Ide Inovasi dalam Bandung Food Ingredients 2012





Bandung terkenal sebagai salah satu kota pusat kuliner di Indonesia.  Di kota Kembang ini, terdapat banyak pelaku bisnis jasa boga, mulai dari restoran hingga bakery.  Untuk mendorong pertumbuhan para pelaku bisnis tersebut, industri pendukung -ingridien, peralatan, dan kemasan- memiliki peranan penting dalam mendukung terjadinya inovasi.  Pameran Bandung Food Ingredients 2012 yang diselenggarakan pada 23 hingga 25 Oktober di Graha Manggala Siliwangi merupakan sarana untuk mewujudkan dukungan tersebut.  Industri bahan baku, ingridien, kemasan, dan peralatan menjadikan ajang Bandung Food Ingredients 2012 untuk mempromosikan secara langsung produknya kepada pelaku bisnis jasa boga. 

Peserta pameran tampak terlihat didominasi oleh industri pendukung untuk bisnis roti, cake, pastry, dan cookies.  Sebagai contoh untuk bahan baku tepung terigu, setidaknya terdapat 5 perusahaan flour milling yang berpartisipasi.  Menariknya lagi, hampir semua stand melakukan demo untuk menunjukkan keunggulan produk mereka, baik di stand masing-masing maupun panggung utama.

Tidak hanya inovasi yang dilakukan industri besar.  Beberapa produsen skala kecil dan menengah pun turut memeriahkan pameran tersebut.  Salah satunya adalah ditampilkannya produk berbasis tepung lokal ganyong.  Para Chef Junior juga tidak ketinggalan.  Mereka mengikuti kompetisi yang mempertandingkan hasil karya dalam membuat produk bakery dalam Junior Chef Competition.

Dalam kesempatan tersebut, Majalah KULINOLOGI dan FOODREVIEW INDONESIA juga turut berpatisipasi.  Ajang tersebut menjadi media untuk bertatap langsung antara pembaca dan tim KULINOLOGI/FOODREVIEW.  Sambutan hangat diperoleh, terbukti dengan ludesnya majalah yang dipamerkan dalam kegiatan ini.  @hendryfri

Artikel Lainnya

  • Okt 06, 2018

    Tren Specialty Tea Indonesia

    Specialty tea merupakan teh berkualitas tinggi yang dibuat dari pucuk muda tanaman teh....

  • Okt 06, 2018

    Menu Engineering dalam Bisnis Waralaba

    Menjalankan waralaba tentu diperlukan beberapa aspek yang menyertai....

  • Okt 04, 2018

    Konsep Baru Industri Horeka Indonesia

    Perkembangan industri jasa boga saat ini semakin intensif di Indonesia....

  • Okt 01, 2018

    Pameran Bisnis Waralaba & Kafe Terbesar di tahun 2018

    Gaya hidup masyarakat Indonesia saat ini dan pertumbuhan ekonomi kelas menengah mendorong kinerja industri pengolahan kopi di dalam negeri hingga mengalami peningkatan yang signifikan. Kopi Indonesia banyak digemari dan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Indonesia. Salah satu cara modern untuk menikmati kopi adalah dengan datang ke kafe. Pertumbuhan konsumsi produk kopi olahan di dalam negeri meningkat rata-rata lebih dari 7% pertahun. Melihat hal tersebut, tidak mengherankan apabila perkembangan bisnis kafe di Indonesia begitu menjanjikan. Kafe kini bukan hanya sebagai tempat untuk menikmati kopi namun telah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat Indonesia. ...

  • Sep 22, 2018

    Sehat Tidak Selalu Tidak Enak

    Paradigma terhadap makanan yang menyehatkan masih erat dengan rasa yang tidak enak dan tidak menarik untuk dikonsumsi. Guna mendobrak paradigma tersebut, diperlukan usaha dari para pelaku kepentingan seperti praktisi kesehatan, pelaku kuliner, dan juga konsumen sebagai target utama mengubah paradigma tersebut. ...