Pemecahan Rekor 280 Masakan Berbahan Daging Ayam



Sejarah baru terukir di dunia kuliner Indonesia. Musium Rekor Indonesia (MURI) memberikan penghargaan pada olahan boga khas Nusantara pada Minggu, 21 Oktober 2012 lalu di kawasan Parkir Timur Senayan, Jakarta. Kali ini penghargaan diberikan pada ?ǣFestival Masakan Ayam Dengan Variasi Menu Terbanyak?ǥ yang berhasil memamerkan 280 masakan dengan bahan dasar ayam. Acara ini diselenggarakan oleh Festival Ayam dan Telur yang bekerja sama dengan APJI (Asosiasi Pengusaha Jasa boga Indonesia) dan FMPI (Federasi Masyarakat Perunggasan Indonesia).

Sebenarnya sudah banyak rekor mengenai masakan di Indonesia yang dapat menginspirasi rekor pada masakan yang lainnya. Kali ini dengan menghadirkan 280 masakan berbahan dasar daging ayam, menunjukkan adanya rekor baru yang sebelumnya belum pernah ada.

Penghargaan lain yang diberikan dalam acara tersebut adalah penghargaan terhadap masakan berbahan baku ayam terlezat versi ahli kuliner Bondan Winarno. Dari 280 masakan dengan bahan baku ayam, Bondan mengaku kesulitan dalam menentukan masakan dengan cita rasa yang lezat, karena semua masakan yang disajikan oleh APJI tersebut semuanya lezat dan penampilannya pun menarik.

Setelah beberapa jam melakukan penilaian, akhirnya Bondan menentukan 6 masakan yang telah memenuhi kriteria. Keenam masakan terlezat tersebut yakni Ayam Bakar Kemiri, Ayam Lawar, Ayam Bumbu Lodo, Ayam Gagape Makassar, Ayam Kluwek, dan Ayam Goreng Buah Nanas. K-35 (rizki)

 

Artikel Lainnya

  • Okt 06, 2018

    Tren Specialty Tea Indonesia

    Specialty tea merupakan teh berkualitas tinggi yang dibuat dari pucuk muda tanaman teh....

  • Okt 06, 2018

    Menu Engineering dalam Bisnis Waralaba

    Menjalankan waralaba tentu diperlukan beberapa aspek yang menyertai....

  • Okt 04, 2018

    Konsep Baru Industri Horeka Indonesia

    Perkembangan industri jasa boga saat ini semakin intensif di Indonesia....

  • Okt 01, 2018

    Pameran Bisnis Waralaba & Kafe Terbesar di tahun 2018

    Gaya hidup masyarakat Indonesia saat ini dan pertumbuhan ekonomi kelas menengah mendorong kinerja industri pengolahan kopi di dalam negeri hingga mengalami peningkatan yang signifikan. Kopi Indonesia banyak digemari dan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Indonesia. Salah satu cara modern untuk menikmati kopi adalah dengan datang ke kafe. Pertumbuhan konsumsi produk kopi olahan di dalam negeri meningkat rata-rata lebih dari 7% pertahun. Melihat hal tersebut, tidak mengherankan apabila perkembangan bisnis kafe di Indonesia begitu menjanjikan. Kafe kini bukan hanya sebagai tempat untuk menikmati kopi namun telah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat Indonesia. ...

  • Sep 22, 2018

    Sehat Tidak Selalu Tidak Enak

    Paradigma terhadap makanan yang menyehatkan masih erat dengan rasa yang tidak enak dan tidak menarik untuk dikonsumsi. Guna mendobrak paradigma tersebut, diperlukan usaha dari para pelaku kepentingan seperti praktisi kesehatan, pelaku kuliner, dan juga konsumen sebagai target utama mengubah paradigma tersebut. ...