Semarang, Surga Kuliner bagi Wisatawan



Bagi para pecinta travelling, Semarang dapat menjadi pilihan tujuan wisata. Selain tempat-tempat wisatanya yang menarik, Semarang memiliki banyak makanan khas penggoyang lidah penikmat kuliner. Beberapa dari sekian banyak makanan khas Semarang antara lain lunpia, tahu petis, es gembol, dan kue kranjang.

Description: A description...
Siapa yang tak kenal lunpia? Makanan khas Semarang yang satu ini sangat terkenal dan ada hampir dimana saja, bahkan di kantin STAN. Namun, jangan anggap sama lunpia asli Semarang dengan yang bukan buatan orang Semarang. Karena dari kulit hingga isinya, kami pilih kualitas tinggi yang sama dengan yang asli dari kota kami. Lunpia merupakan jenis gorengan (atau ada juga lunpia basah) yang berupa kulit dari tepung dan berisi rebung (bambu muda). Rasanya akan semakin nikmat ketika disantap dengan sausnya ataupun hanya ditemani cabai rawit. Bahkan, foto di samping pun terlihat sangat menggoda, bukan? Kriuk di luar dan lezatnya jelas terasa!

Description: A description...
Kuliner berikutnya adalah tahu petis. Ini bukan sembarang tahu, tapi yang membuat tahu ini beda adalah petisnya. Petis terbuat dari udang dan rasanya asin. Petis khas Semarang dijamin uenakk dan tidak ada duanya dimanapun. Dengan rasa asinnya yang pas, mampu membuat si tahu menjadi lebih nikmat dan layak dijadikan cemilan yang sehat. Bahkan, para pelancong pun sampai rela mencari petis sampai ke pasar tradisional untuk dijadikan sebagai oleh-oleh, apalagi dengan ketahanannya untuk disaimpan  lama.

 

Description: A description...
Kuliner khas Semarang yang lain adalah Gempol putih, yang dibuat dari tepung beras dan pleret merah muda dari tepung ketan dipadu nikmat dengan kuah santan dan gula halus, yangi akan menggoda setiap mata yang memandang. Rasa manis alami dan kesegarannya tak hanya menghilangkan dahaga bagi penikmatnya, tetapi juga membuat ketagihan untuk mengulangnya kembali.

Description: A description...
Kuliner yang tidak boleh dilewatkan adalah kue keranjang. Makanan ini berkaitan dengan budaya Tionghoa. Kebudayaan Tionghoa tak lepas dari tahun baru Imlek. Kue Kranjang inilah salah satu kue khas atau wajib pada perayaan, teksturnya yang kenyal dan lengket akan menggoyang lidah penikmatnya.

Anda penasaran? Jangan khawatir, berbagai masakan khas Semarang akan disajikan pada kegiatan Festival Budaya Nusantara yang akan diselenggarakan di Lapangan A Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN), di Kampus Bintaro, Tangerang Selatan, Banten pada tanggal 1 April 2012. Untuk itu jangan lupa untuk mencicipi kuliner unik dari Semarang ini. Nikmati kulinernya, lestarikan budayanya. Festival Budaya Nusantara 2012, Cintai Budayaku, Sekarang dan selamanya!



Get Adobe Flash player

Artikel Lainnya

  • Apr 13, 2018

    Clean eating pada Menu Balita

    Clean eating pada menu balita dapat menjadi salah satu cara untuk memenuhi asupan gizi balita....

  • Apr 12, 2018

    Hidup Sehat Mencegah Penyakit Degeneratif

    Ada yang bilang, kondisi masa tua merupakan cerminan dari apa yang kita konsumsi di masa muda....

  • Apr 11, 2018

    Menyusun Menu Terpadu

    Dalam menjalankan bisnis restoran, hal-hal kecil yang luput diperhatikan dapat menyebabkan beberapa kendala yang signifikan....

  • Apr 10, 2018

    Tepat Menangani Katering

    Menangani katering berbeda dengan menangani sarapan setiap paginya....

  • Apr 10, 2018

    Fun Kitchen Festival: Sarana Informasi Kuliner Indonesia

    Memadukan cita rasa memang bukan perkara yang mudah tetapi, bukan berarti pula tidak mungkin untuk dilakukan. Dengan teknik, pengolahan, serta pengetahuan terhadap bahan yang tepat sebuah hidangan baru yang merupakan pencampuran dari dua hal yang berbeda. Tidak melulu soal rasa, pencampuran juga terkadang memberikan sentuhan pada penampilan maupun ukuran. Hal tersebutlah yang ingin diusung pada Fun Kitchen Festival yang mengangkat tema “Trend Modern and Traditional Food & Beverages 2018” acara yang diselenggarakan pada 13-18 Maret 2018 lalu di Atrium Tengah Mall Taman Anggrek ini berlangsung sangat meriah dengan dihadiri peserta  dari segala latar belakang. ...