Nutricosmetic, Mewujudkan Kecantikan dari Dalam





Perempuan mana yang tidak ingin tampil menarik? Apakah kecantikan hanya terlihat dari wajah saja? Mungkin memang benar bahwa cantik tidak hanya terlihat dari wajah saja. Meskipun begitu, perempuan tetap saja cenderung ingin memiliki tampilan yang menarik. Lantas, apakah perawatan kecantikan cukup dari luar saja? Makanan apa yang sebaiknya dikonsumsi?

Istilah beauty atau cantik adalah kualitas dari seseorang yang muncul, dimana jika kita berdekatan dengannya maka kita akan merasa nyaman, senang, dan tidak merasa terintimidasi. Dalam hal ini, maka personalitas dari seseorang pun juga mempengaruhi kecantikannya sehingga cantik itu tidak hanya dari luar, tetapi juga dari dalam. Hal itu dikemukakan Ahli anti aging dari SPA Healthland in Nusa Dua, Bali Dr. Med. Maya Surjadjaja, DCS, MS, SpGK dalam seminar tentang nutricosmetic yang diselenggarakan oleh Mahasiswa Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia di Kampus Depok pada akhir Oktober lalu.

Istilah nutricosmetic  merupakan hasil dari perkembangan ilmu awalnya yaitu nutraceutical. Maya menjelaskan, definisi nutricosmetic adalah, “Bahan yang dapat dikonsumsi secara oral yang diformulasikan untuk kecantikan.” Nutricosmetic merupakan bahan yang harus masuk melalui mulut dan bisa dalam bentuk ataupun rasa apa saja. Nutricosmetic juga merupakan makanan yang diformulasikan untuk mendukung kesehatan tubuh. Nutricosmetic adalah satu dari lima pilar yang dapat mendukung tubuh cantik dan sehat. "Lima pilar tersebut adalah diet, nutraceutical, olahraga, hormon, dan pikiran," kata Maya. 

Guru Besar dalam Ilmu Gizi Klinik, Departemen Gizi, Fakultas Kedokteran Universitas  Indonesia Prof Dr Walujo Soerjodibroto, MSc, PhD, SpGK. menambahkan, untuk kecantikan dari dalam, perawatan kulit dan wajah saja tidak cukup hanya dilakukan dengan melakukan perawatan kulit dari luar. Asupan gizi yang tepat dan seimbang juga dapat memberikan pengaruh terhadap kecantikan kulit. Tidak bisa kulit menjadi bagus tanpa didukung dengan gizi yang baik. Karena itu, ilmu pun terus berkembang untuk mencari cara agar dapat memperoleh kecantikan kulit dari luar maupun dalam. K-35 (azni)

Artikel Lainnya

  • Jul 24, 2018

    Tren Keju dalam Produk Pangan Indonesia

    Tren keju seakan tidak pernah ada habisnya. Meskipun bukan produk dan ingridien asli Indonesia, tetapi masyarakat Indonesia sangat akrab dengan cita rasa keju di berbagai produk pangan. Meningkatnya animo pasar dengan keju ini tentu harus disambut dengan inovasi produk pangan yang inovatif.  ...

  • Jul 16, 2018

    Promosi Hotel, Restoran dan Katering Indonesia dengan Kopi

    Keberhasilan Pameran Hotelex yang telah diselenggarakan di sepuluh negara Asia menjadi salah satu alasan kuat PT Pamerindo Indonesia untuk mengadakan Pameran Hotelex Indonesia pada 18-20 Juli 2018 mendatang di Jakarta International Expo. "Pameran ini merupakan pameran business to business. Kami harapkan Pameran Hotelex Indonesia akan dikunjungi oleh lebih dari 12.000 pengunjung yang merupakan para pelaku industri hotel, restoran dan katering," tutur Project Director PT Pamerindo Indonesia, Wiwik Roberto dalam konferensi pers Hotelex Indonesia di Jakarta pada 6 Juli 2018. ...

  • Jun 29, 2018

    Tepat Menggunakan Rempah

    Berbagai rempah memiliki variasi komponen kimiawi yang berperan dalam pembentukan profil flavornya....

  • Jun 28, 2018

    Manfaat Rempah Bagi Kesehatan

    Berbagai rempah dan bumbu dapur yang selama ini dekat dengan...

  • Jun 27, 2018

    Mengenal Kunyit

    Kunyit merupakan salah satu suku tanaman temu-temuan (Zingiberaceae)....