Pemecahan Rekor 280 Masakan Berbahan Daging Ayam



Sejarah baru terukir di dunia kuliner Indonesia. Musium Rekor Indonesia (MURI) memberikan penghargaan pada olahan boga khas Nusantara pada Minggu, 21 Oktober 2012 lalu di kawasan Parkir Timur Senayan, Jakarta. Kali ini penghargaan diberikan pada ?«£Festival Masakan Ayam Dengan Variasi Menu Terbanyak?«• yang berhasil memamerkan 280 masakan dengan bahan dasar ayam. Acara ini diselenggarakan oleh Festival Ayam dan Telur yang bekerja sama dengan APJI (Asosiasi Pengusaha Jasa boga Indonesia) dan FMPI (Federasi Masyarakat Perunggasan Indonesia).

Sebenarnya sudah banyak rekor mengenai masakan di Indonesia yang dapat menginspirasi rekor pada masakan yang lainnya. Kali ini dengan menghadirkan 280 masakan berbahan dasar daging ayam, menunjukkan adanya rekor baru yang sebelumnya belum pernah ada.

Penghargaan lain yang diberikan dalam acara tersebut adalah penghargaan terhadap masakan berbahan baku ayam terlezat versi ahli kuliner Bondan Winarno. Dari 280 masakan dengan bahan baku ayam, Bondan mengaku kesulitan dalam menentukan masakan dengan cita rasa yang lezat, karena semua masakan yang disajikan oleh APJI tersebut semuanya lezat dan penampilannya pun menarik.

Setelah beberapa jam melakukan penilaian, akhirnya Bondan menentukan 6 masakan yang telah memenuhi kriteria. Keenam masakan terlezat tersebut yakni Ayam Bakar Kemiri, Ayam Lawar, Ayam Bumbu Lodo, Ayam Gagape Makassar, Ayam Kluwek, dan Ayam Goreng Buah Nanas. K-35 (rizki)

 

Artikel Lainnya

  • Jul 24, 2018

    Tren Keju dalam Produk Pangan Indonesia

    Tren keju seakan tidak pernah ada habisnya. Meskipun bukan produk dan ingridien asli Indonesia, tetapi masyarakat Indonesia sangat akrab dengan cita rasa keju di berbagai produk pangan. Meningkatnya animo pasar dengan keju ini tentu harus disambut dengan inovasi produk pangan yang inovatif.  ...

  • Jul 16, 2018

    Promosi Hotel, Restoran dan Katering Indonesia dengan Kopi

    Keberhasilan Pameran Hotelex yang telah diselenggarakan di sepuluh negara Asia menjadi salah satu alasan kuat PT Pamerindo Indonesia untuk mengadakan Pameran Hotelex Indonesia pada 18-20 Juli 2018 mendatang di Jakarta International Expo. "Pameran ini merupakan pameran business to business. Kami harapkan Pameran Hotelex Indonesia akan dikunjungi oleh lebih dari 12.000 pengunjung yang merupakan para pelaku industri hotel, restoran dan katering," tutur Project Director PT Pamerindo Indonesia, Wiwik Roberto dalam konferensi pers Hotelex Indonesia di Jakarta pada 6 Juli 2018. ...

  • Jun 29, 2018

    Tepat Menggunakan Rempah

    Berbagai rempah memiliki variasi komponen kimiawi yang berperan dalam pembentukan profil flavornya....

  • Jun 28, 2018

    Manfaat Rempah Bagi Kesehatan

    Berbagai rempah dan bumbu dapur yang selama ini dekat dengan...

  • Jun 27, 2018

    Mengenal Kunyit

    Kunyit merupakan salah satu suku tanaman temu-temuan (Zingiberaceae)....