Cake for Special Occasion Holland Bakery



 

Menyambut bulan ramadhan, industri jasa boga -termasuk industri bakery melakukan persiapan khusus. Contohnya seperti yang dilakukan oleh Holland Bakery. Namun menurut Kepala Penjualan Holland Bakery Bogor, Luthfi Ashari, persiapan khusus tersebut tidak sulit karena sudah mengikuti tren dari tahun ke tahun.

Salah satu promosi yang dilakukan oleh Holland Bakery Bogor adalah jika konsumen membeli 2 sampai 5 item akan mendapatkan teh gratis. “Kami bekerja sama dengan perusahaan minuman,” kata Luthfi.

Selain itu, Holland Bakery juga menyiapkan menu khusus untuk puasa seperti cake dan roti kurma yang hanya ada pada bulan puasa. Tidak hanya itu, untuk acara-acara khusus Holland Bakery juga membuat parsel. “Kami membuat parsel yang isinya tergantung pesanan, seperti kue kering, brownis, dan lapis. Kue keringnya antara lain kue nastar, kastengel, putri salju, cokelat hati, dan produk baru cookies yang berbentuk tabung,” tambah Luthfi. Setiap tahunnya Holland Bakery mempunyai motif yang berbeda untuk cake yang disesuaikan dengan kebutuhan. Pada bulan ramadhan Holland Bakery menyediakan cake yang berbentuk ketupat atau masjid. Selain itu, adapula cake blackforest, lemon cake, tiramisu, mocca cake, dan lapis Surabaya.
Permintaan menjelang hari raya untuk hantaran lebaran meningkat sekitar 100%. Biasanya peningkatan terjadi 2 atau 3 hari sebelum lebaran. Baik itu yang dibeli langsung maupun dipesan terlebih dahulu. Namun, pihak Holland Bakery biasanya menyiapkan produk 10 % lebih banyak dibanding tahun sebelumnya. Karena setiap tahunnya mengalami peningkatan.

Mempertahankan mutu

Pemasaran dilakukan tidak hanya di outlet Holland saja, tapi juga ke supermarket. Holland Bakery konsisten menjaga mutu produknya dengan mempertahankan resep yang ada. Bahan baku Holland Bakery dikirim dari pusat, hanya saja produksinya bisa di outlet. Produksi cake biasanya dari pusat. Outlet hanya membuat roti saja. “Kami mengikuti selera konsumen walaupun kebanyakan konsumen lebih menyukai produk lama -seperti black forest,” imbuh Luthfi. Menurutnya setiap outlet mempunyai standar yang sama, hanya cara menjalankannya yang berbeda. Selera konsumen berbeda, jadi tidak menutup kemungkinan antara satu outlet dengan outlet yang lainnya mempunyai perbedaan dari cara pengolahan. Seperti halnya konsumen Bogor dan Bekasi berbeda. Konsumen Holland Bakery Bekasi lebih menyukai roti yang sedikit gelap, namun konsumen Holland Bogor tidak. Jadi pengolahannya disesuaikan dengan konsumen, tetapi dengan resep sama.

Untuk mengantisipasi roti tidak habis, maka Holland Bakery memperhitungkan waktu pemanggangan. Pemanggangan dilakukan pada sore hari agar fresh untuk sarapan pagi.

Sedangkan untuk hantaran, pada saat lebaran Holland bakery mempunyai parcel yang berisi kue kering dan cake tergantung pesanan. Seperti, aneka kue kering, bika ambon, yang setiap harinya selalu ada pemesanan. Kue kering yang paling banyak dipesan adalah kue nastar dan kastengel yang dikemas sesuai dengan tema.

Setiap minggu Holland Bakery di audit oleh pusat untuk mengecek konsistensi mutu dan kualitas antar counter. Dari segi berat roti, ukuran roti, bentuk roti, tidak lupa hygiene dan sanitasi untuk menjaga mutu dan kualitas produk dari Holland Bakery tetap terjaga dengan baik. K-13

Artikel Lainnya

  • Apr 13, 2018

    Clean eating pada Menu Balita

    Clean eating pada menu balita dapat menjadi salah satu cara untuk memenuhi asupan gizi balita....

  • Apr 12, 2018

    Hidup Sehat Mencegah Penyakit Degeneratif

    Ada yang bilang, kondisi masa tua merupakan cerminan dari apa yang kita konsumsi di masa muda....

  • Apr 11, 2018

    Menyusun Menu Terpadu

    Dalam menjalankan bisnis restoran, hal-hal kecil yang luput diperhatikan dapat menyebabkan beberapa kendala yang signifikan....

  • Apr 10, 2018

    Tepat Menangani Katering

    Menangani katering berbeda dengan menangani sarapan setiap paginya....

  • Apr 10, 2018

    Fun Kitchen Festival: Sarana Informasi Kuliner Indonesia

    Memadukan cita rasa memang bukan perkara yang mudah tetapi, bukan berarti pula tidak mungkin untuk dilakukan. Dengan teknik, pengolahan, serta pengetahuan terhadap bahan yang tepat sebuah hidangan baru yang merupakan pencampuran dari dua hal yang berbeda. Tidak melulu soal rasa, pencampuran juga terkadang memberikan sentuhan pada penampilan maupun ukuran. Hal tersebutlah yang ingin diusung pada Fun Kitchen Festival yang mengangkat tema “Trend Modern and Traditional Food & Beverages 2018” acara yang diselenggarakan pada 13-18 Maret 2018 lalu di Atrium Tengah Mall Taman Anggrek ini berlangsung sangat meriah dengan dihadiri peserta  dari segala latar belakang. ...