Label Halal Meningkatkan Daya Saing



 

The 1 st International Halal Business & Food Expo (IHBF) 2010 dibuka 23 Juli oleh Wakil Presiden Republik Indonesia, Prof. Dr. Boediono di Jakarta Convention Center (JCC). Diawali dengan sambutan Ketua MUI,
Drs. H. Amidhan Saberah. IHBF berlangsung selama 3 hari, tidak hanya menampilkan perusahaan yang memamerkan kehalalan untuk produknya tetapi diharapkan menjadi tempat pertemuan para pebisnis yang peduli akan kehalalan.

Kementerian Industri menganjurkan produsen di Indonesia untuk mencantumkan label halal pada produknya. Selain untuk meningkatkan daya saing antar produk yang dihasilkan, label halal juga bisa memperluas pasar baik di dalam maupun luar negeri. Diketahui pula di negara lain yang muslimnya minoritas seperti Eropa dan Amerika sudah ada HalMa, yaitu halal market.

Syarat pelaku usaha bisa mendapatkan sertifikasi halal adalah harus memenuhi kriteria yang telah ditetapkan, seperti halal dari segi bahan baku, proses produksinya terhindar dari kontaminasi silang dan produk tersebut tidak boleh imitasi dari produk haram.

Majalah FOODREVIEW INDONESIA dan KULINOLOGI INDONESIA yang turut berpartisipasi dalam pameran IHBF 2010 di Jakarta Convention Center mendapat sambutan hangat dari para pengunjung. K-13

Artikel Lainnya

  • Okt 06, 2018

    Tren Specialty Tea Indonesia

    Specialty tea merupakan teh berkualitas tinggi yang dibuat dari pucuk muda tanaman teh....

  • Okt 06, 2018

    Menu Engineering dalam Bisnis Waralaba

    Menjalankan waralaba tentu diperlukan beberapa aspek yang menyertai....

  • Okt 04, 2018

    Konsep Baru Industri Horeka Indonesia

    Perkembangan industri jasa boga saat ini semakin intensif di Indonesia....

  • Okt 01, 2018

    Pameran Bisnis Waralaba & Kafe Terbesar di tahun 2018

    Gaya hidup masyarakat Indonesia saat ini dan pertumbuhan ekonomi kelas menengah mendorong kinerja industri pengolahan kopi di dalam negeri hingga mengalami peningkatan yang signifikan. Kopi Indonesia banyak digemari dan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Indonesia. Salah satu cara modern untuk menikmati kopi adalah dengan datang ke kafe. Pertumbuhan konsumsi produk kopi olahan di dalam negeri meningkat rata-rata lebih dari 7% pertahun. Melihat hal tersebut, tidak mengherankan apabila perkembangan bisnis kafe di Indonesia begitu menjanjikan. Kafe kini bukan hanya sebagai tempat untuk menikmati kopi namun telah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat Indonesia. ...

  • Sep 22, 2018

    Sehat Tidak Selalu Tidak Enak

    Paradigma terhadap makanan yang menyehatkan masih erat dengan rasa yang tidak enak dan tidak menarik untuk dikonsumsi. Guna mendobrak paradigma tersebut, diperlukan usaha dari para pelaku kepentingan seperti praktisi kesehatan, pelaku kuliner, dan juga konsumen sebagai target utama mengubah paradigma tersebut. ...