrika, Asia dan Amerika. Mulberry atau yang dikenal juga dengan nama Murbai ini berbeda jenis berry lain, biasanya pohon berry berupa tanaman semak,namun tidak dengan mulberry yang berupa pohon dengan tinggi pohon sekitar 10-15 meter. Buah Mulberry bergerombol dengan panjang 2 – 3 cm berwarna ungu tua hingga hitam saat masak serta berasa manis. Mulberry banyak dibudidayakan dan diambil buahnya bahan kue, selai atau minuman. Disamping buahnya, daun mulberry pun dimanfaatkan sebagai makanan ulat sutra.

Blackberry
Tanaman yang tumbuh di belahan bumi utara terutama di wilayah subtropis seperti Amerika Utara dan Eropa. Bentuk blackberry seperti anggur, namun dengan buah yang kecil dan bergerombol. Ketika masih muda, buah ini berwarna hijau, tetapi jika sudah masak blackberry berwarna berwarna hitam atau ungu tua, rasanya manis dengan panjang sekitar 130 mm. Perkebunan blackberry yang terkenal adalah di Oregon, Amerika Serikat yang buahnya banyak digunakan untuk berbagai keperluan seperti buah pencuci mulut, selai, dan bahan pembuat kue. Karena kandungan vitamin E dan vitamin C yang cukup tinggi berry jenis ini juga banyak dimanfaatkan untuk produk kecantikan.

Cranberry
Nama Cranberry diambil dari nama burung Crane yang bentuk leher dan kepalanya seperti kelopak bunga Cranberry. Tanaman ini tumbuh di tanah lembab sedikit asam, seperti di daerah Amerika Serikat.  Produsen Cranberry terbesar di dunia datang dari negara bagian Wisconsin, Amerika Serikat. Buah berwarna merah ini banyak digunakan sebagai saus makanan, jus dan manisan. Selain di Wisconsin, buah yang berukuran bekisar 6 – 18 mm banyak dibudidayakan di Chile, Balkan dan Negara bagian Eropa timur.

Huckleberry
Tanaman ini tumbuh di tanah keasaman dan lembab. Buah tanaman Huckleberry umumnya dapat  berdiameter sekitar 5 mm dan bergerombol rata-rata 10 buah pada satu tangkai. Warna buahnya dapat berwarna merah cerah, ungu tua dan biru. Rasa buah Huckleberry beragam mulai dari asam hingga manis dengan dan rasanya mirip seperti blueberry. Buah ini juga banyak diolah menjadi selai atau minuman.

Dewberry
Dewberry merupakan tumbuhan yang berkeluarga dekat dengan Blackberry dan Raspberry, tumbuhan ini banyak dijumpai di bumi belahan utara dan nama latin. Buah Dewberry mirip dengan Raspberry yaitu bulat kecil bergerombol dengan diameter antara 15 – 20 mm dan berwarna ungu kehitaman. Buah dewberry rasanya manis sehingga dapat dibuat selai dan daunnya juga sering digunakan menjadi teh. Buah ini belum banyak dibudidayakan dan masih dianggap sebagai tanaman liar.

 

Lingonberry
Lingonberry merupakan jenis berry yang memiliki banyak nama lain, yaitu Cowberry, Foxberry dan Redberry. Tumbuhan ini hidup pada tanah berjenis asam dan lembab di daerah boreal di Eropa terutama populer di Swedia dan Amerika Utara yang beriklim subartik. Karena rasanya asam, maka buah ini banyak dijadikan selai, sirup atau jus yang banyak dicampur gula. Sama haknya dengan Dewberry, tanaman ini juga masih dianggap liar sehingga belum banyak dibudidayakan.

Goji Berry
Buah yang satu ini merupakan jenis berry yang banyak dimanfaatkan untuk produk kecantikan. Goji berry dikenal juga dengan nama Wolf Berry, tanaman ini banyak tumbuh di dataran China, Tibet dan Himalaya dan sudah dikenal sebagai traditional Chinese medicine. Goji berry dapat diolah menjadi jus segar, di Cina buah ini diolah menjadi buah kering dan dijadikan obat atau dicampur dalam olahan
sup.

Edelberry
Berry jenis ini merupakan varietas baru, buah tersebut banyak tersebar di Amerika Utara, Eropa, Asia Barat dan Afrika Utara. Elderberries bentuknya bulat kecil berwarna ungu kehitaman, namun jika ingin menikmati buah ini harus sedikit hati-hati karena daunnya beracun. Saat ini, sekitar 40%-50% elderberries digunakan sebagai bahan obat herbal dan sisanya dibuat makanan.

Gooseberry
Tanaman asal Eropa ini banyak tumbuh di Afrika Barat, Selatan dan Asia Tenggara. Batang tanaman ini berduri dan tumbuh berbunga dengan batang yang pendek setinggi 1-3 meter. Ukuran buahnya kecil, berwarna merah keunguan dan hijau. Buah ini bisa dikonsumsi langsung, namun banyak juga ditanam hanya sebagai tanaman hias. Selain dikonsumsi langsung, di daerah India buah ini dijadikan acar. Kiki Meilani

 

