Nutricosmetic, Mewujudkan Kecantikan dari Dalam





Perempuan mana yang tidak ingin tampil menarik? Apakah kecantikan hanya terlihat dari wajah saja? Mungkin memang benar bahwa cantik tidak hanya terlihat dari wajah saja. Meskipun begitu, perempuan tetap saja cenderung ingin memiliki tampilan yang menarik. Lantas, apakah perawatan kecantikan cukup dari luar saja? Makanan apa yang sebaiknya dikonsumsi?

Istilah beauty atau cantik adalah kualitas dari seseorang yang muncul, dimana jika kita berdekatan dengannya maka kita akan merasa nyaman, senang, dan tidak merasa terintimidasi. Dalam hal ini, maka personalitas dari seseorang pun juga mempengaruhi kecantikannya sehingga cantik itu tidak hanya dari luar, tetapi juga dari dalam. Hal itu dikemukakan Ahli anti aging dari SPA Healthland in Nusa Dua, Bali Dr. Med. Maya Surjadjaja, DCS, MS, SpGK dalam seminar tentang nutricosmetic yang diselenggarakan oleh Mahasiswa Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia di Kampus Depok pada akhir Oktober lalu.

Istilah nutricosmetic  merupakan hasil dari perkembangan ilmu awalnya yaitu nutraceutical. Maya menjelaskan, definisi nutricosmetic adalah, “Bahan yang dapat dikonsumsi secara oral yang diformulasikan untuk kecantikan.” Nutricosmetic merupakan bahan yang harus masuk melalui mulut dan bisa dalam bentuk ataupun rasa apa saja. Nutricosmetic juga merupakan makanan yang diformulasikan untuk mendukung kesehatan tubuh. Nutricosmetic adalah satu dari lima pilar yang dapat mendukung tubuh cantik dan sehat. "Lima pilar tersebut adalah diet, nutraceutical, olahraga, hormon, dan pikiran," kata Maya. 

Guru Besar dalam Ilmu Gizi Klinik, Departemen Gizi, Fakultas Kedokteran Universitas  Indonesia Prof Dr Walujo Soerjodibroto, MSc, PhD, SpGK. menambahkan, untuk kecantikan dari dalam, perawatan kulit dan wajah saja tidak cukup hanya dilakukan dengan melakukan perawatan kulit dari luar. Asupan gizi yang tepat dan seimbang juga dapat memberikan pengaruh terhadap kecantikan kulit. Tidak bisa kulit menjadi bagus tanpa didukung dengan gizi yang baik. Karena itu, ilmu pun terus berkembang untuk mencari cara agar dapat memperoleh kecantikan kulit dari luar maupun dalam. K-35 (azni)

Artikel Lainnya

  • Okt 06, 2018

    Tren Specialty Tea Indonesia

    Specialty tea merupakan teh berkualitas tinggi yang dibuat dari pucuk muda tanaman teh....

  • Okt 06, 2018

    Menu Engineering dalam Bisnis Waralaba

    Menjalankan waralaba tentu diperlukan beberapa aspek yang menyertai....

  • Okt 04, 2018

    Konsep Baru Industri Horeka Indonesia

    Perkembangan industri jasa boga saat ini semakin intensif di Indonesia....

  • Okt 01, 2018

    Pameran Bisnis Waralaba & Kafe Terbesar di tahun 2018

    Gaya hidup masyarakat Indonesia saat ini dan pertumbuhan ekonomi kelas menengah mendorong kinerja industri pengolahan kopi di dalam negeri hingga mengalami peningkatan yang signifikan. Kopi Indonesia banyak digemari dan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Indonesia. Salah satu cara modern untuk menikmati kopi adalah dengan datang ke kafe. Pertumbuhan konsumsi produk kopi olahan di dalam negeri meningkat rata-rata lebih dari 7% pertahun. Melihat hal tersebut, tidak mengherankan apabila perkembangan bisnis kafe di Indonesia begitu menjanjikan. Kafe kini bukan hanya sebagai tempat untuk menikmati kopi namun telah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat Indonesia. ...

  • Sep 22, 2018

    Sehat Tidak Selalu Tidak Enak

    Paradigma terhadap makanan yang menyehatkan masih erat dengan rasa yang tidak enak dan tidak menarik untuk dikonsumsi. Guna mendobrak paradigma tersebut, diperlukan usaha dari para pelaku kepentingan seperti praktisi kesehatan, pelaku kuliner, dan juga konsumen sebagai target utama mengubah paradigma tersebut. ...