AJI-NO-MOTO Perkenalkan Icon dan Program Baru



 

Beredarnya berbagai isu negatif tentang Monosodium Glutamat (MSG) ternyata mendorong PT Ajinomoto Indonesia sebagai produsen MSG untuk meluncurkan program baru yang bernama “Mari Tahu AJI-NO-MOTO”. Untuk menyampaikan program tersebut PT Ajinomoto Indonesia juga memperkenalkan icon baru, yakmi “Ajimen”. Perkenalan tersebut dilaksanakan pada acara Media Gathering 14 Juli lalu di Hotel Majapahit Surabaya.

Ajimen digambarkan sebagai tokoh yang menyenangkan dan dapat memberi informasi yang tepat tentang MSG. Salah satu yang ingin disampaikan dalam program tersebut adalah aspek keamanan dari MSG yang secara alami berbahan baku tetes tebu berkualitas.

Pada kesempatan tersebut PT Ajinomoto Indonesia juga menghadirkan pakar pangan, yakni Prof. Purwiyatno Hariyadi dan Ahli Gizi IPB, Prof. Hardinsyah untuk mengungkapkan fakta ilmiah seputar MSG. Prof. Hardinsyah menjelaskan bahwa asam glutamat yang terkandung dalam MSG, juga banyak ditemukan secara alami pada bahan pangan, seperti tomat, keju, jagung, dan sebagainya. Asam amino tersebut memiliki beberapa peran dan fungsi, antara lain 1) metabolisme gula dan lemak untuk menghasilkan energy, 2) inisiasi sumber energy di usus, 3) metabolisme sel, 4) precursor pembentukan gluthatione, dan 5) neurotransmitter penting dalam transportasi potassium di otak. Sementara itu, kandungan sodiumnya (Na) memiliki peran dalam 1) pengaturan asam-basa tubuh bersama potassium, 2) kerja/kontraksi otot, 3) pengendalian air dan tekanan darah tubuh, 4) sistem syaraf, dan 5) penyerapan gula.

Sementara itu, Prof. Purwiyatno Hariyadi yang juga Direktur SEAFAST Center IPB mengungkapkan fakta lain seputar MSG. “Rasa umami dari MSG dapat mengurangi garam pada produk pangan, berpotensi mengurangi lemak, dan saat ini sedang diteliti mengenai kemungkinannya mengendalikan rasa kenyang,” kata Prof. Purwiyatno.

Melalui proses yang higienis dan halal
Dalam kunjungan ke pabrik PT Ajinomoto Indonesia di Mojokerto Jawa Timur, juga ditunjukkan proses pengolahan MSG dan produk Ajinomoto lainnya seperti MASAKO, SAJIKU, dan SAORI. Proses tersebut melalui pengawasan dan standar keamanan yang ketat. Bahan baku juga melewati pemeriksaan terlebih dahulu sebelum digunakan, misalnya tetes gula tebu untuk pembuatan MSG, serta daging ayam dan sapi untuk pembuatan MASAKO. K-09

Artikel Lainnya

  • Okt 06, 2018

    Tren Specialty Tea Indonesia

    Specialty tea merupakan teh berkualitas tinggi yang dibuat dari pucuk muda tanaman teh....

  • Okt 06, 2018

    Menu Engineering dalam Bisnis Waralaba

    Menjalankan waralaba tentu diperlukan beberapa aspek yang menyertai....

  • Okt 04, 2018

    Konsep Baru Industri Horeka Indonesia

    Perkembangan industri jasa boga saat ini semakin intensif di Indonesia....

  • Okt 01, 2018

    Pameran Bisnis Waralaba & Kafe Terbesar di tahun 2018

    Gaya hidup masyarakat Indonesia saat ini dan pertumbuhan ekonomi kelas menengah mendorong kinerja industri pengolahan kopi di dalam negeri hingga mengalami peningkatan yang signifikan. Kopi Indonesia banyak digemari dan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Indonesia. Salah satu cara modern untuk menikmati kopi adalah dengan datang ke kafe. Pertumbuhan konsumsi produk kopi olahan di dalam negeri meningkat rata-rata lebih dari 7% pertahun. Melihat hal tersebut, tidak mengherankan apabila perkembangan bisnis kafe di Indonesia begitu menjanjikan. Kafe kini bukan hanya sebagai tempat untuk menikmati kopi namun telah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat Indonesia. ...

  • Sep 22, 2018

    Sehat Tidak Selalu Tidak Enak

    Paradigma terhadap makanan yang menyehatkan masih erat dengan rasa yang tidak enak dan tidak menarik untuk dikonsumsi. Guna mendobrak paradigma tersebut, diperlukan usaha dari para pelaku kepentingan seperti praktisi kesehatan, pelaku kuliner, dan juga konsumen sebagai target utama mengubah paradigma tersebut. ...