Artikel Lainnya

  • Nov 21, 2018

    Resmi Dibuka, SIAL Interfood 2018

    Industri kuliner kian berkembang di Indonesia. Berkembanganya industri kuliner di Indonesia membuat wisatawan mancanegara tertarik untuk menjadikan Indonesia sebagai destinasi wisata. Bahkan, wisata kuliner menempati 30% dari total pengeluaran atau belanja wisatawan. Dengan kata lain, industri kuliner sebagai salah satu penyumbang besar devisa negara.    "Industri kuliner menjadi salah satu daya tarik pariwisata tanah air. Dengan adanya pameran SIAL INTERFOOD 2018 ini, akan berdampak positif terhadap peningkatan kunjungan wisatawan mancanegara. Acara ini juga akan menjadi ajang promosi dan informasi yang mampu mendorong kemajuan wisata kuliner nasional," terang Plt Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I kementerian pariwisata RI, Dra. Ni Wayan Giri A. M.Sc, dalam upacara pembukaan pameran SIAL INTERFOOD 2018 yang di selenggarakan di Jakarta pada 21 November 2018.   Pameran yang berlangsung selama empat hari ini mentargetkan 75.000 pengunjung dan akan dimeriahkan beragam program menarik. Program-program tersebut di antaranya SIAL Innovations, yaitu program acara yang memberikan penghargaan tertinggi kepada peserta atas inovasi terbaik untuk produk makanan dan industri pendukungnya, seperti pengemasan dan kontainer. Selain itu juga ada kompetisi dan perlombaan dalam bidang patiseri, teh, dan kopi yang bekerjasama dengan berbagai asosiasi.  Tidak sampai di situ, SIAL INTERFOOD juga menyelenggarakan berbagai seminar dan workshop dengan mengangkat topik yang berkaitan dengan tantangan keamanan pangan, penanganan limbah, dan pengembangan bisnis kuliner di Indonesia. KI-37 ...

  • Nov 05, 2018

    Pengenalan Sertifikasi Halal Untuk Produsen Pangan Skala UMKM

    Jaminan produk halal merupakan salah satu hal yang dipertimbangkan pada pola konsumsi pangan saat ini. Pergeseran tren ini menjadikan pemerintah berencana menerapkan kewajiban sertifikasi halal pada bulan Oktober 2019 mendatang.    Produk pangan yang diolah dari bahan halal sekalipun tetap harus memiliki sertifikasi halal agar dapat dipasarkan ke masyarakat. Implementasi kebijakan tersebut perlu menjadi perhatian karena kapasitas produksi pangan sangat beragam, mulai dari yang besar (industrial) hingga skala UMKM.    Penerapan sertifikasi halal bagi produsen pangan skala UMKM inilah yang perlu diperhatikan dan difasilitasi oleh pemerintah. “Masyarakat perlu dipahamkan tentang pentingnya jaminan produk halal beserta nilai tambah produk apabila memiliki sertifikasi halal.   Produsen UMKM banyak yang belum memperhatikan hal ini karena sertifikasi halal sampai sekarang masih bersifat sukarela,” jelas Desi Triyanti dari LPPOM MUI dalam acara Pengenalan Sertifikasi Halal Untuk UMKM sebagai rangkaian Indonesia Halal Expo (Indhex) 2018 yang diadakan pada 3 November 2018 di Smesco Convention Hall Jakarta.    Desi menekankan bahwa ada tiga hal yang harus ada untuk mempercepat proses sertifikasi halal bagi UMKM yaitu kejujuran dalam proses audit, kesadaran produsen untuk menggunakan bahan halal, dan adanya ketertelusuran komponen produk yang dihasilkan.    Partisipasi aktif para produsen pangan merupakan kunci penting keberhasilan sertifikasi. Selain dari pihak produsen, LPPOM MUI juga memfasilitasi pengajuan proses sertifikasi produk halal melalui aplikasi Cerol yang lebih efektif dan efisien. Fri-36 ...

  • Nov 03, 2018

    Jaminan Halal Ingredien Berbasis Protein

    Dalam industri pangan, obat-obatan, dan kosmetik, banyak digunakan ingredien yang diproduksi dari sumber protein hewani seperti gelatin, kolagen, dan kondroitin. Pada mulanya sebagian ingredien tersebut diproduksi dari sumber non-halal. Namun saat ini, tren konsumen khususnya pada umat muslim telah bergeser ke arah tuntutan jaminan produk halal sehingga diperlukan suatu perubahan yang menyeluruh terhadap sistem produksi ingredien tersebut.   ...

  • Nov 01, 2018

    Indonesia sebagai Pusat Produk Halal Dunia

    Indonesia tengah bersiap sebagai pusat produk halal dunia. Masyarakat Indonesia yang mayoritas beragama Islam membuat hal tersebut sangat potensial untuk dikembangkan. Untuk memperkenalkan langkah tersebut, diadakan Indonesia Halal Expo (INDHEX) 2018 yang menghadirkan berbagai macam acara seperti pameran, seminar, dan juga gelar wicara. ...

  • Okt 29, 2018

    Rempah-Rempah Indonesia Membumbui Dunia

    Kekayaan rempah-rempah Indonesia tanpa disadari membumbui pangan dunia. Sejarah menceritakan bahwa bangsa-bangsa Eropa dan Jepang menjajah nusantara salah satu tujuan utamanya adalah untuk mendapatkan rempah-rempah Indonesia seperti lada dan pala. Hingga saat ini pun kuliner dan industri pangan tak akan lepas dari rempah-rempah sebagai penghasil flavor spesifik. Dosen Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Gadjah Mada,  Supriyadi mengatakan, "Inilah 4 primadona rempah Indonesia: cengkeh, pala, kayu manis, kemudian lada." Ada beberapa bagian tanaman Indonesia yang digunakan sebagai rempah-rempah diantaranya akar, umbi, daun, kulit batang, bunga, dan buah. Adapun pemanfaatan bumbu bisa dalam bentuk segar, kering, saus, dan oleorosin. Nur ...