Selera Hidangan Melayu di Kedai Hulubalang



Kedai Hulubalang yang berada di Plaza Semanggi merupakan Kedai Hulubalang yang pertama didirikan sejak Juli 2010. Sewaktu di Grand Hyat Bali, Chef Lucky Suherman diajak kerjasama untuk mengelola Kedai Hulubalang, dan berposisi sebagai Human Resource Development di Indonesian Chef Asosiation.

ulubalang yang berarti pemimpin laskar mencerminkan bahwa Kedai Hulubalang ingin menjadi leader di masakan Melayu. Masakan melayu merupakan masakan yang jarang ada di setiap restaurant, oleh karena itu Kedai Hulubalang ingin mengangkat masakan Melayu sebagai hidangannya. Kedai Hulubalang menyajikan masakan peranakan perpaduan dari masakan Indonesia dan masakan Melayu, seperti contohnya mie mamak India Melayu yang mempunyai citarasa pedas, tom yam yang merupakan peranakan Melayu Thailand. Masakan khas Melayu itu sendiri seperti nasi goreng balacan yang menggunakan terasi didalamnya, kari ayam yang dapat diinovasikan dengan masakan lainnya, dan ada juga udang gandum merupakan udang yang dimasak dengan gandum oatmeal yang merupakan masakan china melayu. Kedai Hulubalang tidak hanya menyajikan hidangan berat saja, tetapi menyajikan pula makanan ringannya seperti mantao yaitu roti yang di kukus lalu di goreng dan dicocol dengan susu kental manis

Kedai Hulubalang buka dari jam 10 pagi hingga jam 10 malam. Range harga yang terjangkau mulai dari Rp 3.000,- sampai dengan Rp 50.000,- membuat Kedai Hulubalang ini dapat di nikmati oleh semua kalangan. “karena lokasinya yang terletak dengan kampus dan perkantoran, restoran ini banyak dikunjungi oleh mahasiswa maupun pekerja kantoran,”tutur Chef Lucky Suherman. Kedai Hulubalang mempunyai beberapa karyawan untuk menunjang kesuksesan restaurant ini yaitu ada 7 cook yang terdiri dari asisten chef, chef, cook, butcher, dan dishwasher. Waiter menggunakan cw semua, 2 bar harus bisa semua mulai dari taking order, 2 di depan, 2 cahsier, 3 area. Disaat kedai Hulubalang ramai dikunjungi para pelanggan, para waiters yang bertugas akan member captain order untuk mempermudah cara pemesanan. Hal itu dilakukan bermanfaat untuk efisiensi kerja yaitu waiters lain bisa melayani tamu yang lain agar sumber daya yang digunakan

bisa tepat dan efisien. Kedai hulu baling terbagi menjadi 2 shif dengan 8 jam kerja. Kedai Hulubalang menyediakan 70 menu mulai dari makanan sampai minuman. “Jika menu tersebut hanya berbagai menu tidak masalah, semakin banyak turunan masakan akan semakin menurunkan cost,”tutur Chef Lucky Suherman. Kedai Hulubalang mempunyai beberapa menu seafood mulai dari udang sampai dengan ikan dengan penyimpanan bahan makanan yang tepat disimpan dalam frozen. Jika ada bahan makanan yang jangka waktunya sampai seminggu belum habis, contohnya ikan, maka sang chef akan menyuruh waiters tersebut untuk menawarkan di awal pelanggan itu pesan agar bahan yang digunakan tidak dibuang dan dapat meminimalisir pengeluaran. Kedai Hulubalang setiap harinya mengadakan briefing dengan para karyawan untuk mengevaluasi bahan makanan apa saja yang sudah sold out, apa yang harus dijual, dan memotifasi para karyawan agar lebih semangat dalam bekerja.

ada proses pemesanan bahan makanan, Kedai Hulubalang sekali memesan beef sebanyak 10 kg dan langsung dibuat slice untuk mempermudah proses memasak. Beef tersebut setiap harinya dibagi menjadi 5 pack dan disimpan dalam chiller. Tetapi jika bahan tersebut habis maka yang diambil terlebih dahulu yang di dalam frozen untuk efisiensi. Bahan baku tersebut bahaya jika yang di dalam frozen itu habis tidak akan ada stocknya lagi, lebih baik disimpan dalam chiller agar ada minimum stock yang disimpan dalam frozen. System First In First Out harus selalu diterapkan untuk memudahkan prosedur kerja. K-14

Artikel Lainnya

  • Okt 06, 2018

    Tren Specialty Tea Indonesia

    Specialty tea merupakan teh berkualitas tinggi yang dibuat dari pucuk muda tanaman teh....

  • Okt 06, 2018

    Menu Engineering dalam Bisnis Waralaba

    Menjalankan waralaba tentu diperlukan beberapa aspek yang menyertai....

  • Okt 04, 2018

    Konsep Baru Industri Horeka Indonesia

    Perkembangan industri jasa boga saat ini semakin intensif di Indonesia....

  • Okt 01, 2018

    Pameran Bisnis Waralaba & Kafe Terbesar di tahun 2018

    Gaya hidup masyarakat Indonesia saat ini dan pertumbuhan ekonomi kelas menengah mendorong kinerja industri pengolahan kopi di dalam negeri hingga mengalami peningkatan yang signifikan. Kopi Indonesia banyak digemari dan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Indonesia. Salah satu cara modern untuk menikmati kopi adalah dengan datang ke kafe. Pertumbuhan konsumsi produk kopi olahan di dalam negeri meningkat rata-rata lebih dari 7% pertahun. Melihat hal tersebut, tidak mengherankan apabila perkembangan bisnis kafe di Indonesia begitu menjanjikan. Kafe kini bukan hanya sebagai tempat untuk menikmati kopi namun telah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat Indonesia. ...

  • Sep 22, 2018

    Sehat Tidak Selalu Tidak Enak

    Paradigma terhadap makanan yang menyehatkan masih erat dengan rasa yang tidak enak dan tidak menarik untuk dikonsumsi. Guna mendobrak paradigma tersebut, diperlukan usaha dari para pelaku kepentingan seperti praktisi kesehatan, pelaku kuliner, dan juga konsumen sebagai target utama mengubah paradigma tersebut. ...