Ajang Kompetisi Bergengsi, Fonterra Pastry and Cooking Challenge 2012





Fonterra Foodservices yang merupakan sebuah divisi dari PT. Fonterra Brands Indonesia yang berkonsentrasi kepada sektor B2B (business to business) dari New Zealand pada tanggal 7 Juni 2012 menggelar kompetisi Pastry and Cooking Challenge di Ballroom Flores, Hotel Borobudur. Tujuan dari kompetisi ini adalah komitmen dari Fonterra dalam membantu meningkatkan talenta kuliner di Indonesia.

Kategori yang dikompetisikan yaitu Pastry, Hot kitchen, dan Dress the Cake. Menurut Denny Herdian Ardiwinata selaku National Trade Marketing Manager Fonterra Foodservices, kompetisi ini merupakan perhelatan yang paling dinantikan di dunia kuliner. “Pastry and Cooking Challenge adalah platform yang sangat berguna untuk membuktikan kemampuan mereka dan mampu untuk berkembang di skala industri yang lebih besar.

Para pemenang dari masing-masing kategori tersebut akan memperoleh kesempatan untuk mewakili Indonesia di kompetisi internasional Singapore Food and Hotel Asia 2014.

Master Chef Jean Francois Arnaund, Pastry Master Chef MOF, yang menjabat sebagai ketua juri untuk Fonterra Pastry and Cooking Challenge mengungkapkan, “Fonterra memulai kompetisi ini pada tahun 2007 dan ditujukan untuk mendorong dan mengembangkan keahlian Pastry Chef di Indonesia. Para Chef yang berpartisipasi akan melalui proses penilaian yang ketat dan harus mampu menciptakan keseimbangan dalam hal rasa, komposisi, tekstur dan penampilan”.

Ketika ditanya tentang apa yang harus dilakukan orang Indonesia yang tidak terbiasa dengan masakan Eropa, Jean Francois Arnaund menjawab, “masakan Eropa harus di kombinasi dengan masakan asli Indonesia agar orang-orang Indonesia dapat menyukainya”.

Untuk kompetisi Pastry, akan dinilai oleh pemimpin di industri terkait, yaitu Master Chef Jean Francois Arnaund Master Pastry Chef MOF, Chef Manfred Kohlen Senior Advisory Fonterra Asia and the Middle East Asia; dan Chef Rahmat Kusnedi Senior Pastry Chef dan President of Indonesia Pastry Club.

Sedangkan jajaran juri untuk kategori Hot Kitchen Challenge terdiri dari Chef David Warren Advisory Chef Fonterra Asia and the Middle East; Chef Henry Alexy Bloem Executive Chef and President of Indonesian Chef Association (ICA); dan Chef Stef Executive Chef dan anggota Association Chef Professional (ACP)

Selain juri chef profesional, terdapat pula mystery judges yang merupakan konsumen dari kalangan umum dan pecinta kuliner dimana mystery judges ini akan menilai hanya dari segi rasa dan penampilan saja. Adi

Artikel Lainnya

  • Apr 13, 2018

    Clean eating pada Menu Balita

    Clean eating pada menu balita dapat menjadi salah satu cara untuk memenuhi asupan gizi balita....

  • Apr 12, 2018

    Hidup Sehat Mencegah Penyakit Degeneratif

    Ada yang bilang, kondisi masa tua merupakan cerminan dari apa yang kita konsumsi di masa muda....

  • Apr 11, 2018

    Menyusun Menu Terpadu

    Dalam menjalankan bisnis restoran, hal-hal kecil yang luput diperhatikan dapat menyebabkan beberapa kendala yang signifikan....

  • Apr 10, 2018

    Tepat Menangani Katering

    Menangani katering berbeda dengan menangani sarapan setiap paginya....

  • Apr 10, 2018

    Fun Kitchen Festival: Sarana Informasi Kuliner Indonesia

    Memadukan cita rasa memang bukan perkara yang mudah tetapi, bukan berarti pula tidak mungkin untuk dilakukan. Dengan teknik, pengolahan, serta pengetahuan terhadap bahan yang tepat sebuah hidangan baru yang merupakan pencampuran dari dua hal yang berbeda. Tidak melulu soal rasa, pencampuran juga terkadang memberikan sentuhan pada penampilan maupun ukuran. Hal tersebutlah yang ingin diusung pada Fun Kitchen Festival yang mengangkat tema “Trend Modern and Traditional Food & Beverages 2018” acara yang diselenggarakan pada 13-18 Maret 2018 lalu di Atrium Tengah Mall Taman Anggrek ini berlangsung sangat meriah dengan dihadiri peserta  dari segala latar belakang. ...