Mengenal Aneka Jenis Roti





Roti merupakan salah satu makanan yang sudah tidak asing lagi. Makanan ini hampir selalu tersedia disetiap meja makan. Penyajiannya yang praktis dan jumlah kalorinya yang cukup tinggi membuat roti menjadi menu andalan untuk sarapan.

Roti adalah makanan yang berbahan dasar tepung terigu yang difermentasi oleh ragi atau bahan pengembang lainnya. Pada mulanya roti dibuat dengan cara sederhana dan dengan bahan yang sederhana pula. Namun, seiring berkembangnya jaman dan tekhnologi diciptakanlah roti dengan berbagai jenis dan bentuk.

Penggolongan roti dapat dibedakan berdasarkan warna, berdasarkan cara pengembangan adonan dan negara asal.

Berdasarkan warna roti :
Roti putih (White Bread), terbuat dari tepung terigu serta memiliki crumb berwarna cerah dan kulitnya berwarna coklat muda. Roti tawar yang merupakan roti yang termasuk kedalam kelompok ini.

Roti cokelat (Brown Bread), terbuat dari tepung gandum, memiliki crumb berwarna cokelat gelap serta kaya akan serat. Roti tawar gandum, atau roti tawar berwarna cokelat yang termasuk ke dalam kelompok ini.

Berdasarkan cara pengembangan adonan :

Roti dengan fermentasi, jenis roti ini dibuat dengan melakukan fermentasi terlebih dahulu yang dibantu oleh bahan pengembang. Contoh dari roti jenis ini adalah  Pizza, baguette, doughnut, dan danish pastry.

Roti tanpa fermentasi, roti ini dibuat tanpa menggunakan bahan pengembang sehingga ada proses fermentasi.  Chapatti, tortilla, pitta, dan canai merupakan beberapa roti yang termasuk dalam roti tanpa proses fermentasi.

Berdasarkan negara asal roti yang paling dikenal, yaitu roti yang berasal dari Italia, Perancis serta roti yang berasal dari timur tengah. Roti dari ketiga negara tersebut sudah tidak asing lagi bagi warga Indonesia.

Roti Italia :
Ciabatta, roti ini memiliki bentuk bulat panjang dan pipih dengan kulit luar yang keras namun lembut di dalam. Biasanya roti ini diiris tipis, dimakan dengan mentega atau dipanggang dan diberi aneka topping. 

Pizza, roti bebentuk bundar yang sudah banyak dikenal ini memiliki tekstur yang renyah dan biasa disajikan dengan berbagai aneka topping.

Focaccia, roti ini berwarna kekuningan yang biasa disajikan sebagai sandwich dengan berbagai macam isi.

 

Roti Perancis :
Baggutte, memiliki bentuk yang panjang menyerupai tongkat dan bertekstur renyah. Biasa disajikan sebagai teman menyantap sup.

Croissant, roti ini berbentuk seperti bulan sabit dan memiliki tektur yang renyah serta rasa yang gurih.
French Rolls, roti ini biasa disajikan sebagai pendamping sup dan bentuknya bulat hamper menyerupai ciabatta.

Roti Timur
Pitta, berbentuk bulat dan berwarna putih bersih serta bertekstur lembut. Roti ini memiliki ciri tersendiri yaitu rongga menyerupai kantung didalamnya yang biasa digunakan untuk meletakkan berbagai filling.

Cannai, roti ini berbentuk bulat pipih. Teksturnya garing dan berminyak sehingga cocok disajikan dengan gulai atau kari.
Baklava : roti yang berasal dari Turki ini berbentuk persegi dan biasa disajikan dengan isi kacang-kacangan dan madu. K-15

 

 

Artikel Lainnya

  • Okt 06, 2018

    Tren Specialty Tea Indonesia

    Specialty tea merupakan teh berkualitas tinggi yang dibuat dari pucuk muda tanaman teh....

  • Okt 06, 2018

    Menu Engineering dalam Bisnis Waralaba

    Menjalankan waralaba tentu diperlukan beberapa aspek yang menyertai....

  • Okt 04, 2018

    Konsep Baru Industri Horeka Indonesia

    Perkembangan industri jasa boga saat ini semakin intensif di Indonesia....

  • Okt 01, 2018

    Pameran Bisnis Waralaba & Kafe Terbesar di tahun 2018

    Gaya hidup masyarakat Indonesia saat ini dan pertumbuhan ekonomi kelas menengah mendorong kinerja industri pengolahan kopi di dalam negeri hingga mengalami peningkatan yang signifikan. Kopi Indonesia banyak digemari dan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Indonesia. Salah satu cara modern untuk menikmati kopi adalah dengan datang ke kafe. Pertumbuhan konsumsi produk kopi olahan di dalam negeri meningkat rata-rata lebih dari 7% pertahun. Melihat hal tersebut, tidak mengherankan apabila perkembangan bisnis kafe di Indonesia begitu menjanjikan. Kafe kini bukan hanya sebagai tempat untuk menikmati kopi namun telah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat Indonesia. ...

  • Sep 22, 2018

    Sehat Tidak Selalu Tidak Enak

    Paradigma terhadap makanan yang menyehatkan masih erat dengan rasa yang tidak enak dan tidak menarik untuk dikonsumsi. Guna mendobrak paradigma tersebut, diperlukan usaha dari para pelaku kepentingan seperti praktisi kesehatan, pelaku kuliner, dan juga konsumen sebagai target utama mengubah paradigma tersebut. ...