Gubernur Jokowi Dianugerahi Pejuang Pencegahan Osteoporosis





Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) menerima piagam sebagai osteofighters atau pejuang pencegahan osteoporosis, yang diserahkan oleh Presiden Direktur Fonterra Brands Indonesia Yon Handoyo.

Penyerahan piagam dilaksanakan pada peringatan Hari Osteoporosis Nasional 2012, di Jakarta pada  21 Oktober lalu.  Pada kesempatan itu, Gubernur juga  menandatangani Komitmen Jakarta Bebas Osteoporosis, yang merupakan puncak kegiatan charity walk milik Fonterra Brands Indonesia, dengan mengajak masyarakat dari 4 kota yakni Surabaya, Solo, Semarang, Bandung untuk berpartisipasi dalam acara kampanye yang bertema ?ndonesia Bergerak: 2 Minggu Demi Esok yang Lebih Baik.

Kampanye ini diluncurkan oleh Fonterra Brands Indonesia sebagai bentuk komitmen Fonterra Brands Indonesia untuk meningkatkan pemahaman masyarakat mengenai pentingnya kesehatan tulang dan menjalani gaya hidup sehat, serta sejalan dengan tema Hari Osteoporosis Nasional 2012: Indonesia Bergerak Waspadai Patah Tulang Akibat Osteoporosis.

Yon mengatakan, dalam kampanye tersebut, pihaknya mengajak masyarakat Indonesia untuk mengkonsumsi susu tinggi kalsium yang telah terbukti secara klinis menurunkan pelepasan mineral tulang, dengan meminumnya 2 kali sehari secara teratur sebagai asupan gizi bagi tulang dan melakukan aktivitas olahraga fisik untuk pencegahan osteoporosis.

Ia menegaskan, sudah 10 tahun Fonterra menjadi mitra tetap Kementerian Kesehatan Republik Indonesia bersama dengan Perhimpunan Osteoporosis Indonesia (Perosi), Perkumpulan Warga Tulang Sehat Indonesia (Perwatusi) dan International Osteoporosis Foundation (IOF) dalam penyelenggaraan kampanye mengenai pentingnya kesehatan tulang dan pencegahan osteoporosis. Sejak dicanangkannya Hari Osteoporosis Nasional oleh Menteri Kesehatan pada tahun 2002, berbagai kegiatan telah dilakukan untuk mengedukasi serta mengubah pola hidup masyarakat Indonesia menjadi lebih sehat demi mencegah terjadinya osteoporosis.  K-08

Artikel Lainnya

  • Mar 21, 2019

    Tepat Menyimpan Produk Bakeri

    Teknik pendinginan merupakan metode yang sering digunakan untuk memperpanjang umur simpan produk pangan. Prinsipnya sangat sederhana, yakni menghambat pertumbuhan mikroba. Aplikasi penurunan suhu ini sangat luas digunakan dalam berbagai produk pangan, termasuk produk bakeri seperti kue,roti, patiseri, dan lainnya.   ...

  • Mar 20, 2019

    Diet Keto dari Sisi Gizi dan Kesehatan

    Diet keto memang dianggap efektif menurunkan berat badan (Campos, 2017). Dari segi gizi, diet keto menekankan pola asupan tinggi lemak, tapi rendah karbohidrat. Diet ini mengandalkan lemak serta protein hewani sebagai sumber energi utama dalam tubuh. Asupan karbohidrat yang berkurang drastis ini akan menyebabkan tubuh kekurangan karbohidrat dan gula, proses inilah yang disebut dengan ketosis. ...

  • Mar 19, 2019

    Upaya Menghindari Foodborne Diseases

    Sebagian besar foodborne patogen lebih menyukai lingkungan yang hangat, walaupun bisa tumbuh dalam kisaran suhu yang luas. Suhu di atas 40C dan di bawah 600C sering diacu sebagai zona berbahaya, karena bakteri patogen seperti E. Coli, Salmonella dan Listeria monocytogenes dapat berkembang biak pada suhu tersebut, sehingga menyebabkan penyakit. Menyimpan produk pangan pada suhu refrigerasi yang tepat pada suhu di bawah 40C dan memanaskan pada suhu diatas 600C, adalah usaha yang direkomendasikan agar terhidar dari foodborne disease. Oleh karena itu, penanganan pangan dari mulai bahan baku hingga distribusi harus memenuhi pedoman penanganan yang tepat, seperti: ...

  • Mar 18, 2019

    Alternatif Pola Hidup Sehat dengan Diet Ketogenik

    Diet ketogenik adalah pola konsumsi dengan tinggi lemak, cukup protein, dan rendah karbohidrat yang akan menyediakan cukup protein untuk pertumbuhan tetapi kurang karbohidrat untuk kebutuhan metabolisme tubuh. Dengan demikian, tubuh akan menggunakan lemak sebagai sumber energi, yang pada prosesnya akan menghasilkan senyawa keton. Komposisi ketogenik menyaratkan porsi lemak tinggi (75-80%), porsi protein sedang (15% – 20%), dan porsi karbohidrat rendah (5% – 10%). ...

  • Mar 15, 2019

    Menu sebagai Alat Penjual

    Menu dalam bisnis pangan di industri hotel, restoran, katering, dan bakeri (horekaba) merupakan sarana pemasaran yang penting. Menu dapat digunakan sebagai gambaran dari produk yang ditawarkan. Perencanaan menu dibuat dengan menyusun daftar secara spesifik , yaitu menentukan makanan tersebut dibuat untuk satu periode makan (sarapan, makan siang, dan makan malam) atau untuk sehari penuh termasuk snack.   ...