Kampanye “MANGGA MANIA” bersama Nusa Fresh



Bertempat di Hotel Darmawangsa Jakarta, Nusa Fresh selaku konsorsium yang mempunyai tujuan untuk memberdayakan potensi sekaligus mempromosikan buah Nusantara menggelar kampanye nasional “Mangga Mania” selama hampir 3 bulan.

 
Seperti yang dikatakan ketua pemasaran Nusa Fresh, Kafi Kurnia “Indonesia memiliki kekayaan keragaman buah tropis dari berbagai wilayah. Dimana masing-masing daerah memiliki keunggulan sendiri. Misalnya duren medan, nanas parit Pontianak, salak madu Yogyakarta dan mangga harum manis dari blora. Semua eksotik untuk dikembangkan dan dipopulerkan”.


Selama 10 bulan terakhir Nusa Fresh telah melakukan berbagai inventaris untuk menemukan berbagai buah tropis yang unik di seluruh wilayah Indonesia. Dengan kondisi tanah, tinggi lahan, dan berbagai aspek unik lainnya membuat buah-buahan Nusantara memiliki rasa dan kelezatan yang berbeda.

Indonesia memiliki sejumlah varietas unggulan mangga terbaik diseluruh dunia. Misalnya, mangga harum manis dan mangga gedong yang telah menjadi komoditas ekspor yang sangat terkenal. Indonesia sendiri merupaka penghasil mangga nomor 5 di dunia.

Berbagai manfaat terdapat dalam buah mangga yang baik untuk kesehatan. Diantaranya, sebagai sumber antioksidan karena didalam buah mangga terdapat beta-karoten, vitamin C dan kalium. Kandungan vitamin C-nya sendiri sangat tinggi, setiap 100 gram mangga masak memasok 41 mg vitamin C, bahkan mangga muda bisa mencapai 65 mg vitamin C. Lalu kandungan kalium yang melimpah, 100 gram mangga mengandung 189 mg kalium, serta dapat membantu pencernaan karena mangga memiliki enzim pencernaan yang dapat membantu pemecahan protein dan membantu proses pencernaan, dan yang terakhir baik untuk ingatan karena terdapat glutamin yang merupakan senyawa yang bermanfaat untuk meingkatkan memori.

Dalam acara peluncuran “Mangga Mania” ini, Chef Vindex Tengker akan menggelar aneka masakan Indonesia dengan menggunakan berbagai jenis mangga. Selain itu Chef Vindex juga akan melakukan demo masak di Surabaya Food Festival. Tidak hanya di Jakarta saja, acara “Mangga Mania” ini juga akan diselenggarakan di Bandung, Surabaya dan Bali.


Kafi Kurnia mengatakan, bahwa promosi buah Nusantara ini akan digelar tiap bulan, menyesuaikan dengan musim-musim buah Nusantara tersebut. K-16

Artikel Lainnya

  • Feb 19, 2019

    Mengenal Ingridien untuk Membuat Gelato

    Gelato merupakan jenis es krim yang berasal dari Italia. Perbedaan gelato dengan es krim pada umumnya terutama terletak pada komposisi kandungan lemaknya. Produk gelato memiliki kandungan lemak yang lebih sedikit daripada es krim. Berbeda dengan es krim, komponen utama gelato adalah susu dan krim, tanpa penambahan kuning telur seperti pada formulasi es krim. Jenis susu yang paling baik untuk membuat gelato adalah whole milk sebanyak 3,5%, namun gelato juga dibuat menggunakan susu rendah lemak dengan jumlah sebanyak 1-2% atau pun susu tanpa lemak (skim). Selain mempertahankan sifat krimi dan tekstur yang lembut, namun susu juga berfungsi meningkatkan resistensi produk terhadap leleh. Di samping itu, susu tidak hanya menambah kandungan protein dalam produk, namun juga merupakan sumber kalsium. ...

  • Feb 18, 2019

    Ragam Olahan Kacang Ijo

    Kacang hijau atau yang biasa disebut kacang ijo merupakan salah satu jenis tanaman pangan yang banyak dikonsumsi masyarakat Indonesia. Sebagai bahan pangan, kacang ijo merupakan salah satu sumber protein nabati dengan kandungan protein sekitar 22,2%. Selain itu kacang ijo juga kaya akan zat gizi lain yang bermanfaat bagi tubuh seperti kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, serta vitamin B1. Meskipun bukan sebagai makanan pokok, masyarakat seringkali mengolah kacang ijo menjadi masakan siap santap. Hampir semua kalangan dapat menikmati masakan berbasis kacang ijo karena ketersediaan dan harga yang cukup terjangkau. ...

  • Feb 15, 2019

    Dangke: Produk Keju dengan Kearifan Lokal

    Dangke merupakan produk keju tradisional dari susu kerbau khas Sulawesi Selatan dan telah diproduksi sejak tahun 1905. Dangke banyak diproduksi di daerah Enrekang, Curio, Baraka, Anggeraja dan Alla. Menurut cerita, nama Dangke berasal dari bahasa Belanda, “dank u well” yang berarti terimaksih banyak. Saat itu seorang peternak kerbau memberikan olahan fermentasi susu kepada orang Belanda yang sedang melintas dan orang Belanda tersebut mengucapkan “dank je” yaitu ucapan singkat dari “dank u well”. Sejak saat itulah susu fermentasi kerbau ini disebut dangke. Dangke memiliki tekstur yang elastis, berwarna putih, dan memiliki rasa mirip dengan keju pada umumnya. ...

  • Feb 14, 2019

    Costing Menu Summer Fresh

    Summer Fresh merupakan smoothies buah mangga, pisang, dan peach yang dihaluskan dengan tambahan susu dan yogurt. Teksturnya agak kental mengandung butiran halus es buah beku yang dingin, sangat pas disajikan saat siang atau udara panas. Kaya akan vitamin C, kalium, kalsium, dan zat gizi lainnya yang bermanfaat bagi kesehatan. Penambahan yogurt selain memberi rasa asam segar juga memberikan manfaat bagi kesehatan percernaan karena mengandung probiotik. Bahan smothies ini antara lain mangga, peach, pisang, susu segar, dan yogurt. Kandungan gizi per porsinya antara lain; energi 251 kkal, protein 7,6 gram, lemak 8,2 gram, dan karbohidrat 39,8 gram. Berikut adalah costing dari Summer Fresh: ...

  • Feb 13, 2019

    Jus Martabe Khas Sumatra Utara

    Jus martabe merupakan minuman dari Sumatera Utara yang tergolong unik dan jarang dijumpai pada daerah lain. Keunikannya terletak pada bahan dasar yang digunakan yakni terong Belanda dan markisa. Martabe sendiri merupakan singkatan dari Markisa-Terong-Belanda. Jus ini tinggi serat pangan dan pektin, gula buah fruktosa, vitamin C, vitamin E, asam folat, kalium, dan magnesium. Mengonsumsi jus  martabe dapat memperbaiki kekebalan tubuh, meningkatkan kesehatan tulang, mengefektifkan sistem pembersihan racun dalam tubuh, memacu peremajaan sel, menggiatkan fungsi hati dan ginjal, serta mengatasi radang saluran kencing.   ...