Mewaspadai Pangan Kadaluarsa





Dalam berbelanja produk makanan dan minuman, disarankan agar selalu memperhatikan dengan baik tanggal kedaluwarsa. Hal ini penting untuk memastikan keamanan dan mutu produk. Di depan para ibu Dharma Wanita Pusat Kementerian Kesehatan, dalam sebuah talkshow 'Badan POM Sahabat Ibu' di Jakarta pada 13 Agustus lalu, Deputi Bidang Pengawasan Keamanan Pangan dan Bahan Berbahaya BPOM RI Roy A. Sparringa mengatakan, tanggal kedaluwarsa adalah tanggal (waktu) dimana sampai tanggal (waktu) tersebut produk masih memberikan daya guna seperti yang diharapkan, jika produk tersebut disimpan pada kondisi penyimpanan yang sesuai.

Talkshow Badan POM Sahabat Ibu yang diselenggarakan untuk yang kelima kalinya tersebut mengangkat tema 'waspada Pangan Kedaluwarsa dan Amankan Pangan Keluarga'. Setelah mendapatkan paparan dari Roy Sparringa, ibu-ibu peserta talkshow diajak untuk meninjau ruang Satgas Pemberantasan Obat dan Makanan Ilegal yang saat ini menjadi tempat penyimpanan barang bukti hasil pengawasan Badan POM selama dua bulan terakhir ini. Ibu-ibu tampak antusias melihat dan memperhatikan displai produk-produk obat dan makanan yang ilegal dan tidak memenuhi syarat. Beragam pertanyaan pun muncul seputar keamanan produk pangan. 

Selain meninjau ruang satgas, Ibu-ibu peserta pun diajak melihat mobil laboratorium keliling Balai Besar POM di Jakarta, dimana petugas memberikan penjelasan mengenai rapid test kit yang dapat digunakan untuk mendeteksi kandungan bahan berbahaya dalam suatu produk secara cepat. Materi dan pembelajaran yang diperoleh Ibu-ibu Dharma Wanita Pusat Kemenkes tersebut diharapkan dapat memberikan bekal sehingga pengawasan keamanan pangan di tingkat rumah tangga dapat terwujud. K-08

Artikel Lainnya