Cita rasa Peranakan Radja Ketjil



Radja Ketjil hadir dengan nuansa peranakan Jawa kuno dan China. Mengapa dinamakan Radja Ketjil? Baby Meidy Anitha seorang Marketing Manager Radja Ketjil menjelaskan, “bahwa raja besar adalah Tuhan, sehingga memang owner berfikir Radja Ketjil itu adalah kami, oleh karena itu kami bervisi untuk menjadi raja dari citarasa peranakan”.

Radja Ketjil mempunyai 7 outlet yang tersebar di Jakarta, Tanggerang dan di Bandung. Di Jakarta hadir di plaza semanggi, tebet, pondok indah mall, dan gandaria city yang terbaru. Tanggerang di alam sutra dan di Bandung hadir di cihampelas walk. Radja ketjil resto berkonsep citarasa peranakan, yaitu gabungan dari makanan melayu, jawa, dan china food. Rajda Ketjil yang berdiri di plaza smanggi sudah berdiri sejak 3 tahun lamanya mulai dari 17 oktober 2007.

Ketujuh cabang Radja Ketjil mempunyai keunikan yang berbeda-beda, tetapi ada 2 yang paling menonjol yaitu gurame persembahan hati yang disajikan bersama legian. ayam goreng ibu tiri, tahu hujin tje le rina,dan gurame persembahan hati merupakan gurame goreng yang disajikan bersama dengan saus, tahu pokcay di goreng kering yang dicampur saus brokoli dan daging ayam cincang.

Radja Ketjil mempunyai kurang lebih 80 menu yang tersebar di semua outlet Radja Ketjil Salah satu keunikan dari Radja Ketjil terlihat dari nama hidangan yang disajikan, bahwa nama menu yang dihadirkan merupakan menu yang tidak bisa ditemukan di resto lainnya. Ada misalnya tahu hujin tje le rina yang diambil dari nama owner radja ketjil resto ini tetapi dibuat sedemikian rupa menjadi tahu hujin tje le rina. Ayam ibu tiri bercerita tentang seorang ibu tiri yang jahat dan omongannya pedas menjadikan citarasa ayam ibu tiri tersebut pedas sekali karena adanya campuran dari cabe hijau yang digunakan cukup banyak. Radja Ketjil juga menyediakan menu tradisional Indonesia yang diberi nama Laksa Kaki Lima, Sop Buntut yang beraroma rempah sangat khas, bajigur, dan bandrek. Bandrek dan bajigur rata rata dipesan pada jam 9 malam hingga restoran ini tutup untuk menghangatkan tubuh.

Radja ketjil tidak hanya menjual makanan saja, tetaoi dari segi lingkungan environment dan para waiter yang mendukung serta tak lupa design interior yang unik khas peranakan kuno benar benar di persembahkan kepada para pelanggan radja ketjil untuk ingin kembali mencicipi nikmatnya bersantap di rajda ketjil resto ini. Radja ketjil resto yang berada di Sky Dinning Plaza Semanggi merupakan outlet ke 2 dari 7 outlet yang ada. lokasi yang tepat untuk bersantai menikmati setengah kota Jakarta yang terlihat dari sky dinning maupun melakukan meeting point . Radja ketjil resto terbagi menjadi 2 area yaitu bagian atas yang berkapasitas 50 yang bisa digunakan untuk meeting point dengan suasana

perkotaan dari atas gedung dan bagian bawah hingga luar berkapasitas 100. Lokasi berada di pertengahan kota Jakarta dan berdekatan dengan perkantoran menjadikan Radja Ketjil ramai dikunjungi baik dari lunch sampai dinner.

Konsep awal melihat dari peradaban Jawa dan China pada tahun 1800, sehingga ingin menampilkan suatu keadaan restoran yang berada pada jaman dahulu sehingga pihak manajemen dan owner selalu berusaha mencari hal hal yang berhubungan Jawa, China dan jaman dahulu. Citarasa peranakan tersebut hadir pada tahun 1800. Radja Ketjil mempunyai visi menjadi restoran yang membawa citarasa di Indonesia dan menjadi nomer 1 yang dicari orang.

Range harga yang ditawarkan mulai dari 7.000 sampai 80.000,-. Kisaran harga yang tersedia menjadikan Radja Ketjil dapat dinikmati dari semua kalangan. Radja Ketjil dikelola oleh PT Resanel Prima Hutama, dan dikelola oleh 1 perusahann saja.

