Festival Rakyat Kalimalang dengan Cake Tape Terpanjang



AKPINDO (Akademi Pariwisata Indonesia) dan ICA BPD DKI Jakarta menggelar acara yang bertujuan untuk memeriahkan HUT RI yang ke 65 diberi nama Festival Rakyat Kalimalang. Acara ini dibuka oleh Walikota Jakarta Timur, Drs. H. Murdhani, MH. “Festival Rakyat kalimalang ini merupakan festival rakyat terbesar di Jakarta Timur dan diharapkan dapat berdampak positif bagi masyarakat Kalimalang khususnya dan Jakarta pada umumnya, serta untuk membuka kesempatan bagi pengusaha kecil dan mikro. Selain itu diharapkan dengan adanya acara ini dapat mengangkat sektor pariwisata Jakarta Timur itu sendiri,” kata walikota pada saat memberikan sambutannya.

Festival berlangsung selama 2 hari yaitu Sabtu, 7 Agustus sampai dengan Minggu 8 Agustus 2010. Acara ini diadakan di sepanjang sungai Kalimalang Jakarta Timur. Acara ini dimeriahkan oleh kurang lebih 100 stan yang menjajakan aneka macam barang dagangannya, termasuk aneka macam pangan seperti makanan khas Bogor yaitu Soto Mie Bogor, makanan khas Betawi kerak telur, dan lainnya.

Dalam kesempatan tersebut juga disiapkan cake tape terpanjang dengan panjang 210 meter, lebar 20 cm dan tinggi 5 cm. Cake tape terpanjang ini dipertontonkan ke masyarakat pada puncak acara Festival Kalimalang. Cake tape terpanjang ini memecahkan rekor MURI sebagai cake tape terpanjang.

Yongki Gunawan seorang chef yang terlibat dalam pembuatan cake tape tersebut mengungkapkan bahwa persiapan pembuatan cake tersebut sangat matang. Kue tape ini berbahan dasar dari telur, tape, terigu, dan mentega. Pembuatannya sendiri menghabiskan waktu selama 2 hari 2 malam. K-13

Artikel Lainnya