Songsong Ramadhan, Dibuka Pusat Konsultasi Kesehatan Lambung





Maag merupakan penyakit yang menyerang alat pencernaan, terutama lambung, beberapa sampai ke usus maupun kerongkongan. Beberapa gejala penyakit maag diantaranya, ada rasa tidak nyaman, sakit di ulu hati, mual, muntah, kembung, cepat kenyang, dan nafsu makan berkurang. Pada kasus tertentu, ciri-cirinya sakit di bagian perut hingga serasa menusuk ke belakang. Penyakit maag dapat disebabkan oleh beberapa hal seperti, pola makan yang tidak teratur, kebiasaan makan makanan berlemak, banyak minum kopi atau minuman bersoda,  merokok dan stres. Stres ditengarai sebagai penyebab maag karena dapat memacu meningkatnya asam lambung. Lebih lanjut, penyakit maag yang parah dapat mengakibatkan pendarahan, bahkan akan memicu kanker lambung jika dibiarkan tanpa pengobatan. 

Bagi penderita maag, saat menjelang bulan suci Ramadhan melahirkan kekhawatiran tersendiri,  karena biasanya perut akan kosong dalam waktu yang cukup lama. Untuk merespon hal itu, Kalbe Farma yang memproduksi Promag, memiliki inisiatif suatu pusat konsultasi seputar kesehatan lambung, yang diberi nama Pusat Konsultasi Ahlinya Lambung. Layanan konsultasi kesehatan lambung yang bersifat gratis untuk masyarakat umum ini dibuka di area Masjid AL Azhar Jakarta tersebut dilangsungkan selama dua minggu yakni pada 16 Juli-28 Juli 2012. “Dalam menyongsong bulan suci Ramadhan, kami memahami kebutuhan masyarakat akan fisik yang prima, oleh karena itu, Kalbe berinisiatif untuk melakukan edukasi mengenai masalah lambung, baik dalam melihat gejala awal penyakit maag, penyebab serta cara penanggulangan yang lebih mendalam kepada masyarakat,” kata Head of Remedy Division Kalbe Farma Sinteisa Sunarjo. 

Pusat konsultasi kesehatan lambung ini terintegrasi dengan pusat konsultasi kesehatan secara umum, dengan keterlibatan secara aktif para dokter umum, dokter spesialis penyakit dalam,ahli gizi dan psikolog. Brand Manager Promag Ariawan Eko Putranto berharap, layanan kesehatan yang merupakan bagian dari program corporate social responsibility (CSR) Kalbe Farma tersebut dapat membantu 100-200 orang untuk melakukan pengecekan dan konsultansi kesehatan per harinya. Program CSR lain yang digelar yakni pemberian pelatihan dan modal usaha bagi 10 panti asuhan, serta praktek memasak hidangan yang menyehatkan bagi lambung.K-08

Artikel Lainnya