Radja ketjil mempunyai bagian bagian departemen yang mengatur semua seluk beluk restoran mulai dari central kitchen yang dinamakan processing, R&D, dan disetiap outlet mempunyai dapur tersendiri. Semua bahan yang dikirim dan dibuat sendiri di dapur central dikirim menggunakan mobil box yang dilengkapi oleh coolbox sehingga bahan makanan yang digunakan tetap terjaga kesegarannya. “Mengapa bisa begitu? Kareba radja ketjil yang wal konsepnya yaitu centralize dan tidak frenchise, mengolah 7 restoran ini sendiri sehingga berada di 1 departemen processing di satu tempat untuk mempersiapkan bahan bakunya,”tutur Samsul Manager Radja Ketjil Plaza Semanggi. Semua tergantung bahan itu bahan basah ataupun bahan kering, dan tidak semua bahan makanan yang digunakan berasal dari processing.

Radja ketjil mempunyai departemen research and development yang dimana departemen ini yang mencari sesuatu yang unik dari makanan percampuran Indonesia china yang akhirnya menghasilkan citarasa peranakan tersebut. Citarasa peranakan mempunya rasa yang lebih kuat dari segi rempahnya.

Radja Ketjil juga mempunya departemen QA, yaitu Quality Ansurance untuk menjaga kualitas, Semua departemen yang dihadirkan untuk menjaga mutu dan kualitas citarasa peranakan tetap terjaga dengan baik. Quality Ansurance sendiri bertugas untuk mengontrol bagaimana caranya resepnya dan citarasanya tetap stabil. Selain itu Radja Ketjil ini mempunya Standar Operasional Procedure, Human Resource Developmen yang setiap waktu tertentu mengadakan training yang tidak hanya dilakukan untuk chef cook melainkan untuk pkerja lain seperti waiter sehingga antara 7 outlet yang ada mempunyai standar yang sama.

Radja Ketjil sangat memperhatikan hygiene dan sanitasi dari setiap outlet yang ada. dibuktikan dengan adanya processing yang untuk bahan baku. “Bahan baku yang digunakakan menggunakan bahan baku yang berkualitas dan baik sehingga sampailah menu menu yang diminati dan dicari banyak orang,” tutur Baby.

Radja Kecil buka mulai dari jam 10 pagi sampai jam 11 malam. Oleh karena itu Radja Ketjil mempunyai 3 shif untuk para pekerjanya demi terciptanya suasana kerja yang nyaman dan prosedur kerja yang tepat. Radja Ketjil selalu menghadirkan pembaharuan menu, dalam arti Radja Ketjil resto mempunyai bagian research and development dimana jika melihat bahwa minat dari masyarakat akan salah satu menu yang dihadirkan cukup diminati maka akan dihadirkan sesuatu yang baru untuk para pengunjung. Radja Ketjil mempunyai moto yang menunjang kinerja para pekerja maupun untuk kepuasan pelanggannya, yaitu hubungan yang baik dapat tercipta dari rasa yang lezat dan pelayanan yang ramah. K-14

Artikel Lainnya

  • Nov 21, 2018

    Resmi Dibuka, SIAL Interfood 2018

    Industri kuliner kian berkembang di Indonesia. Berkembanganya industri kuliner di Indonesia membuat wisatawan mancanegara tertarik untuk menjadikan Indonesia sebagai destinasi wisata. Bahkan, wisata kuliner menempati 30% dari total pengeluaran atau belanja wisatawan. Dengan kata lain, industri kuliner sebagai salah satu penyumbang besar devisa negara.    "Industri kuliner menjadi salah satu daya tarik pariwisata tanah air. Dengan adanya pameran SIAL INTERFOOD 2018 ini, akan berdampak positif terhadap peningkatan kunjungan wisatawan mancanegara. Acara ini juga akan menjadi ajang promosi dan informasi yang mampu mendorong kemajuan wisata kuliner nasional," terang Plt Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I kementerian pariwisata RI, Dra. Ni Wayan Giri A. M.Sc, dalam upacara pembukaan pameran SIAL INTERFOOD 2018 yang di selenggarakan di Jakarta pada 21 November 2018.   Pameran yang berlangsung selama empat hari ini mentargetkan 75.000 pengunjung dan akan dimeriahkan beragam program menarik. Program-program tersebut di antaranya SIAL Innovations, yaitu program acara yang memberikan penghargaan tertinggi kepada peserta atas inovasi terbaik untuk produk makanan dan industri pendukungnya, seperti pengemasan dan kontainer. Selain itu juga ada kompetisi dan perlombaan dalam bidang patiseri, teh, dan kopi yang bekerjasama dengan berbagai asosiasi.  Tidak sampai di situ, SIAL INTERFOOD juga menyelenggarakan berbagai seminar dan workshop dengan mengangkat topik yang berkaitan dengan tantangan keamanan pangan, penanganan limbah, dan pengembangan bisnis kuliner di Indonesia. KI-37 ...

  • Nov 05, 2018

    Pengenalan Sertifikasi Halal Untuk Produsen Pangan Skala UMKM

    Jaminan produk halal merupakan salah satu hal yang dipertimbangkan pada pola konsumsi pangan saat ini. Pergeseran tren ini menjadikan pemerintah berencana menerapkan kewajiban sertifikasi halal pada bulan Oktober 2019 mendatang.    Produk pangan yang diolah dari bahan halal sekalipun tetap harus memiliki sertifikasi halal agar dapat dipasarkan ke masyarakat. Implementasi kebijakan tersebut perlu menjadi perhatian karena kapasitas produksi pangan sangat beragam, mulai dari yang besar (industrial) hingga skala UMKM.    Penerapan sertifikasi halal bagi produsen pangan skala UMKM inilah yang perlu diperhatikan dan difasilitasi oleh pemerintah. “Masyarakat perlu dipahamkan tentang pentingnya jaminan produk halal beserta nilai tambah produk apabila memiliki sertifikasi halal.   Produsen UMKM banyak yang belum memperhatikan hal ini karena sertifikasi halal sampai sekarang masih bersifat sukarela,” jelas Desi Triyanti dari LPPOM MUI dalam acara Pengenalan Sertifikasi Halal Untuk UMKM sebagai rangkaian Indonesia Halal Expo (Indhex) 2018 yang diadakan pada 3 November 2018 di Smesco Convention Hall Jakarta.    Desi menekankan bahwa ada tiga hal yang harus ada untuk mempercepat proses sertifikasi halal bagi UMKM yaitu kejujuran dalam proses audit, kesadaran produsen untuk menggunakan bahan halal, dan adanya ketertelusuran komponen produk yang dihasilkan.    Partisipasi aktif para produsen pangan merupakan kunci penting keberhasilan sertifikasi. Selain dari pihak produsen, LPPOM MUI juga memfasilitasi pengajuan proses sertifikasi produk halal melalui aplikasi Cerol yang lebih efektif dan efisien. Fri-36 ...

  • Nov 03, 2018

    Jaminan Halal Ingredien Berbasis Protein

    Dalam industri pangan, obat-obatan, dan kosmetik, banyak digunakan ingredien yang diproduksi dari sumber protein hewani seperti gelatin, kolagen, dan kondroitin. Pada mulanya sebagian ingredien tersebut diproduksi dari sumber non-halal. Namun saat ini, tren konsumen khususnya pada umat muslim telah bergeser ke arah tuntutan jaminan produk halal sehingga diperlukan suatu perubahan yang menyeluruh terhadap sistem produksi ingredien tersebut.   ...

  • Nov 01, 2018

    Indonesia sebagai Pusat Produk Halal Dunia

    Indonesia tengah bersiap sebagai pusat produk halal dunia. Masyarakat Indonesia yang mayoritas beragama Islam membuat hal tersebut sangat potensial untuk dikembangkan. Untuk memperkenalkan langkah tersebut, diadakan Indonesia Halal Expo (INDHEX) 2018 yang menghadirkan berbagai macam acara seperti pameran, seminar, dan juga gelar wicara. ...

  • Okt 29, 2018

    Rempah-Rempah Indonesia Membumbui Dunia

    Kekayaan rempah-rempah Indonesia tanpa disadari membumbui pangan dunia. Sejarah menceritakan bahwa bangsa-bangsa Eropa dan Jepang menjajah nusantara salah satu tujuan utamanya adalah untuk mendapatkan rempah-rempah Indonesia seperti lada dan pala. Hingga saat ini pun kuliner dan industri pangan tak akan lepas dari rempah-rempah sebagai penghasil flavor spesifik. Dosen Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Gadjah Mada,  Supriyadi mengatakan, "Inilah 4 primadona rempah Indonesia: cengkeh, pala, kayu manis, kemudian lada." Ada beberapa bagian tanaman Indonesia yang digunakan sebagai rempah-rempah diantaranya akar, umbi, daun, kulit batang, bunga, dan buah. Adapun pemanfaatan bumbu bisa dalam bentuk segar, kering, saus, dan oleorosin. Nur ...